15 August 2006

Spirit of Competition

Masih dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 61, hari minggu kemarin RT ku mengadakan bazaar dan lomba di dalam kompleks blok ku.

Selama seminggu terakhir, aku dan beberapa ibu udah sibuk menyiapkan materi lomba.
Aku dan mas Udi kebagian tugas pegang kategori ABG umur 9 - 12 taun, dan remaja..

Kebetulan aku dapet ide dari blok sebelah untuk bikin lomba seperti 'petualangan', kayak jaman pramuka dulu deh, semacem rally dengan beberapa pos tugas..
Aku yang punya ide, mas Udi yang mikirin teknis pelaksanaannya...

Hari Sabtu, 12 Agustus 2006


mas Udi mengutus ka Budi, Bimo, Rizki dibantu ka Andika, ka Tama, dan ka Ruslan untuk 'sensus' ulang anak2 9-12 tahun, dan memastikan mereka akan datang ke lokasi lomba jam 7 pagi hari minggu besok, soalnya entah kenapa selama ini yang namanya lomba 17 agustus itu selalu sepi peserta remaja..
Pokoknya, mas Udi bertekad, selama kita diberi amanah untuk pegang acara, acaranya harus sukses !!

Hari Minggu, 13 Agustus 2006

Jam 6 pagi, remaja udah siap kumpul di rumahku, oleh mas Udi mereka dikasih tugas keliling kompleks bawa compo dengan lagu2 perjuangan, dan TOA untuk manggil peserta lomba, dan mengawal karnaval sepeda hias..hehe..pokoknya niyat banget lah mbangunin warga pagi2...

Photobucket - Video and Image Hosting

Jam set 8 pagi, mulai pendaftaran peserta lomba..

Karena semalem udah dilakukan sensus ulang, peserta umur 9-12 tahun jadi peserta lomba yang terbanyak, ada 21 anak...horeeee...sukses....

Mas Udi mulai mbagi tim, dan menjelaskan gimana cara mainnya..
Setiap tim harus memilih ketua tim, lalu mencatat tugas yang harus dikerjakan di tiap pos yang dijaga oleh para remaja..
Photobucket - Video and Image Hosting

Pos 1 mengerjakan soal matematika..
Pos 2 bertemu dengan Pak Ketua RT, dan mewawancara blio...
Pos 3 test daya ingat, kalo di pramuka itu namanya Kim Lihat...20 benda yang dikasih lihat harus dihafalkan dalam waktu 1 menit...
Pos 4 test ketangkasan menuang air ke dalam botol
Pos 5 bertemu dengan koordinator kebersihan tingkat RT, dan mewawancara blio..
Pos 6 test pengetahuan sekitar proklamasi kemerdekaan RI...

Sesudah semua siap, lomba dimulai..tiap tim diberangkatkan dengan aba2 dari mas Udi..
Mereka harus mencabut bendera kecil, lalu lari sekenceng2nya ke pos 1..
Waahhh, seruuu...!! karena tentu aja ngga ada tim yang mau kalah, that's the spirit of competition ! menyenangkan sekali ngeliat anak2 yang bersemangat seperti itu..

Karena nilai paling tinggi adalah kecepatan menyelesaikan tugas...mereka terus lari dari pos ke pos, kebayang kan mereka mewawancara dan ngerjain tugas di tiap pos sambil ngos-ngosan...teganya...teganya...om udi & tante lita...hehehe...
Tapi menurut mereka, inilah lomba paling seru yang pernah mereka ikuti !

Bimo & Rizki kalah meskipun ortunya yang bikin lombanya...hehe...rahasia tetep terjaga..
Tapi aku tetep salut sama semangat mereka..:)

Sesudah itu, giliran anak remaja lomba balap karung..
Budi berhasil keluar sebagai juara 1, sama seperti ibunya yang juara 1 lomba balap karung ibu2..hahaha..turunan emang..

Photobucket - Video and Image Hosting

Ikut lomba atau berkompetisi memang bagus untuk belajar menumbuhkan spirit of competition yang sehat. Di sana keliatan sekali perbedaan anak-anak yang terlatih memotivasi diri untuk menjadi yang terbaik dan yang engga..imho, daya juang itu sangat penting untuk sukses dalam hidup, dan perlu dilatih sejak kecil...kalah menang itu biasa, tapi yang penting harus selalu berusaha terus untuk jadi yang terbaik...dan belajar menerima kekalahan dengan lapang dada...

5 comments:

  1. subhanallah... kreatif bgd ya idenya?
    di RT ku mah ABGnya dikit bgd kebanyakan dah tua sekalian ato cimit sekalian hihi..

    ReplyDelete
  2. duh, mba lita hebad banget! semangatnya gede buat merayakan 17an, ga kayak aku :( mba tinggal dikompleks apa sih kok orang2nya kayaknya kompak

    ReplyDelete
  3. plok plok plok ... heubatttt mb lita juara lari karung euy ...

    tau gitu daku liat mb lita pas lomba deh mb ;-)

    iyaaa ... menang kalah ga masalah ya mb, yg penting spiritnya itu ...

    ReplyDelete
  4. waaahhh..heibad..heibad deh dikau berdua..!! congrats ya mbak atas suksesnya acara..

    Whihihihi..ternyata dikau mantan pemenang balap karung tingkat erte ya???

    ReplyDelete
  5. keren euy idenya...spiritnya enggak kalah hebat sama para pejuang kita jaman dulu...kekekek...

    Mau liat Ghina memeriahkan Austusan taun ini juga...sok atuh "maen2" ke MP Bunda Windi

    he aku add dikau punya link yah di MP ku...maaf baru menta ijinnya sekarang

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...