30 August 2006

Potensi tersembunyi

Malam Minggu yang 'mengharukan'..
Jabat erat & pelukan penuh rasa takjub, syukur dan terimakasih dari temen2 sesama ortu..
Anak-anak yang bersemangat...
Suasana kebersamaan yang kental...
Semuanya masih terbayang sampai sekarang..
Alhamdulillah...

Sabtu, 26 Agustus 2006
Jam 1 siang

Aku udah ditelpon Rizki waktu masih di perjalanan pulang dari Margocity ketemu Nia & Neli.
"Ibu, latiannya kan jam 1. Temen2 udah pada dateng nih..."
Yup, siang ini kita mau latian terakhir untuk penampilan nanti malem.
Ada Operet remaja dan Vocal Grup dadakan...hehe..soalnya vocal grup nya emang dibentuk mendadak dan baru latian sekali doang..

Kilas balik

Suatu hari di akhir bulan Juli, mas Udi diundang rapat RT untuk persiapan peringatan HUT RI. Ternyata mas Udi dikasih amanah untuk pegang pembinaan anak2 remaja. Jadilah..
Sesudah rangkaian acara kerja bakti, bikin gapura, bazaar, lomba, sepeda hias...hari ini adalah adalah acara puncak dari rangkaian acaranya...yaitu Malam Keakraban..

Anak-anak remaja ABG umur 9 -12 taun udah 'direkrut' dan dilatih operet sama mas Udi sebagai penyusun skenario merangkap pengarah gaya..hihi..(tentu aja dibantu aku dong..)sepanjang libur 17-21 Agustus lalu..sampe banyak ortu yg mengaku anak2nya ngga mau diajak pergi liburan karena ngga mau ketinggalan latihan..Photobucket - Video and Image Hosting

Memang pada awalnya, susaaahhh banget bikin mereka kompak dan mau 'goyang'..tapi mas Udi punya cara sendiri yang akhirnya malah bikin anak-anak ini keasikan dan ngga mau pulang, pengennya latian terusss....hahaha...

Well, ok..
latihan baru selesai jam 4, dan anak2 disuruh pulang istirahat dulu, dan kumpul lagi nanti jam 7 malem..

Abis latihan, aku sama mas Udi ngecek ke panggung..
Huahua...soundsystem belum dateng ! Mas Udi udah siap dengan 'plan B' alias bawa sound system sendiri, seadanya..
Tapi untunglah, akhirnya mereka dateng juga jam set 6 sore..
Masalah baru...mereka ngga bawa stand mic...Photobucket - Video and Image Hosting
Dah, aku ngga ikutan deh...mas Udi aja yang 'ngomelin' operator sound nya...
alhamdulillah, akhirnya bisa beres juga sebelum acara dimulai..

Jam 7 malem

Anak-anak udah pada ngumpul lagi..
Direview dan briefing sebentar, langsung berangkat ke lokasi.

Inilah penampilan mereka...

Vocal Grup

Photobucket - Video and Image Hosting

Ngga nyangka ternyata anak-anak remaja ini semua punya potensi tersembunyi...
Semuanya remaja...Budi & Angga main gitar, Gilang main keyboard...
Suara Maya yang bening dan belum pernah ikut les vocal, bergantian dengan suara biola nya Tiara & Idhan yang mendayu-dayu di lagu "Ibu Pertiwi"...

...oh, lihat ibu pertiwi sedang bersusah hati...air matanya berlinang...mas intan yang terkenang...hutan, gunung, sawah, lautan..simpanan kekayaan...kini ibu sedang lara...merintih dan berdoa..

...oh, lihat ibu pertiwi...kami datang berbakti...lihatlah putra putrimu..menggembirakan ibu..ibu kami tetap cinta..putramu yang setia...menjaga harta pusaka...untuk Nusa dan Bangsa...

ngga kerasa, bikin mataku berkaca-kaca...
dan yang nontonpun ikut hening...

Operet remaja

menceritakan tentang perjuangan remaja hari ini melawan pengaruh negatif lingkungan...
Remaja yang masih banyak yang malas, miskin cita-cita, terlibat narkoba dan tawuran...

Operet dibuka dengan lagu Astaga nya Uthe..liriknya pas banget dengan kondisi remaja sekarang...

begitu banyak rintangan harus kuhadapi,
mengapa kau diam saja tak berdaya,
belia usia masa yang paling indah...kau tampak tak bergairah..


astaga...apa yang sedang terjadi...astaga..hendak ke mana smua ini..
bila kaum muda sudah tak mau lagi peduli..
mudah putus asa, dan kehilangan arah...

Lalu dilanjut dengan lagu Pemuda, lagu Chaseiro jadul yang diaransemen ulang untuk anak2 AFI. Lagu pemuda dipakai waktu frame yg menggambarkan anak2 tawuran dan terlibat narkoba..

Abis itu, bangkitlah generasi muda dengan...Bangun Pemudi Pemuda nya Coklat...
Di frame ini, narkoba yang berjaya dihancurkan...salah satu frame favorit penonton ternyata Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting

Sesudah bangkit dan bersatu, remaja ngga lupa untuk bersyukur...
Diawali dengan Farah yang membacakan doa..
"Ya Allah, ya Tuhan kami..sungguh besar nikmat, rahmat dan rahim yang Engkau berikan kepada kami...Segala puji kami panjatkan kepadaMu, ya Allah..tunjukkanlah kami jalan yang benar...Amin ya robal Alamin.."
Disambung puisi dan doa nya Maya..
"MERDEKA ! 61 tahun kita merdeka..waktu yang cukup panjang bagi ukuran dunia...inilah waktunya kita bercermin...melihat apa yang telah kita perbuat dan mengambil hikmah daripadanya...Semoga di masa yang akan datang kami dapat berbuat lebih banyak lagi bagi Nusa dan Bangsa...Amin ya robbal alamin..."

Photobucket - Video and Image Hosting

disambung Idhan yang terakhir..
"Takkan kusia-siakan...takkan kusia-siakan lagi waktuku yang begitu
berharga...akan kuisi dengan manfaat bagi masyarakat...bangsa...negara...dan dunia !"

Bisa dibayangin suasananya...
Dengan lilin di tangan, dan bendera merah putih dikibarkan di belakang..
Diiringi lagu Syukur , dan penampilan ekspresif dan khidmat dari anak-anak ini..
"Mengharukan ya, bu" kata Budi...lagi-lagi mataku berkaca-kaca...

Alhamdulillah...penampilan malam itu lancar semuanya..
Aku sendiri takjub ngeliat penampilan mereka...
Insya Allah memberi manfaat untuk para remaja nya untuk bangkit dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa depan...karena mereka adalah tumpuan harapan kita untuk masa depan bangsa Indonesia yang gemilang...

Sampai sekarang temen2 masih suka komentar kalo ketemu di jalan..
"Kemaren acara operetnya kereeen banget !!"
duh, alhamdulillah...Allah memudahkan semuanya..

Meskipun cuma sedikit yg udah kami lakukan, tentu aja buat kami berdua, berhasil melakukan ini semua memberikan rasa nikmat yang luarbiasa..
jadi maklum aja kalo ceritanya jadi panjang..Photobucket - Video and Image Hosting

1 comment:

  1. whoaaa kebayang mengharu birunya mba ...

    kmrn pas shafa ama temen2nya nyanyi 17Agt end lagu gebyar2 aja jg merinding bgt mb ....

    smoga generasi muda akan lebih baik lagi ya, amin

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...