Membuat tas rajutan dari plastik 'kresek'

Salah satu resolusi hijau saya di tahun 2010 adalah mengurangi pemakaian tas plastik kresek dengan membawa tas belanja sendiri, dan sudah cukup berhasil langsung diterapkan dengan membawa tas kain yang dapat dilipat.

Sayangnya, ternyata saya tetap punya masalah kalau belanja bulanan cukup banyak. Terpaksa saya tetap merelakan barang belanjaan saya dimasukkan ke dalam tas plastik kresek. Memberikannya lagi kepada pemulung sampah atau tukang sayur meskipun bisa memperpanjang umur si plastik tapi akan berujung di TPA sampah lagi.

Belakangan ini, sejak saya mulai jatuh cinta lagi dengan kerajinan tangan merenda ( hakken/crocheting ) atau merajut dengan 1 jarum, saya teringat pernah membaca ada yang merajut tas plastik kresek menjadi sebuah tas yang cantik, yang waktu itu hanya saya baca sepintas dan menganggapnya itu adalah sebuah ide ‘gila’ !

Tapi ternyata saya salah, merajut tas kresek itu sama sekali bukan ide ‘gila’, bahkan sangat jenius !

Bisa jadi memang kelihatan agak sedikit repot, tapi bisa jadi tidak juga kalau kita berpikir untuk 'do something for save our world !'  Karena setelah dipraktekkan,ternyata saya membutuhkan sekitar 7 kantong plastik kresek ukuran sedang hanya untuk membuat 1 buah tas ukuran kecil. Solusi banget untuk mereduksi sampah plastik saya.

Banyak hal sebenarnya yang bisa diperoleh dari kegiatan ini.
Yang pertama jelas, sangat mereduksi sampah plastik. Kemudian yang kedua, dengan sentuhan kreativitas bisa jadi peluang usaha juga untuk yang punya hobi merajut. Dan yang ketiga, dapat memberdayakan masyarakat kurang mampu jika diajarkan kepada asisten rumahtangga / PRT atau ibu2 kurang mampu, sekaligus menambah pengetahuan mereka untuk hidup lebih ramah lingkungan.

Atas permintaan teman-teman, saya coba share step by step cara merajut tas plastik kreseknya ya...

Pemilihan plastik kresek :

-  pilih plastik bekas yang cukup lentur dan tidak terlalu tebal untuk bisa dirajut
-  cobalah bereksperimen dengan berbagai jenis plastik kresek ( tidak hanya plastik kresek tapi juga jenis plastik bekas buah, kertas fotocopy, laundry, roti dsb. )
-  pilah2 dan jadikan satu tas plastik kresek yang mempunyai jenis dan warna yang sama / senada
-  jangan gunakan tas plastik kresek hasil daur ulang yang kesekian kali karena mungkin saja mengandung zat-zat yang beracun
-  pilih tas plastik yang masih bersih, atau yang masih bisa dibersihkan, dan tidak bau
-  penting : jangan sampai membeli tas plastik kresek khusus untuk dirajut !

Membuat benang plastik atau plastic yarn (plarn) :


bentangkan tas plastik kresek
lipat seperti gambar di atas
gunting2 selebar kurang lebih 1 cm,
buang bagian alas dan pegangannya
sambung potongan plastik dengan cara
seperti menyambung karet gelang untuk dijadikan tali


kantong plastik kecil akan menghasilkan sekitar 5 m ‘plarn’,sedangkan kantong plastik yang besar bisa menghasilkan sekitar 20 m

Plarn siap digunakan untuk merajut berbagai macam bentuk tas atau benda lain. Kalau belum bisa merajut, carilah buku2 belajar merajut di toko buku, video tutorial di i-net, cari teman yang bisa mengajarkan, atau ikut komunitas merajut yang ada di daerah tempat tinggal.


Saya menggunakan hook no 6 untuk membuat tas perlengkapan mandi mungil seperti ini, dengan hanya menggunakan 3 jenis tusukan dasar : chain, single crochet & double crochet, dan menghabiskan sekitar 7 kantong plastik berukuran sedang. Jika dibuat dengan ukuran yang lebih besar bisa saja dipakai untuk tas belanja.


Tapi.....
Ada satu hal penting yang harus diperhatikan, Recycle adalah tetap pilihan terakhir dalam mengelola sampah sesudah Reduce & Reuse.
Jadi usahakan dulu untuk mengurangi pemakaian plastik ( tolak kantong plastik ketika belanja, bawa tas belanja sendiri, pilih produk yang tidak dikemas dalam bungkus plastik dll.), berpikirlah ulang ribuan kali untuk membuang sampah plastik, sebisa mungkin gunakan kembali kantong2 berjenis plastik, baru terakhir gunakan pilihan recycle kalau sudah kepepet.
Lihat hasil eksperimen plastik kresek saya yang lain, mampir ke sini

Comments

  1. halo mbk Lita, salam kenal ya. tau blog ini dari mbk Otty. salam kreatif ya mbk ;)

    ReplyDelete
  2. dulu pernah lihat waktu crafty days-nya Tobucil Bandung...

    wuih sungguh nggak kebayang bikinnya, apalagi nge-denger bunyi kresek-kresek kreseknya yang bikin linu...

    ReplyDelete
  3. Kreatif. Salam kenal, kunjungan perdana.

    ReplyDelete
  4. senang bisa nemu blog ini. soalnya suami sering ngomel kalau saya ngumpulin kresek. Akhirnya tuh kresek bisa dimanfaatkan :-)
    Thanks ya...

    ReplyDelete
  5. Linda : salam kenal juga..tks banyak sudah mampir ya..salam kreatif ! :)

    ReplyDelete
  6. agungsmail : bunyi kresek2 nya mmg tergantung jenis plastik yg dirajut sih, mas...lama2 fun juga sesudah ngeliat hasilnya..:)

    dan yg penting buat saya solusi banget utk mereduksi sampah plastik saya.

    ReplyDelete
  7. ALRIS : salam kenal juga, terimakasih kunjungannya. semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. Herda : thanks sama2 ya..salam hijau :)

    ReplyDelete
  9. hebaaaatttt mbak Lita.... Saya tuh kerjanya menolak tukang sayur atau mbak di supermarket untuk mewadahi segala macam dengan kresek.
    Soalnya sekali belanja bisa bawa kantong plastik 4-5, yg berfungsi sebagai kantong cuma kira2 30 menit deh. Idenya bagus tuh untuk merecycle kresek tsb.

    ReplyDelete
  10. Hani : iya, bener banget, mb Hani. Kl belanja sama tukang sayur depan rumah sy pakai baskom aja :) cuma itu masalahnya, kl belanja ke supermarket cukup banyak ngga muat di 1 tas kain, repot jg kl pakai kardus trus naik angkot ya...dan sampah plastik itu adaaa aja...:((

    ReplyDelete
  11. Keren mba ^^
    Utk tas perlengkapan mandi itu, kira-kira butuh berapa tas plastik kresek?

    ReplyDelete
  12. kunjungan perdana.

    Wooooooooooow keren banget and good idea. Biasanya kantong plastik saya buat tempat sampah, tp saat ini mau mulai komposing sampah organik dan mulai ngurangin pake plastik.

    Kebetulan saya udah lama ga crocheting nih, berapa lama bikin 1 tas, mbak.

    Thanks sharenya :)

    ReplyDelete
  13. kewl idea *kasih jempol dua, kanan dan kiri*
    selama ini emang paling pusing kalo dapat tas kresek karena pas blanja lagi ga bawa kantong...

    ReplyDelete
  14. Good idea,, tangan saya jg suka iseng kumpulin n lipet2 plastik sampe bnyk drmh.. EEEhhh kalo udah kebanyakan mau diapain bingung... Yasudah kasih tukang dagang lg... Tp gag recycle, yowislah tak coba2 tuk rajut...

    ReplyDelete
  15. waw... nice sharing mbak Lita.
    salam kenal dari saya Heru (deblogger)
    kalau diseriusin bisa dijadikan industri rakyat tuh. hehehe...
    keep posting mbak.

    ReplyDelete
  16. Ira : untuk tas mandi itu perlu sekitar 5 atau 6 kantong kresek. tks sudah mampir ya, happy recycle crocheting :)

    ReplyDelete
  17. Ade Sri : hmmm..dari mulai gunting plastik, nyambung2 jadi plarn, sampai selesai...sekitar 3 jam deh kalau ngga salah...cepet juga ya..:) yuk yuk coba crocheting lagi...

    ReplyDelete
  18. Eno, Heru : sip sip...tks sudah mampir ya..

    ReplyDelete
  19. hallo jeng... saya mampir yach... thanks lho udah kasih inspirasi..
    nanti saya akan coba buat tas plastik sampah utk di rajut.... kebetulan aku suka nge-nit dan nge-renda.... be happy mom ya...

    ReplyDelete
  20. be inspirated dech... tks banyak ya udah sharing.... semangat terus ya utk berkreasi..
    saya juga mau cb merajut tas plastiknya...

    ReplyDelete
  21. thx ya , udah kasih inspirasi. saat ini aku lagi belajar ngrajut nih. boleh juga coba dari plastik.

    ReplyDelete
  22. makasih, udah kasih inspirasi, coz saat ini ku baru blajar ngrajut, boleh juga coba pake plastik.

    ReplyDelete
  23. Hebat... benar2 menginspirasi kita... go green....

    ReplyDelete
  24. ide ini udah pernah terlintas di pikiran saya,tp sy blom nemu caranya dan anggapan sy juga sama dgn anggapan awal mba bahwa ide ini gila..tp setelah sy lihat hasilnya,subhanallah..ternyata memang ga ada yg ga mungkin di dunia ini..salut utk kreativitas dan terima kasih udah sharing cara me-recycle-nya..

    ReplyDelete
  25. gmana caranya tuh mbak merajutnya??? peengeeennn *garukgarukkepala*

    ReplyDelete
  26. salam kenal mba... mba kalo plastiknya dari kemasan bisa ga ya? seperti bungkus mie instan.

    ReplyDelete
  27. samudrabiru kalo plastiknya dari kemasan bisa ga ya? seperti bungkus mie instan.

    kl bungkus mie instan sudah pernah saya coba, tapi belum berhasil krn kurang lentur untuk dirajut

    ReplyDelete
  28. salam kenal dan salut dengan gerakan go green nya. mari lestarikan lingkungan hidup dengan meminimalkan sampah plastik

    ReplyDelete
  29. salam kenal n salam pramuka...
    good idea...ikutan ide nya ya mbak...
    I'm a traditional scouting...love scouting forever..
    Muri

    ReplyDelete
  30. Salam kenal mba lita, aku pengen banget bisa ngerajut apalagi yang dari kantong plastik ini, cara ngerajutnya bagaimana yah??ada bukunya gak ??kalo ada apa judul bukunya?Jazakillahukhoir ya mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, salam kenal :)
      sekarang sudah banyak kok teman2 yang menulis buku belajar merajut dalam bahasa Indonesia. Kalau sudah bisa merajut pakai benang, bisa diterapkan dengan plarn seperti di atas. Selamat berkarya ya..

      Delete
  31. wah bisa di coba ne mba
    n salam kena..

    ReplyDelete
  32. bermanfaat, selamat Mbak Lita jadi pemenang silver blog, semoga terus berkarya..salam kenal persilahkan mampir di rumah blog sederhana http://agus34drajat.wordpress.com/

    ReplyDelete
  33. Menginspirasi Mbak, kresekku segudang bisa dimanfaatkan nih........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih yang ngga biodegradable ya Mom...trimakasih sudah mampir :)

      Delete
  34. keren banget mba. salam kenal. izin share di fb ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...silakan mba...;)
      Salam kenal juga, trimakasih sudah mampir...

      Delete
  35. Salam kenal Mbak Lita,

    Namaku Novi. Aku lagi gooling, akhirnya menemukan alamat rumah maya Mbak. Imut kiyut pisan. Tapi yang hebatnya, blog ini banyak dapat penghargaan ya. Hebat.

    Boleh berteman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mbak Novi. Terimakasih sudah mampir ya..
      Boleh dong yuk berteman :)

      Delete
  36. makasih ya, Mba buat idenya...

    ReplyDelete
  37. salam kenal mbak lita, inspiratif dan solutif banget. kl merajut saya blm handal pinginnya saya kepang aja kreseknya tp nggak tahu nyambungnya gimana....eeh pas liat blog ini jadi dapat solusi cara nyambung tas kresek yang hasilnya rapi. dulu waktu ngajar TK saya pernah buat baju dari kresek juga yang saya kumpulin dari tukang sayur #kan bagus biasanya warna - warni hehe. eeh muridku seneng banget pas makainya ga nyangka kl asalnya dari tas kresek hehehe.
    wis...habis ini saya mau semangat kampanye go green deh...
    thanks full ya mbaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga bu...
      wah hebat ibu bisa bikin baju dari kresek...TOP !

      thanks juga sudah mampir di sini..:)

      salam go green !

      Delete
  38. salam kenal bu...
    mau tanya,apa lama kelamaan tasnya bisa hancur bu...?

    ReplyDelete
  39. salam kenal bu
    mw tanya bu apa lma kelamaan kresek yg dibuat tas bisa hancur bu...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mb Salsa...
      Iya mbak...kl sekarang kresek belanja itu dibuat tipis dan gampang hancur.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts