19 October 2006

Idul Fitri

bergetar hati mendengar gema takbir
menandakan berakhirnya bulan yang mulia ini

linangan air mata tak tertahankan
mengenang keindahan tunduknya seluruh umat kepada Allah yang Esa

beruntunglah bagi siapa yang memuliakannya
dan merugilah bagi siapa yang menyiakannya

Photobucket - Video and Image Hosting

sebulan penuh kita mencoba menauladani sifat Allah
dan semakin terasa betapa kecilnya kita

hanya ketundukan kepadaNya lah yang dapat membuahkan kerendahan hati penuh kemenangan menuju ketaqwaan

Taqobbalallahu Minna Wa Minkum, taqobbal yaa...kariim..
Mohon maaf lahir dan batin

1 Syawal 1427 H
Agus Uditomo & keluarga

16 October 2006

Internet dan anak-anak

Alhamdulillah..anak-anak sudah kembali ke rumah lagi dengan selamat..
Sekarang sudah pada libur sampai seminggu setelah Idul Fitri. Rumah udah ngga sepi lagi, karena udah pada rame 'ledek-ledekan' lagi, rumpi lagi..
Dan selain itu artinya harus ngantri lagi kalo mau pake internet..Photobucket - Video and Image Hosting

Ya, itulah sebabnya daku udah lama ngga update.
Karena baru on sebentar...
Mas Budi mau ngecek email, mbacain RSS, download musik, browsing gadget..
Dia juga sering chatting sama temen2 nya SMP nya dulu untuk ngerencanain reuni .
Mas Bimo, apalagi kalo ngga ngulik FS nya.

Internet dan anak-anak
Seperti dua sisi mata pisau..
Di satu sisi bermanfaat, di sisi yang lain bisa 'merusak'

Dulu-dulu memang aku rada parno 'ngelepas' anak-anak surfing internet.
Dan karena dulu akses dari rumah masih dial-up, aku merahasiakan password nya.
Boleh pakai internet tapi di bawah pengawasanku, selain alasan dial up bikin kantong bolong tentunya..Photobucket - Video and Image Hosting

Kelewat parno kali ya...memang...apalagi kalo denger temen2 yang cerita ini itu yang serem-serem tentang perilaku anak remaja dengan internet.
Ada yang sampe sering bolos sekolah karena kecanduan main game online di warnet.
Belum lagi yang suka jalan-jalan ke situs2 yang ngga bertanggungjawab.
Gimana ngga jadi parno..

Tapi sesudah aku langganan broadband, dan buka computer langsung online.
Dan bapak yang selalu bilang, "Gimana anak mau pinter kalo ngga dikasih kesempatan."
Akhirnya dengan modal kepercayaan, anak-anak dilepas ber-internet ria.
Daripada sembunyi-sembunyi main ke warnet....ya ngga sih ?

Awalnya aku sempet mikir juga mereka akan menghabiskan waktu dengan main game online.
Tapi ternyata...waaahhhh..takjub banget aku ngeliat perkembangannya.
Karena selain pengetahuan nya bertambah dengan pesat, penguasaan bahasa inggris nya juga mau ngga mau jadi lebih baik...apalagi sekarang pelajaran komputer dan internet masuk kurikulum sekolah...
Kekhawatiran keasikan berinternet ria bakal bikin anak2 lupa diri lupa belajar juga ngga terbukti, krn hasil Ulangan Umum yang dibagi kemaren masih tetep bagus. Malah pelajaran bahasa inggris & komputer nya termasuk yg terbaik di kelas. Alhamdulillah..

Sekarang malah aku yang banyak nanya sama mereka ( Ibu RT yang ini memang gaptek, kadang2 diajak ngomong soal gadget sama mas Budi malah bengong..*halah*..)

Rizki juga bisa kirim email ke om Tora dan seneng banget karena dibales sama om Tora Photobucket - Video and Image Hosting
Tapi dia sempet 'protes' juga memang waktu di layar monitornya sering muncul gambar2 'horor'..hhh...nyebelin memang ya...tapi untunglah sama mas Budi dipasangin anti spyware...

Ini ada beberapa kiat yang mungkin bisa membantu ortu, tapi menurut ku pribadi yang penting adalah keterbukaan dan kepercayaan yang kita berikan sama anak2.

Kiat Anak Aman Berselancar

Izin
Ajari anak untuk meminta izin setiap kali melakukan pendaftaran untuk ikut mailing list tertentu atau kontes via online, termasuk ketika akan mengunduh gambar-gambar atau file tertentu. Sebab itu dikhawatirkan berisi virus.

Ruang Publik
Tempatkan computer di ruang public di rumah hingga Anda bisa memonitor penggunaan computer oleh anak-anak.

Waktu
Perhatikan waktu yang dihabiskan untuk berselancar dari situs ke situs. Jika terlihat mereka melakukannya dalam waktu panjang, awasi lebih ketat. Jangan biarkan mereka terlena membuka situs yang tidak perlu.

Pengawasan
Untuk mengontrol situs-situs yang dikunjungi, tak ada salahnya setelah dia menggunakan computer, Anda menengok situs apa saja yang dia kunjungi. Selain itu, lihat juga gambar serta artikel apa yang mereka simpan. Langkah ini, di samping untuk menjaga adanya hal menyimpang, bisa membuat Anda mengetahui minat mereka.

Sumber : Koran Tempo

09 October 2006

Sepi

Seminggu ini daku ‘sibuk’ buka puasa disana dimari, alhamdulillah..
buka puasa bareng sekolah anak-anak juga bareng temen2 kantor bapak..
Sampe ngga sempet nengok-nengok blog, apalagi ngapdet..hiks..
Makasih banget ya buat temen-temen yang udah mampir kirim doa buat Rizki-ku Photobucket - Video and Image Hosting
Semoga Allah SWT membalas kebaikan dan ketulusan temen-temen semua.
Amin..amin..

Hari Jumat kemaren, mas Budi berangkat pesantren kilat sama sekolahnya ke Semarang.
Mas Bimo juga berangkat pesantren kilat sama sekolahnya ke Cisarua.
Sekarang rumah jadi sepiiiii banged…
Tapi Rizki kayaknya malah berubah jadi makin ‘dewasa’ dan bertanggungjawab ngga ada mas-masnya…Photobucket - Video and Image Hosting

Daku kebayang dulu gimana heboh surebohnya waktu anak-anak masih kecil..
Ada yang pernah kecebur got..
Ada yang pernah naik sepeda nabrak mobil tetangga..
Ada yang pernah corat coret kap mobil tetangga pake batu..
Ada yang pernah ketabrak gerobak sayur..
Waahhh...seru banget deh..
Sekarang semua itu jadi kenangan, yang kadang-kadang geli sendiri kalo inget lagi..

Mas Budi udah 3 minggu tinggal di asrama..
Pulang sekolah harus langsung pulang ke asrama, kecuali kalo ada keperluan boleh keluar tapi harus minta ijin dulu sama Pembina asrama.
Abis shalat Isya, wajib belajar bareng sampe jam 10 malem.
Bulan Ramadhan seperti sekarang ini ngerasain kebersamaan sahur bareng, buka puasa bareng, shalat tarawih, tadarus Quran..
Juga belajar berbagi dengan temen2 seasrama…makanan, buku, CD, sampe sepedanya Budi juga jadi milik bersama..Photobucket - Video and Image Hosting

Alhamdulillah..
daku bersyukur banget mas Budi bisa dapat kesempatan belajar hidup mandiri, dan berkumpul dengan temen-temen yang pintar dan sholeh..
Semoga bisa menjadi teladan untuk adik-adiknya ya..amin..

Ditulis sambil nonton Uje di SCTV
Pesan Uje : Malam ini malam Nuzulul Quran, perbanyaklah baca Quran..

04 October 2006

bertambah atau berkurang ?

4 oktober 1995

sekitar jam 10 pagi, aku ngerasa kontraksi udah mulai makin sering
aku minta tolong asistenku untuk cariin taksi ke depan kompleks
sesudah taksi datang, aku berangkat sendiri ke rumah bersalin, karena asistenku musti njagain mas Budi yang masih sekolah TK, dan mas Bimo yg umurnya baru 17 bulan..
sampai perawat di rumah bersalinnya nanya,"Ibu datang sendiri ?"Photobucket - Video and Image Hosting
memang santai banget sih rasanya aku waktu itu, mungkin karena udah pengalaman yang ke-3 kali ya..
sampai di rumah bersalin baru aku telpon mas Udi..

Photobucket - Video and Image Hosting

Alhamdulillah, Rizki lahir sore itu dengan lancar dan normal dibantu sama bidan..
3 kali melahirkan, 2 kali di RS umum, terakhir di Rumah Bersalin, ternyata pengalaman melahirkan dengan bidan di Rumah Bersalin adalah pengalaman melahirkan yang paling asik..hehe...

4 oktober 2006

Photobucket - Video and Image Hosting

berarti hari ulang tahun Rizki yang ke-11
dialog tadi pagi..
"selamat ulang tahun ya, Ki..kamu sekarang umurnya jadi 11 taun"
"engga, aku udah 12 taun"
"kamu kan lahirnya taun 1995"
"kan aku udah kelas 6, jadi umurku udah 12 taun"
"......................."

ya semoga tercapai apa yang dicita-citakan Rizki,
dan hari-hari mendatang jadi lebih baik dan lebih baik lagi..
semoga makin dicintai Allah SWT,
dan diberi umur yang diberkahi..
amin.

Aku memang ngga ngerencanain merayakan ulangtaun Rizki.
Di keluarga kami memang ngga biasa merayakan hari ulang tahun dan tiup lilin.
Karena sebenernya semakin nambah umur, semakin berkurang lah jatah hidup kita di dunia ya..hehe..
Buat kami, hari ulang tahun adalah waktu yang tepat untuk merenung, apa yang sudah kita lakukan dalam hidup, dan apa yang akan kita lakukan untuk mengisi hari-hari berikutnya..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...