30 May 2012

Panen Raya di Kebun Gridea

Bagian yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu dari proses berkebun adalah pada saat panen raya. Para pekebun cilik di kebun Gridea sudah menanti saat ini. Sayur bayam dan kangkung yang mereka tanam bersama pada Hari Bumi tg 22 April 2012 sudah siap dipanen sesudah 21 hari.

Kakak-kakak dari Komunitas Saka Wanabakti Depok sejak seminggu sebelumnya sudah menyiapkan event panen raya ini. Rencananya sayur bayam dan kangkung yang dipanen, sebagian akan dijual oleh para pekebun cilik ini ke warga, sebagian lagi akan dimasak oleh kakak-kakaknya sebagai menu makan siang bersama.

Hari Minggu, 20 Mei 2012 

It’s harvest time !
Sebenarnya memang sudah agak terlambat sedikit untuk panen sih, tapi ngga apa-apa deh ini pengalaman pertama kebun Gridea untuk berkebun sayur..:)

Pagi itu, ada sekitar 10 pekebun cilik yang datang ikut panen, mencabut lumayan banyak kangkung dan bayam. Sayang bayamnya keburu keduluan sama ulet, jadi daunnya bolong-bolong..hihi..musti belajar lagi nih gimana supaya bayamnya tetap segar dan cantik kalau dipanen.

Asyiknya panen kangkung
Kakak-kakak Saka Wanabakti menyiapkan sayur hasil panennya untuk dijual adik-adik ke warga sekitar. Waaahh..ternyata udara pagi itu sangat cerah, anak-anak yang jualan sayur kembali ke kebun dengan wajah merah berkeringat. Tapi tetap ceria dan semangat karena sayur yang mereka bawa SOLD OUT !

makasi ya paak udah beli sayurku
Sementara menunggu adik2 jualan sayur, kak Ria dan teman-teman yang lain juga sibuk di dapur ‘umum’ kebun Gridea utk memasak sebagian sayurnya…menunya sayur bening bayam, tumis kangkung, tempe goreng dan kripik bayam..hmmm...jadi melapar niiihh...

menu dari hasil panen pekebun cilik
...dan anak-anak bertambah ceria dan semangat karena diajak nyanyi bareng kak Rendy “Arai” Ahmad. Iyaa, kak Rendy datang lagi meramaikan kegiatan panen para pekebun cilik ini



Senangnyaa...anak-anak udah nggak sabar aja abis ini mau nanem apalagi yaaa....

07 May 2012

Hari Bumi di Kebun Gridea

Lestari alamku lestari desaku 
Dimana Tuhanku menitipkan aku 
Nyanyi bocah-bocah di kala purnama 
Nyanyikan pujaan untuk nusa 

Damai saudaraku suburlah bumiku 
Kuingat ibuku dongengkan cerita 
Kisah tentang jaya nusantara lama 
Tentram kartaraharja disana 

Mengapa tanahku rawan kini 
Bukit-bukitpun telanjang berdiri 
Pohon dan rumput2 enggan bersemi kembali 
Dan burung-burungpun malu bernyanyi 

Kuingin bukitku hijau kembali 
Termenungpun tak sabar menanti 
Doa kan kuucapkan hari demi hari 
Sampai kapankah hati lapang ini

Lagu 'Berita Cuaca' nya alm. Gombloh itu dinyanyikan oleh special guest star sahabat Gridea Rendy 'Arai' Ahmad, pemeran Arai remaja di film Sang Pemimpi di event Hari Bumi Kebun Gridea Minggu, 22 April 2012 diiringi ajakan kak Rendy kepada teman2 pramuka Saka Wanabakti, warga Griya Depok Asri, anak2 dan komunitas Depok Berkebun untuk bersama-sama melestarikan bumi kita, menjaganya tetap bersih, bebas polusi dan nyaman untuk dihuni.

Tanggal 22 April diperingati sebagai Earth Day, atau Hari Bumi Internasional.
Kebun Gridea menggunakan momen ini untuk mengaktivasi salah satu lahan terbengkalai di wilayah blok E untuk ruang publik dengan kegiatan belajar berkebun untuk anak-anak bekerjasama dengan teman-teman dari komunitas Saka Wanabakti.

Hari Minggu itu..
Kakak-kakak dari komunitas Saka Wanabakti Depok yang akan memandu adik2nya sudah siap sejak pagi. Ada sekitar 30 remaja berusia belasan tahun yang tergabung dalam komunitas ini yang sudah dan sedang mengikuti pelatihan ilmu kehutanan dan lingkungan hidup ikut berpartisipasi mulai dari penyiapan lahan, menyediakan bibit dan pupuk, sampai mendampingi adik2 nya yang berusia 6-11 tahun belajar menanam bibit bayam dan kangkung.

Acara dibuka dengan sambutan oleh pak Sigit, ketua RW24 Griya Depok Asri dilanjutkan dengan penanaman pohon kelengkeng sumbangan pak Sigit dibantu teman2 dari Saka Wanabakti Depok yang diiringi lagu Indonesia Pusaka.

Dilanjutkan dengan penampilan kak Rendy 'Arai' Ahmad yang menyempatkan hadir merayakan Hari Bumi di Kebun Gridea, di tengah2 kesibukan "Tur Jakarta Hijau" nya bersama teman2 Simponi ( Sindikat Musik Penghuni Bumi ) ke puluhan SMA di Jakarta dengan kegiatan nonton bareng film 'Sang Pemimpi' dan diskusi Go Green.

Aktor remaja yang rendah hati asli Belitong ini ternyata juga seorang yang peduli lingkungan. Rendy hijrah dari Belitong ke Depok sejak awal 2011 mengejar mimpinya untuk menjadi aktor dan penyanyi. Sekarang bergabung dengan Simponi - kelompok musik anak muda - yang aktif memberikan penyuluhan lingkungan hidup dan masalah sosial lewat musik. Semangat…terus berjuang, kawan2 !

Rendy menyumbangkan lagu 'Berita Cuaca' - Gombloh dan 'Laskar Pelangi' - Niji dengan sangat interaktif mengajak semua peserta ikut menyanyi...wah seru banget deh, semuanya jadi ikut goyang, termasuk ibu RW..:D


Sesudah Rendy, ada Bimo yang membacakan puisi tentang keprihatinannya pada bumi yang ditulisnya sendiri dan mbak Qorihani yang membacakan puisi karya Dee Lestari.

Daaan...saatnya menanam !!
Jreeeng...diiringi lagu oleh kak Udi...Lihat kebunkuu, penuh dengan sampaah...hiks..
Ayo kawan kita bersama, menanam bayam di kebun kitaa...

Sebelumnya anak2 sudah dikumpulkan, diajak bermain dan dilatih yel2 oleh kak Adit, supaya semangat...
Ayo menanaaaammmm.... 
Menanam...sehaat ! 
Menanam...cerdas ! 
Menanam...bahagiaaaa...! Yeaaayyy !!

Ada 3 manfaat berkebun menurut Kebun Gridea :
Berkebun itu menyehatkan karena mau ngga mau kita harus olahraga, tanahnya harus dicangkul dan dipupuk dulu sebelum ditanam, trus hasilnya juga menyehatkan karena yang ditanam pasti organik, bebas pestisida. 
Berkebun juga mencerdaskan karena mau ngga mau kita harus belajar dan punya ilmu menanam. Kita juga berlatih manajemen, karena kita harus merencanakan apa yang bisa ditanam, mau ditanam di mana, bagaimana cara menanam dan merawatnya, kapan bisa dipanen dst. 
Berkebun membahagiakan, karena bermain dengan alam, mengenal ciptaanNya akan semakin mendekatkan kita pada Allah SWT yang akan membuat kita merasa bahagia
Sementara anak2 sibuk menanam dibantu kakak2 Saka Wanabakti, kakak2 yang remaja nyanyi spontanitas bareng kak Rendy menghidupkan suasana dengan life music dadakan...^^

Serunya menanam rame-rame
Ada juga kakak2 Saka Wanabakti yang menerima tantangan untuk belajar wirausaha dengan mengasah kemampuan berjualan fresh juice, kacang dan jagung rebus.

Jagung rebus dan kacang rebusss
Ada abang tukang Sotoji ( Soto Jamur Instan ), produk baru yang juga sibuk memasak dan membagikan sampel sotonya dibantu ibu-ibu komplek ikut meramaikan kegiatan tanam perdana di Kebun Gridea.

Komunitas Depok Berkebun
Keluarga Saka Wanabakti & Rendy Ahmad

Alhamdulillah...satu hari yang menyenangkan...
Teruslah berjuang untuk kelestarian bumi kita, kawan, karena hanya ada 1 bumi !


Selamat Hari Bumi ! 
22 April 2012
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...