28 September 2006

Hobby dan cita-cita

"kriiiinnnngggg.....krrriiiingggg..."

akhir-akhir ini telpon sering banget berdering sesudah jam pulang sekolah..
Kadang-kadang langsung 'cklk' ditutup kalo Budi atau Bapak yang angkat..
Lalu Budi komentar, "pasti buat Bimo.."
Eh, bener...ngga lama hp-nya Bimo gantian yang bunyi.
Hmmm..memang beberapa kali aku terima, dan ada suara bening manis di ujung sana..
"Assalamu'alaykum, bisa bicara dengan Bimo ?"

"Kok, kalo mas budi ato bapak yang angkat trus ditutup ?"
"Iya, abis katanya malu"
"Lho kok malu ?"
"Abis katanya mereka telpon aku mau curhat"

Mau curhat ?
ya gitu deh...ngga tau kenapa temen2 Bimo suka curhat sama Bimo.
Dan bimo sendiri ternyata emang seneng dengerin curhat temen2 nya, dan konon bercita-cita jadi psikolog...hehe...musti konsultasi sama tante Dian nih..

Kira-kira ada hubungan ngga hobby dan cita-cita ?

Kalo buat aku, emang ada hubungan hobby dengan kegiatanku sekarang.
Dari kecil dulu udah suka main piano, sekarang jadi guru piano.
Sementara sebenernya cita-citaku adalah jadi ibu rumah tangga ( hihi..cita2 yang aneh ya ? )

Alhamdulillah, waktu aku kecil, ibu banyak ngebekelin ilmu buat aku.
Aku dilesin piano, masak, njait menjait, ikut pramuka, belajar bahasa inggris.
dan disekolahin sampai selesai kuliah...

Semua ilmu itu ternyata bener-bener bisa jadi bekelku ngejalanin hari-hariku jadi ibu rumahtangga...

Ilmu di sekolah pastinya untuk mendampingi anak-anak belajar.

Photobucket - Video and Image Hosting
ini tas sulam pitaku yang pertama..Photobucket - Video and Image Hosting
Ilmu masak dan njait meskipun ngga jadi ekspert, tapi udah pasti bermanfaat dong. Kalo ditekunin mungkin bisa menghasilkan juga kan..Photobucket - Video and Image Hosting
Ilmu pramuka, untuk mengelola dan memenej segala urusan rumah tangga..
Ilmu piano....terbukti bisa untuk nambah pemasukan keluarga, selain membuat diriku merasa jadi orang yang bisa berguna bagi orang lain..Photobucket - Video and Image Hosting

Contoh lain...
Onno, kakak sulungku yang sekarang namanya malang melintang di dunia persilatan..eh..per-internet-an awal mulanya juga dari menekuni hobi. Dia itu dari dulu hobbynya emang ngoprek2 radio....'ngebreak'...dan itu disupport juga sama ortu kita..
Apa dulu dia jadi juara kelas di sekolah ? mmmmm......ngga inget tuh...hehe..yang aku inget, nilainya bagus untuk pelajaran fisika dan matematika ajah..
Tapi dari dulu dia udah jadi aktifis, jago organisasi dan leader..

Jadi mungkin memang ada ya hubungan antara hobby dan cita-cita atau profesi kita sekarang..
Anak-anakku sekarang memang belum ketauan nanti gede jadi apa. Tapi aku pengen mereka punya hobby yang ditekuni, dan mudah2an kami juga bisa cukup kasih bekel dan mensupport kegiatan yang mereka sukai...

Nah, kalo Rizki...
Memang paling ngga doyan kalo disuruh belajar...tapi hobi banget main bola..
Pengennya pagi2 udah di sekolah, dan pulang sekolahnya sore karena mau main bola dulu..
Kalo aku tanya, "kamu kalo udah besar mau jadi apa ?"
"Jadi pemain bola.."
Waduh...
Gimana pendapat temen2 ? Photobucket - Video and Image Hosting

24 September 2006

Rizki banget

Hari Jumat, mas Budi pulang...
"kamu kok jadi kurus.."
"ah, itu perasaan ibu aja.."
hehe...iya kali ya..

Hari Sabtu nya kita menuju bandung untuk nengok eyang kakung yang masuk rumah sakit..
Depok - Bandung 4 jam, macet di Depoknya..hik..hik..
sampe bandung pas maghrib, jadi mampir ke sangkuriang dulu untuk shalat maghrib.
Sesudah shalat isya, langsung menuju masjid Salman ITB untuk ikut shalat tarawih.

Selesai shalat tarawih, jam set 9 malem, perut kriuk-kriuk karena kita smua belum sempet makan malam.
Mampirlah kita ke BMK..Baso Malang Karapitan...

Mas Budi pesen chicken teriyaki..
Budi : kayaknya aku tadi pesennya kan chicken teriyaki ya ?
Bapak : iya, memang
Budi : kok ini chicken nya kayak beef ya ? ini chicken apa beef sih ?
Bapak : hmmm,iya kok dikasihnya beef ya
Rizki : (dengan wajah cueknya) salah potong hewan kali...
Bapak : iya ya, barangkali sapi nya lagi nyamar jadi ayam, ...jadi kepotong deh...

Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting


Budi, Bimo & Ibu : qqqqqqqqqqPhotobucket - Video and Image Hosting

Besoknya hari pertama puasa..
Abis sahur, Rizki ngga bisa tidur lagi..
jadi pagi2 dia udah keluar rumah eyang...lari2 keliling kompleks...
sampe rumah dia bilang...
"minum aaahhhhh...."
"memang kamu ngga puasa ?"
"o iya..." Photobucket - Video and Image Hosting
dilanjut sambil nyengir "waaah, bapak, coba ngga bilang...kan rejeki..." Photobucket - Video and Image Hosting

Rizki banget gitu loh..

19 September 2006

Konser siswa

aku belum cerita tentang konser siswa 2 minggu ini berturut-turut..

minggu, 10 september 2006

konser siswa tahunan sekolah musik aku.
diadain seperti biasa di salah satu fakultas di UI. Alhamdulillah, di Depok ada juga tempat yang cukup memenuhi syarat untuk akustik suatu konser musik. Meskipun masih ada kekurangan juga sih di bagian sound yang sebenernya poin penting banget untuk suatu pertunjukan musik...

inilah salah satu perbedaan belajar musik di sekolah musik dengan belajar musik privat sama guru musik. Konser itu salah satu bagian dari program pendidikan musik yang menurutku cukup penting. Di sini anak2 belajar untuk berani tampil di depan publik. Selain untuk menunjukkan pada orangtua kemajuan yang dicapai putra-putrinya selama belajar musik.

psst...sebetulnya kalo buat para guru nih...konser itu bisa jadi 'rapot' kita...
performance murid biasanya menggambarkan kualitas gurunya....
Emang wajar sih kalo orangtua sering membanding-bandingkan anaknya dengan murid dari guru2 yang lain..yang mengakibatkan 'hijrah'nya si murid ke guru lain..
(alhamdulillah..so far, bukan murid2ku yg hijrah..Photobucket - Video and Image Hosting)

Kemaren, daku kebagian tugas jadi stage manager lagi..
selain musti ngatur lalulintas siswa, sekaligus juga musti kasih spirit anak2 supaya berani tampil..

behind the stage itu emang tempat yang paling mendebarkan buat para siswa yang nunggu giliran tampil.....hampir semua anak kena 'demam panggung'...tangan sedingin es, beku, pucet, berkeringat meskipun ruangan udah ber-AC...
"ibuuu...takuuuttt...."
"ibuuu...gimana kalo nanti mainnya salah2..."
"ibuuu...pengen pipisss..."
hihi...can u imagine that...

Bimo kebetulan ikutan tampil karena dia belajar vokal...
"The way u look at me - Christian Bautista"
Menurut temen2 sih vokalnya ok, pitchnya lumayan...cuma keliatan tegang banget..
hehe...Bimo sendiri ngaku kakinya gemeteran ngga bisa diem...Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting

minggu, 17 september 2006

sebenernya ceritanya 3 minggu lalu daku ditelpon sama mantan guru viola aku, blio minta tolong aku untuk ngiringin murid2nya dari sekolah musik tetangga untuk konser siswa mereka di DeToS.

Ada 5 anak yang aku iringin kemarin..

Photobucket - Video and Image Hosting
cumaaa buatku pribadi sih....
sebenernya aku kurang cocok dengan konsep konser di mall - maklumlah orang klasik gitu loh Photobucket - Video and Image Hosting- panggung terbuka, penonton yang kesannya nontonnya 'sambil lalu'..
tapi yaaaa seneng juga kok karena dapet pengalaman baru dan temen2 baru lagi..

buntutnya daku dapat tawaran untuk bikin 'quartet' -violin, viola, cello, piano - sama guru viola aku...
waduhh...gimana yaaa...Photobucket - Video and Image Hosting

18 September 2006

Masuk dormitory

Hari Kamis lalu pulang sekolah..

Budi : Bu, aku harus segera masuk dormitory..
Aku : Kenapa ?
Budi : Iya, soalnya hari kamis depan udah mulai pembinaan untuk olimpiade
Aku : Memang ngga bisa abis lebaran aja ya masuknya..(masih coba nawar)
Aku (dalam hati) : *hiks* it's about time...suatu saat anak2 pasti akan keluar dari 'sarangnya'..

Sebenernya sih memang dari awal masuk SMA dia udah diminta untuk masuk dormitory supaya belajarnya bisa kumpul bareng anak-anak beasiswa yang lain..
Tapi kok ya ortunya ini yang masih berasa 'ngga ada lo ngga rame'...hehe...

Akhirnya, hari minggu kemaren..
Dari jam 2 siang Budi udah packing semua barang-barangnya...
baju, buku2, perlengkapan mandi, perlengkapan shalat dimasukin ke backpack dan tas besar....ditambah lagi dia juga nyari2 setrikaan, soalnya katanya disana dia kudu nyuci baju plus nyetrika sendiri...( horeee...)

Jam 3 sore berangkat deh kita ke dormitory yang jaraknya cuma sekitar 3 km dari rumah..Photobucket - Video and Image Hosting
iya..memang dormitorynya di depok juga...lah sekolahnya kan di depok..
Sekolahnya memang boarding school, karena banyak anak2 dari luar daerah, luar kota, luar pulau yang masuk sekolah di sana....

Budi sendiri berangkat duluan naik sepeda.. Itu alat transportasi dia untuk ke sekolah...
Aku sama mas Udi bawa barang2nya dia naik mobil..

Photobucket - Video and Image Hosting

Abis nganter mas Budi masuk dormitory, aku harus berangkat ke Detos untuk konser..
Itu aja udah berasa sepi ngga ada mas Budi karena yang nganter cuma Bimo, Rizki sama bapak. Abis biasanya kemana2 kita masih selalu ber5....
Sekarang mas Budi harus minta ijin khusus kalo mau pulang selain week end.

Di perjalanan pulang dari konser, mas Udi bilang..
"iya ya..kita ngalamin apa yang pernah dialamin orangtua kita dulu, satu per satu anak2 keluar, dan nanti tinggal kita berdua yang tinggal di rumah..."

time flies ya..makin tuwir deh gw..Photobucket - Video and Image Hosting

16 September 2006

Untuk para Ibu

"Aku sanggup bersusah payah menjalani karir ibu rumah tangga, walau selalu diremehkan dan jarang mendapat pengakuan yg layak dari masyarakat, <--- (nyamankah) .... hanya karena aku sangat mencintai suami dan anak-anak yang diamanahkan Allah padaku. Dan yg lebih penting dari semua itu aku mendapat cinta dari Yang Maha Pencipta. Allahu Rabbul 'Alamin. Salam hormat buat ibu-ibu rumah tangga sejati. Karirmu sangat penting,dalam mempersiapkan generasi Rabbani. Dan gajimu, insya Allah kehidupan hakiki syurgawi."
Cuplikan dari salah satu artikel di majalah Ummi yg diposting seorang teman di milis yg aku ikuti..

Jadi ibu rumah tangga emang bukan pekerjaan gampang..
Waktu awal2 berkarir jadi ibu rumah tangga yang stay at home, daku juga suka ngerasa beraaattt banget ngejalaninnya…hiks..hiks…

Gimana engga…
temen jadi makin sedikit..tiap hari ketemunya sama tukang sayur, sama mbak tetangga sebelah, satpam komplek, belum lagi wawasan juga jadi makin sempit, otak jadi bujel, kadang puyeng ngadepin anak2 yang suka berantem dan ngga selalu jadi anak manis yang nurut apa kataku, gaji suami yang pas-pasan di awal karirnya, tinggal di rumah kontrakan berlantai nyaris tanah yang kalo ujan deres bocor atas bawah, ditambah sering ditinggal2 suami pula tugas ke daerah…*halah*

tugas dan pekerjaan yg selalu ada 24 jam sehari, 7 hari seminggu…
ngga bisa ngajuin cuti sama boss…

sering ngerasa kepala rasanya mau pecah, spt kata Nurul..'pecas endahe'...
jadi pengen teriak..ibu juga manusiaaaa…Photobucket - Video and Image Hosting

Sampai musti nelen komentar ibu2 temen suami yg mampir ke rumah.. "kok mau sih di rumah aja, nungguin ‘raja’ pulang.."
glllk banget deh pokoknya..

Tapi ya alhamdulillah…
Sekarang aku bersyukur dulu sudah memilih untuk stay at home membesarkan dan mendidik anak-anakku sendiri..

Photobucket - Video and Image Hosting

Bayarannya bukan dalam bentuk materi yang berlimpah..
Tapi sebersit rasa syukur di hati ketika tukang kebunku mengatakan..
"Ibu, saya teh kagum pisan sama anak-anak ibu, meuni sopan. Mereka teh ketemu saya di jalan dan negur saya…’apa kabar, bang ?’ padahal saya kan orang kecil…"

Alhamdulillah...

kalau kita bisa selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki, insya allah kita bisa menjalani tugas mulia ini dengan ikhlas..
"Ibu rumah tangga, karirmu sangat penting dalam mempersiapkan generasi Rabbani.."

11 September 2006

3 Hal

Daku kebagian nerusin peer yang ini dari mummy-nya Rayna
makasih ya, Ni..hehe.. peernya menarik nih, jadi langsung aku kerjain..

3 Hal Tentang Akhwat

3 Hal saat ini

  • Kondisi fisik hari ini : alhamdulillah sehat. sedikit cekot-cekot kepalanya karena kemaren seharian suntuk ngurusin konser murid2...


  • Perasaan saat ini : seneng bin hepi, karena konsernya kemaren lancar dan sukses, murid2 tampil dengan bagus..


  • Kegiatan yang baru dilakukan : latihan piano buat ngiringin biola, konser di DeTos minggu besok...nonton yuk..( lho, kok malah jadi promosi gini ya ?)Photobucket - Video and Image Hosting

3 Kisah proses memakai jilbab

  • Tahun : Maret 2006 ( masih pemula...hehe)


  • Cerita singkat : ada 1 peristiwa di tahun 2004 yang bikin aku merasa Allah ' menegur'ku untuk mempelajari Islam lebih dalam. Trus, belakangan suka ditanya anak2ku, kenapa ibu ngga pake jilbab ? Selain itu banyak dikasih pencerahan juga sama suami..makasih ya, suamiku...:) Alhamdulillah...Photobucket - Video and Image Hosting


  • Kesan : Suami dan anak2 senang sekali..Ada ortu murid yang komentar,"Subhanallah, bu lita cantik sekali berjilbab. Saya kira tadinya bu lita bukan muslim"..hehe...aku sendiri merasa tentram krn sudah mengikuti perintah Allah..Alhamdulillah..

3 Hal tentang sekolah

  • Pendidikan terakhir : S1


  • Rencana melanjutkan studi : yang akademis..engga aaahhh...otak udah bujel..sekarang lagi ngelanjutin belajar piano di Konservatorium Musik Jakarta


  • Sudah sesuai dengan cita-cita belum : Sudah sih..lha cita-citaku dulu mau jadi ibu rumah tangga kok..Photobucket - Video and Image Hosting

3 Hal tentang karir

  • Pekerjaan sekarang : stay at home mom, merangkap guru piano


  • Seneng dengan pekerjaannya : alhamdulillah...daku selalu bersyukur dengan karuniaNya..


  • Ambisi dalam karir : as a mom, pengen anak-anakku berhasil dan mandiri. As a piano teacher, pengen bisa selalu ngasih yang terbaik utk murid2ku..

3 Akhwat yang pengen saya korek tentang peer ini

nyambung yuuukkk...Photobucket - Video and Image Hosting

06 September 2006

Ganti kulit...lagi...

Dari kemaren-kemaren pengen ganti 'kulit' akhirnya baru kesampean tadi malem...
Baru selesei diulik pagi ini....

Seneng banget bisa nemuin skin bergambar piano kayak gini..Photobucket - Video and Image Hosting
bikin sendiri ngga mampu sih..
semoga awet ngga ganti-ganti lagi deh..

cumaaa....
belum berhasil juga nih bikin footer...comment dsb nya...huahua..Photobucket - Video and Image Hosting
blog tanpa comment seperti sayur tanpa garam..ya ngga sih ? *halah*
sebenernya sih aku penasaran aja soalnya aku seneng mbacain comment nya temen2 yang mampir di sini..udah bela-belain ninggalin comment gitu loh..

sabar...sabar...nanti aku ngulik lagi...
ada yang mo bantuin ngga nih ? hehe..

01 September 2006

Bunda Inong dalam kenangan

Photobucket - Video and Image Hosting

Selasa, 29 Agustus..
kebetulan mas Udi lagi ngomongin blog-ku.
suamiku ini memang penggemar fanatik blog-ku..Photobucket - Video and Image Hosting
Trus aku bilang sama mas Udi..."Ini lho kalo mau liat blog yang bagus..."
Lalu aku kasih liat blognya Inong

Rabu, 30 Agustus..
menjelang malam itu rasanya aku kok kangen sekali sama Inong..
sebenernya aku memang ngga setiap hari sempet blogwalking, tapi entah kenapa saat itu aku merasa ingin sekali mampir di blognya Inong..
terhenyak aku baca berita Inong pingsan, dan dibawa ke rumah sakit di Singapore..

Kamis, 31 Agustus..
aku ngga sempet online samasekali..
tapi temen2 mengabarkan kalo dokter sudah pesimis..
Inong masih koma di ICU, dan sudah dibantu mesin..
jam 4 sore, Ita telpon mengabarkan kalo Inong sudah ngga ada..
terhenyak...sedih..rasanya masih ngga percaya..
tapi Nia bilang di sms-nya.."belum, mbak. Mbak Inong masih ada.."

Jumat, 1 September..
jam 6 pagi, pas waktu aku mau berangkat nganter anak2 ke sekolah..
ada sms dari Nia yang mengabarkan Inong sudah berpulang..

Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun.
Allah Maha Kuasa..
Allah yang memberi kehidupan untuk kita, dan memanggilnya pulang tanpa ada seorangpun yang tahu kapan kita akan dipanggil..

Kenangan-kenangan tentang bunda Inong langsung berkelebat di benakku..
Aku jadi teringat pertamakali aku kenal dengan Inong di dunia maya, 5 tahun yang lalu.
Waktu aku bingung mau dimasak apa ikan tuna yang baru aku beli di tukang sayur pagi itu.
Dan Inong mengirimiku email berisi resep2 ikan tuna...

Aku teringat comment-comment yang dia tinggalkan di blogku ini..
Aku juga jadi teringat sapa terakhirnya di SB-ku.."mampir mbaak, kangen..Photobucket - Video and Image Hosting"
Inong memang selalu punya cinta & perhatian untuk semua orang..

Selamat jalan, sahabatku..
Doa kami mengiringimu pulang menghadap sang Khaliq.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...