30 August 2006

Potensi tersembunyi

Malam Minggu yang 'mengharukan'..
Jabat erat & pelukan penuh rasa takjub, syukur dan terimakasih dari temen2 sesama ortu..
Anak-anak yang bersemangat...
Suasana kebersamaan yang kental...
Semuanya masih terbayang sampai sekarang..
Alhamdulillah...

Sabtu, 26 Agustus 2006
Jam 1 siang

Aku udah ditelpon Rizki waktu masih di perjalanan pulang dari Margocity ketemu Nia & Neli.
"Ibu, latiannya kan jam 1. Temen2 udah pada dateng nih..."
Yup, siang ini kita mau latian terakhir untuk penampilan nanti malem.
Ada Operet remaja dan Vocal Grup dadakan...hehe..soalnya vocal grup nya emang dibentuk mendadak dan baru latian sekali doang..

Kilas balik

Suatu hari di akhir bulan Juli, mas Udi diundang rapat RT untuk persiapan peringatan HUT RI. Ternyata mas Udi dikasih amanah untuk pegang pembinaan anak2 remaja. Jadilah..
Sesudah rangkaian acara kerja bakti, bikin gapura, bazaar, lomba, sepeda hias...hari ini adalah adalah acara puncak dari rangkaian acaranya...yaitu Malam Keakraban..

Anak-anak remaja ABG umur 9 -12 taun udah 'direkrut' dan dilatih operet sama mas Udi sebagai penyusun skenario merangkap pengarah gaya..hihi..(tentu aja dibantu aku dong..)sepanjang libur 17-21 Agustus lalu..sampe banyak ortu yg mengaku anak2nya ngga mau diajak pergi liburan karena ngga mau ketinggalan latihan..Photobucket - Video and Image Hosting

Memang pada awalnya, susaaahhh banget bikin mereka kompak dan mau 'goyang'..tapi mas Udi punya cara sendiri yang akhirnya malah bikin anak-anak ini keasikan dan ngga mau pulang, pengennya latian terusss....hahaha...

Well, ok..
latihan baru selesai jam 4, dan anak2 disuruh pulang istirahat dulu, dan kumpul lagi nanti jam 7 malem..

Abis latihan, aku sama mas Udi ngecek ke panggung..
Huahua...soundsystem belum dateng ! Mas Udi udah siap dengan 'plan B' alias bawa sound system sendiri, seadanya..
Tapi untunglah, akhirnya mereka dateng juga jam set 6 sore..
Masalah baru...mereka ngga bawa stand mic...Photobucket - Video and Image Hosting
Dah, aku ngga ikutan deh...mas Udi aja yang 'ngomelin' operator sound nya...
alhamdulillah, akhirnya bisa beres juga sebelum acara dimulai..

Jam 7 malem

Anak-anak udah pada ngumpul lagi..
Direview dan briefing sebentar, langsung berangkat ke lokasi.

Inilah penampilan mereka...

Vocal Grup

Photobucket - Video and Image Hosting

Ngga nyangka ternyata anak-anak remaja ini semua punya potensi tersembunyi...
Semuanya remaja...Budi & Angga main gitar, Gilang main keyboard...
Suara Maya yang bening dan belum pernah ikut les vocal, bergantian dengan suara biola nya Tiara & Idhan yang mendayu-dayu di lagu "Ibu Pertiwi"...

...oh, lihat ibu pertiwi sedang bersusah hati...air matanya berlinang...mas intan yang terkenang...hutan, gunung, sawah, lautan..simpanan kekayaan...kini ibu sedang lara...merintih dan berdoa..

...oh, lihat ibu pertiwi...kami datang berbakti...lihatlah putra putrimu..menggembirakan ibu..ibu kami tetap cinta..putramu yang setia...menjaga harta pusaka...untuk Nusa dan Bangsa...

ngga kerasa, bikin mataku berkaca-kaca...
dan yang nontonpun ikut hening...

Operet remaja

menceritakan tentang perjuangan remaja hari ini melawan pengaruh negatif lingkungan...
Remaja yang masih banyak yang malas, miskin cita-cita, terlibat narkoba dan tawuran...

Operet dibuka dengan lagu Astaga nya Uthe..liriknya pas banget dengan kondisi remaja sekarang...

begitu banyak rintangan harus kuhadapi,
mengapa kau diam saja tak berdaya,
belia usia masa yang paling indah...kau tampak tak bergairah..


astaga...apa yang sedang terjadi...astaga..hendak ke mana smua ini..
bila kaum muda sudah tak mau lagi peduli..
mudah putus asa, dan kehilangan arah...

Lalu dilanjut dengan lagu Pemuda, lagu Chaseiro jadul yang diaransemen ulang untuk anak2 AFI. Lagu pemuda dipakai waktu frame yg menggambarkan anak2 tawuran dan terlibat narkoba..

Abis itu, bangkitlah generasi muda dengan...Bangun Pemudi Pemuda nya Coklat...
Di frame ini, narkoba yang berjaya dihancurkan...salah satu frame favorit penonton ternyata Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting

Sesudah bangkit dan bersatu, remaja ngga lupa untuk bersyukur...
Diawali dengan Farah yang membacakan doa..
"Ya Allah, ya Tuhan kami..sungguh besar nikmat, rahmat dan rahim yang Engkau berikan kepada kami...Segala puji kami panjatkan kepadaMu, ya Allah..tunjukkanlah kami jalan yang benar...Amin ya robal Alamin.."
Disambung puisi dan doa nya Maya..
"MERDEKA ! 61 tahun kita merdeka..waktu yang cukup panjang bagi ukuran dunia...inilah waktunya kita bercermin...melihat apa yang telah kita perbuat dan mengambil hikmah daripadanya...Semoga di masa yang akan datang kami dapat berbuat lebih banyak lagi bagi Nusa dan Bangsa...Amin ya robbal alamin..."

Photobucket - Video and Image Hosting

disambung Idhan yang terakhir..
"Takkan kusia-siakan...takkan kusia-siakan lagi waktuku yang begitu
berharga...akan kuisi dengan manfaat bagi masyarakat...bangsa...negara...dan dunia !"

Bisa dibayangin suasananya...
Dengan lilin di tangan, dan bendera merah putih dikibarkan di belakang..
Diiringi lagu Syukur , dan penampilan ekspresif dan khidmat dari anak-anak ini..
"Mengharukan ya, bu" kata Budi...lagi-lagi mataku berkaca-kaca...

Alhamdulillah...penampilan malam itu lancar semuanya..
Aku sendiri takjub ngeliat penampilan mereka...
Insya Allah memberi manfaat untuk para remaja nya untuk bangkit dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa depan...karena mereka adalah tumpuan harapan kita untuk masa depan bangsa Indonesia yang gemilang...

Sampai sekarang temen2 masih suka komentar kalo ketemu di jalan..
"Kemaren acara operetnya kereeen banget !!"
duh, alhamdulillah...Allah memudahkan semuanya..

Meskipun cuma sedikit yg udah kami lakukan, tentu aja buat kami berdua, berhasil melakukan ini semua memberikan rasa nikmat yang luarbiasa..
jadi maklum aja kalo ceritanya jadi panjang..Photobucket - Video and Image Hosting

29 August 2006

Dari blogwalking

Bikin blog tadinya cuma iseng...selain emang dikomporin juga sama Lilik...hehe..
Awalnya dari keinginan untuk bikin dokumentasi keluarga yang bisa dishare ke temen2, dan saudara2 yang tinggal nya jauh dan jarang ketemu..
eh, ternyata...alhamdulillah malah nambah sahabat-sahabat baru...

Hari Sabtu, 26 agustus kemaren aku janjian sama Neli, bundanya Ais, yang tinggal di Depok juga buat ketemuan sama Nia, mummy-nya Rayna yang mau pulang ke Depok..

Dari malemnya, daku udah pamit sama mas Udi, "mau ketemu temen blog yg dateng dari singapur". Doi pesen,"OK. Jangan telat pulangnya ya. Jam 1 latian operet anak2 !"
hihi...beres deh, boss..

Janjian ketemu di Starbucks - Margocity Square, Margonda jam 11 siang..
Daku udah nyampe jam set 11. Neli dan Nia belum nyampe. Daripada duduk sendirian di Starbucks..Yo wis, keliling-keliling aja dulu deh...

Jam 11..tidit..tidit...sms dari Neli..."mbak lagi dimana, kita udah di starbuck nih..."
Senengnyaaaa....akhirnya jadi juga ketemu sama Neli, Ais, Nia, Rayna dan swami masing2...gw aja yang nge-jomblo...halah...soalnya anak2 pada ekskul, dan si mas masih nyiap2in perlengkapan buat acara Malam Keakraban.

Udah deh...meskipun baru pertamakali ketemu, seru aja ngobrol kayak yang udah kenal lamaaaa. Pssst...aku malah ngirain Nia sama Neli itu emang udah kenal lama... padahal kita semua ketemu dari blogwalking...Photobucket - Video and Image Hosting

Yang paling lutju, itu Ais & Rayna...apa aja direbutin...hehe...gemessss banget deh gw liatnya...secara gw ngga punya anak ceweq gitu loh...

Photobucket - Video and Image Hosting
...mirip nda Ais ma ibu ?...

Photobucket - Video and Image Hosting
...ini lita & nia difoto sama Ais...Rayna masih main sama ayah...

Jam set 1, daku harus pamit...hiks..bentar banget ya ketemuannya..

PS.Thanks a lot ya, mommies..buat waktunya, buat oleh2nya...dan buat persahabatannya, mohon maaf kalo ada salah2 kata...mudah2an kapan-kapan bisa ketemuan lagi yaaa...Photobucket - Video and Image Hosting

22 August 2006

Reuni

Di tengah2 persiapan 'operet' anak-anak remaja yang bakal manggung hari sabtu, 26 agustus nanti...aku sempet hadir di acara reuni ITB angkatanku di Bandung, hari sabtu, 19 agustus 2006 yang lalu..

Meluncur dari Depok hari sabtu habis subuh...alhamdulillah lancar lewat tol Cipularang, jam 8 pagi kita udah sampai di Bandung..

Sempet mampir ke rumah ibu dulu di Sangkuriang, baru ke Aula Barat ITB tempat acara bincang-bincang diadakan...

Ketemu temen2 lama, yang udah puluhan tahun ngga ketemu...
ada yang masih sama seperti dulu, ada yang ukurannya jadi 2 kali lipet, ada yang ber-evolusi...hehe...engga deng...
yang jelas kalo ber-reuni dengan temen2 jadul yang dulunya sempet bikin kenangan manis pastinya sangat menyenangkan...inget tingkah laku, kebandelan2, skandal2 kita dulu..Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting
...The sustaining community, silaturahmi forever...
Aan, Prip, Masmui, Marusaha, Retno, Novi, Urip, Yenny,
Lita, Saladin, Rina, Yazid, Hefrizal

15 August 2006

Spirit of Competition

Masih dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 61, hari minggu kemarin RT ku mengadakan bazaar dan lomba di dalam kompleks blok ku.

Selama seminggu terakhir, aku dan beberapa ibu udah sibuk menyiapkan materi lomba.
Aku dan mas Udi kebagian tugas pegang kategori ABG umur 9 - 12 taun, dan remaja..

Kebetulan aku dapet ide dari blok sebelah untuk bikin lomba seperti 'petualangan', kayak jaman pramuka dulu deh, semacem rally dengan beberapa pos tugas..
Aku yang punya ide, mas Udi yang mikirin teknis pelaksanaannya...

Hari Sabtu, 12 Agustus 2006


mas Udi mengutus ka Budi, Bimo, Rizki dibantu ka Andika, ka Tama, dan ka Ruslan untuk 'sensus' ulang anak2 9-12 tahun, dan memastikan mereka akan datang ke lokasi lomba jam 7 pagi hari minggu besok, soalnya entah kenapa selama ini yang namanya lomba 17 agustus itu selalu sepi peserta remaja..
Pokoknya, mas Udi bertekad, selama kita diberi amanah untuk pegang acara, acaranya harus sukses !!

Hari Minggu, 13 Agustus 2006

Jam 6 pagi, remaja udah siap kumpul di rumahku, oleh mas Udi mereka dikasih tugas keliling kompleks bawa compo dengan lagu2 perjuangan, dan TOA untuk manggil peserta lomba, dan mengawal karnaval sepeda hias..hehe..pokoknya niyat banget lah mbangunin warga pagi2...

Photobucket - Video and Image Hosting

Jam set 8 pagi, mulai pendaftaran peserta lomba..

Karena semalem udah dilakukan sensus ulang, peserta umur 9-12 tahun jadi peserta lomba yang terbanyak, ada 21 anak...horeeee...sukses....

Mas Udi mulai mbagi tim, dan menjelaskan gimana cara mainnya..
Setiap tim harus memilih ketua tim, lalu mencatat tugas yang harus dikerjakan di tiap pos yang dijaga oleh para remaja..
Photobucket - Video and Image Hosting

Pos 1 mengerjakan soal matematika..
Pos 2 bertemu dengan Pak Ketua RT, dan mewawancara blio...
Pos 3 test daya ingat, kalo di pramuka itu namanya Kim Lihat...20 benda yang dikasih lihat harus dihafalkan dalam waktu 1 menit...
Pos 4 test ketangkasan menuang air ke dalam botol
Pos 5 bertemu dengan koordinator kebersihan tingkat RT, dan mewawancara blio..
Pos 6 test pengetahuan sekitar proklamasi kemerdekaan RI...

Sesudah semua siap, lomba dimulai..tiap tim diberangkatkan dengan aba2 dari mas Udi..
Mereka harus mencabut bendera kecil, lalu lari sekenceng2nya ke pos 1..
Waahhh, seruuu...!! karena tentu aja ngga ada tim yang mau kalah, that's the spirit of competition ! menyenangkan sekali ngeliat anak2 yang bersemangat seperti itu..

Karena nilai paling tinggi adalah kecepatan menyelesaikan tugas...mereka terus lari dari pos ke pos, kebayang kan mereka mewawancara dan ngerjain tugas di tiap pos sambil ngos-ngosan...teganya...teganya...om udi & tante lita...hehehe...
Tapi menurut mereka, inilah lomba paling seru yang pernah mereka ikuti !

Bimo & Rizki kalah meskipun ortunya yang bikin lombanya...hehe...rahasia tetep terjaga..
Tapi aku tetep salut sama semangat mereka..:)

Sesudah itu, giliran anak remaja lomba balap karung..
Budi berhasil keluar sebagai juara 1, sama seperti ibunya yang juara 1 lomba balap karung ibu2..hahaha..turunan emang..

Photobucket - Video and Image Hosting

Ikut lomba atau berkompetisi memang bagus untuk belajar menumbuhkan spirit of competition yang sehat. Di sana keliatan sekali perbedaan anak-anak yang terlatih memotivasi diri untuk menjadi yang terbaik dan yang engga..imho, daya juang itu sangat penting untuk sukses dalam hidup, dan perlu dilatih sejak kecil...kalah menang itu biasa, tapi yang penting harus selalu berusaha terus untuk jadi yang terbaik...dan belajar menerima kekalahan dengan lapang dada...

06 August 2006

Cinta Tanah Air

Proklamasi Kemerdekaan RI seharusnya memang diperingati dengan meriah..
Apalagi untuk anak-anak, generasi penerus bangsa, harus ditumbuhkan kecintaan dengan tanah airnya sejak kecil..

Di kompleks rumahku, rangkaian acara dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI udah dimulai dari hari ini dengan kerja bakti membersihkan lingkungan.

Mas Udi kebetulan mendapat amanah untuk pembinaan remaja..
Selama 12 tahun tinggal di sini, memang kompleks ku belum punya wadah untuk pembinaan remaja. Padahal remaja itu seharusnya memang punya wadah untuk mereka belajar berorganisasi atau melakukan kegiatan-kegiatan yang positif..
Mungkin mas Udi yang dipilih warga untuk pembinaan remaja, karena mas Udi dan aku udah hampir 3 tahun jadi pembina klub taekwondo anak-anak di kompleks kami.

Hmm...ternyata ngga gampang memulai sesuatu yang baru..
Bagaimana cara menyatukan anak-anak remaja yang selama ini ngga punya wadah, dan udah punya kegiatan sendiri2...
Beberapa kali mereka diajak berkumpul dan diajak ngobrol sama mas Udi.
Ditanya apa yang mau dan bisa mereka lakukan dalam rangka memperingati HUT RI....
tidak ada jawaban yang keluar, sampai akhirnya mas Udi memutuskan untuk menyatukan mereka dengan kegiatan membuat gapura.

Dikasih kesempatan untuk meng-organize sesuatu juga ternyata belum berhasil menyatukan mereka sampai hari terakhir sebelum kerja bakti..
Dikasih deadline untuk menyerahkan proposal dan design lewat terus..
Hari terakhir, mereka ditantang mas Udi,"Hayo, besok tunjukkan kalo kalian bisa dan mampu.."

Hari Minggu pagi2 sekali, waktu bapak2 dan ibu2 kerja bakti, Budi, Bimo, Rizki & bapaknya udah siap di depan pos satpam untuk ngerjain gapura..
Alhamdulillah, para remaja akhirnya ikut bergabung.
Dan di bawah pengarahan mas Udi, dengan tekun mereka mengerjakan gapura..



Dan akhirnya...setelah bekerja keras seharian, dengan bangga mereka berpose di depan hasil karya mereka...:D



Tema tahun ini :

"Wujudkan cinta bangsa dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan"

Mudah-mudahan hasil hari ini bisa menjadi cikal bakal untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya..
Generasi muda...mereka pasti bisa kalau dikasih kesempatan dan pengarahan..

Tetap semangat Indonesia !!

03 August 2006

Demi Masa

Waduh, ternyata udah lama juga aku ngga ngapdet blog ini.
Gara-gara belajar piano lagi, aku ngga sempet mantengin komputer lama-lama karena harus latian piano..Photobucket - Video and Image Hosting

Terima kasih banyak buat temen-temen yang udah berkenan mampir di rumahku ini, udah meluangkan waktu juga untuk mengirim email untuk sharing...mudah2an kita semua bisa sama-sama belajar menjadi ibu dan ortu yang mampu mendidik anak-anak kita menjadi pemimpin-pemimpin yang tangguh di masa depan. Amin. ( pidato menjelang peringatan proklamasi kemerdekaan indonesia....Photobucket - Video and Image Hosting)

we might want time to stand still
but we know that time will never do this

the future becomes the past
faster than you can say the word 'present'

the future becomes the present,
the present becomes the past,
and the past becomes the distant past

time passed by
never to return
leaving only memories
of what was once the living here
and now

habis bongkar-bongkar foto jadul, aku nemuin foto-foto ini..

Photobucket - Video and Image Hosting
siapa sangka sekarang jadi juara olimpiade fisika nasional, jadi best student smp pribadi waktu kelulusan dan sekolah SMA gratis dengan beasiswa..

Photobucket - Video and Image Hosting
siapa sangka kemaren dipilih sama temen-temen seangkatannya jadi best student di smp pribadi waktu MOS... (Bimo)

Photobucket - Video and Image Hosting
siapa sangka sekarang udah harus siap-siap ngadepin UN SD taun ini...(Rizki)

ya, memang time flies..
dan kita sudah diingatkan.. janganlah kita menyia-nyiakan waktu..

Demi masa..
sesungguhnya manusia dalam kerugian
kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh dan saling berwasiat
dengan kebenaran dan saling berwasiat dengan kesabaran (Q.S. 103 )
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...