30 August 2007

Lulus seleksi

From: "Yayasan Bina Antarbudaya"
Sent: Friday, April 13, 2007
Subject: Informasi : Seleksi Pertukaran Pelajar Bina Antarbudaya / AFS

Bina Antarbudaya adalah lembaga nirlaba yang mengelola program pertukaran pelajar di Indonesia . Bermitra dengan AFS Intercultural Programs yang merupakan organisasi pertukaran pelajar tertua dan terbesar di dunia, setiap tahunnya Bina Antarbudaya menerima dan mengirim siswa dalam berbagai program ke berbagai penjuru dunia.

Kami menyeleksi putra-putri terbaik yang secara serius berminat dan memenuhi persyaratan, tanpa membedakan agama, ras, suku, maupun latarbelakang sosial, ekonomi untuk dapat tinggal dan belajar baik untuk jangkapanjang maupun jangka pendek di berbagai negara, antara lain : AmerikaSerikat, Australia, Belanda,
Belgia, Italia, Jepang, Jerman, Norwegia, danSwiss.
Email ini dikirim oleh salah satu teman ke japriku suatu hari di bulan April 2007.

Mas Budi yg kebetulan waktu itu duduk di kelas 1 SMA mengatakan kalau dia berminat mencoba ikut seleksi. Cuma karena kebetulan kegiatan kami masing2 cukup padat, email itu sempat terabaikan dan baru terbaca lagi di malam terakhir menjelang penutupan pendaftaran.

Jadi, terbirit2lah kami menyiapkan syarat2 pendaftaran utk dibawa mendaftar besoknya. Pasfoto, fotocopy raport, surat pengantar dari sekolah, rekomendasi dari teman/tetangga/guru dll..

Bagusnya, di sini anak-anak diharuskan untuk mandiri mengurus semuanya. Dari mulai pendaftaran sampai seleksi. "Kan anaknya yang mau berangkat, bu, bukan orangtuanya", gitu kata panitya . Wah, betul itu...kadang2 ortu suka lupa kalau anaknya harusnya udah bisa mandiri..

Proses seleksi nya memang ngga sebentar..
Peserta di chapter Jakarta nya juga lebih dari 500 anak.

Alhamdulilah, sesudah menunggu hasil seleksi cukup lama, beberapa hari lalu, Budi terima surat yang isinya..

"Setelah Dewan Juri menilai dan mempertimbangkan hasil seleksi tahap I ( tertulis ), II ( wawancara ) dan III ( Interaksi kelompok ) serta berkas penunjang lainnya, maka bersama ini Panitia Seleksi memberitahukan bahwa adik dinyatakan L U L U S seleksi di tahap chapter Jakarta...."

Wah, alhamdulillah Budi seneng banget...
Tapi belum selesai..masih ada seleksi tahap nasional..

21 August 2007

Scout What we are

Pada suatu malam, serombongan anak-anak remaja usia SMP datang ke rumah..

"Kak, kami mau bikin pertandingan futsal"

gitu katanya ke kakak pembina pramuka nya yang adalah suami saya..:)

OK ! yang penting bikin tim dan jadwal dulu...

Ngga nyangka juga mereka punya inisiatif seperti itu..

Besoknya mereka 'nyawer' untuk beli bambu dan membuat tiang gawang nya sendiri sekaligus juga 'menyikat' lapangan futsal nya sampai malam...

Memang terlihat sekali perbedaan anak-anak remaja ini sesudah mereka ikut pramuka..

Mereka jadi lebih kreatif, berinisiatif, dan suka menolong..

Salut !

Inilah alasan kenapa perlu ikut pramuka...

"Scout what we are is what we do.."

15 August 2007

Hiduplah Indonesia Raya !

Pertama kali baca berita bahwa lagu kebangsaan Indonesia Raya versi asli ditemukan oleh Oom Roy Suryo, saya ngerasa bingung apanya yang aneh sih karena dari jadul kecil itu saya taunya lagu Indonesia Raya memang terdiri dari 3 stanza.

Tapi positifnya, saya jadi buka-buka lagi buku "Mari kita bernjanji" peninggalan eyang di tahun 1947 yang memuat partitur dan lirik lagu Indonesia Raja itu, dan lebih memperhatikan liriknya.

Menariknya, menurut saya, lagu yang berkat pak pakar itu kemudian menjadi kontroversi memuat lirik yang seharusnya kita renungkan...

Stanza pertama "Marilah kita berseru Indonesia bersatu !"

Lah, kenapa kok malah terjadi 'perdebatan', perlu atau tidaknya lagu Indonesia Raya diubah kembali menjadi 3 stanza.

Sebagai pembina pramuka, saya harus 'menguji' anak-anak binaan saya untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya di depan publik sebagai salah satu syarat untuk memperoleh tanda kecakapan umum.

Dan percaya atau tidak, ngga semua anak ternyata bisa dengan hafal menyanyikan lagu kebangsaannya yang panjangnya 'hanya' 1 stanza itu...
Alasannya "Di sekolah ngga ada upacara"

Nah, lalu, gimana kalau lagu kebangsaan Indonesia menjadi sepanjang 3 stanza ?
Mungkin jadi lipsync aja kali ya..

Yah, gimanapun...
Menjelang peringatan hari kemerdekaan negara kita tercinta ini, yuk kita merenung apa yang bisa dan sudah kita perbuat untuk kemajuan bangsa.

Dan mendoa seperti yang tertulis dalam lirik di stanza kedua lagu Indonesia Raya..

Marilah kita mendoa "Indonesia bahagia !"
Suburlah tanahnya, suburlah jiwanya, bangsanya, rakyatnya semuanya
Sadarlah hatinya, sadarlah budinya
Untuk Indonesia Raya !

Dirgahayu tanah airku tercinta
Selamat merdeka ke 62 tahun
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...