15 August 2007

Hiduplah Indonesia Raya !

Pertama kali baca berita bahwa lagu kebangsaan Indonesia Raya versi asli ditemukan oleh Oom Roy Suryo, saya ngerasa bingung apanya yang aneh sih karena dari jadul kecil itu saya taunya lagu Indonesia Raya memang terdiri dari 3 stanza.

Tapi positifnya, saya jadi buka-buka lagi buku "Mari kita bernjanji" peninggalan eyang di tahun 1947 yang memuat partitur dan lirik lagu Indonesia Raja itu, dan lebih memperhatikan liriknya.

Menariknya, menurut saya, lagu yang berkat pak pakar itu kemudian menjadi kontroversi memuat lirik yang seharusnya kita renungkan...

Stanza pertama "Marilah kita berseru Indonesia bersatu !"

Lah, kenapa kok malah terjadi 'perdebatan', perlu atau tidaknya lagu Indonesia Raya diubah kembali menjadi 3 stanza.

Sebagai pembina pramuka, saya harus 'menguji' anak-anak binaan saya untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya di depan publik sebagai salah satu syarat untuk memperoleh tanda kecakapan umum.

Dan percaya atau tidak, ngga semua anak ternyata bisa dengan hafal menyanyikan lagu kebangsaannya yang panjangnya 'hanya' 1 stanza itu...
Alasannya "Di sekolah ngga ada upacara"

Nah, lalu, gimana kalau lagu kebangsaan Indonesia menjadi sepanjang 3 stanza ?
Mungkin jadi lipsync aja kali ya..

Yah, gimanapun...
Menjelang peringatan hari kemerdekaan negara kita tercinta ini, yuk kita merenung apa yang bisa dan sudah kita perbuat untuk kemajuan bangsa.

Dan mendoa seperti yang tertulis dalam lirik di stanza kedua lagu Indonesia Raya..

Marilah kita mendoa "Indonesia bahagia !"
Suburlah tanahnya, suburlah jiwanya, bangsanya, rakyatnya semuanya
Sadarlah hatinya, sadarlah budinya
Untuk Indonesia Raya !

Dirgahayu tanah airku tercinta
Selamat merdeka ke 62 tahun

16 comments:

  1. hafizhku udah tak suruh hapalin mbak, skrg udah hapal tapi yang 1 stanza aja, udah boleh dapet TKU ya mbak :D

    "selamatlah jiwanya
    selamatlah putranya
    pulaunya lautnya
    semuanya.."

    amiin... :)

    ReplyDelete
  2. er.. emang sekarang gak ada upacara yah di sekolah ??
    koq tadika puri di blok C ada upacara, tp gak tau jg sih pada nyanyi lagu indonesia raya ato gak.. soale pas lewat biasanya ibu pembina upacara lg ngasih wejangan :)
    btw, gak seru ah gak ada upacara lg... gak ada hari khusus kena hukum krn telat, lupa pake dasi, pake topi.. duh, di depok sekolah mana ya mba yg masih pada upacara tiap seminggu sekali..

    ReplyDelete
  3. Prihatin ya Mbak... :9
    Untung di sekolah Bianca masih selalu diadain Upacara Bendera, jadi Indonesia Raya masih selalu dikumandangkan :D

    BTW, Oom RS itu masih pakar IT ya? Kirain udah berubah profesi jadi selebriti :D

    ReplyDelete
  4. yang penting besok merdeka !

    ReplyDelete
  5. Waduh baru tau kalo lagu indonesia Raya terdiri dari 3 stanza....
    Padahal 1 Stanza aja udah kepanjangna ya mbak..he.he.heh.aku aja kadang kalo lg gak konsen mesti mengulang ulang loh.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Merdekaaaa !!!!

    sukses ya mba latihan besok dan acara hari minggu-nya, sedih nih gak bisa ikutan (insyaAllah jadi trainingnya) :(

    ReplyDelete
  8. merinding deh baca liriknya... prihatin banget ya anak2 kok ada yang ga apal ama lagu kebangsaan sendiri..

    ReplyDelete
  9. Tadi (Kamis, 160807) saya sempat mendengarkan Indonesia Raya 3 Stanza, yang di nyanyikan koor remaja di Univ. Paramadina. Jujur saja ; versi tiga stanza lebih menggugah rasa patriotik, semangat kebangsaan bergolak.
    Dan wajar kalau "3 stanza" ini diperdengarkan, supaya anak cucu tahu sejarah lagu Kebangsaan-nya.
    Dirgahayu Indonesia-ku.

    ReplyDelete
  10. tanggung jawab jd pembina pramuka berat juga ya Lit...salut sampe cari buku referensi segala utk konfirm liriknya segala...

    masalah 1 ato 3 stanza...sebenernya gmn penjiwaan kita waktu nyanyiin nya aja kan?

    ReplyDelete
  11. koment ini juga cukup satu stanza... :) merdeka!

    ReplyDelete
  12. kalau harus nyanyi tiga stanza, keknya kepanjangan ya...

    ReplyDelete
  13. Waaah..mbak Lita betul2 nasionalis sejati...salut !!!

    ReplyDelete
  14. saya setuju Bun, waktu SD dulu emang kita belajar yg 3 stanza, kok sekarang jadi masalah ya... aneh pisan...

    ReplyDelete
  15. Mbak, waktu lagi IR diributin, aku malah heran..kok si Oom itu telat..kemana aja dia waktu sekolah dulu..he..he..,
    cerita dikit deh, waktu hari pertama ayra masuk sekolah..gurunya bilang; ayo, kita nyanyi berkibarlah benderaku.., anak2 nggak ada yg ngeh :D, terus anak2 dikasih beberapa lembar lagu2 mars utk dipelajari dan dihapal tentunya, -berhubung aku baru nyemplung lagi di SD- lagu2 mars itu rata2 satu bait..nggak ada dlm 2 minggu anak2 dah hapal termasuk ayra. Aku kan ikutan nyanyi bareng ayra tuh..sampai menghapal..ee..kok keingetan jaman sekolah, jadi ada bbrp lagu yg aku nyanyin lengkap, sampai ayra tuh bilang gini; mamay kok lagunya panjang banget..?

    ReplyDelete
  16. Wah..dari jaman saya SD dulu..tahun 1975 an, udah diajarkan 3 stanza,bahkan di buku kumpulan lagu Nusantara sudah ada ketika itu.
    Tapi yg sering di pake sih.. 1 stanza itu aja.
    Tapi yg penting..semoga kemerdekaan yang kita raih selalu di isi dengan sesuatu yang bermanfaat buat bangsa dan negara. Hapuskan KKN, ketidakadilan...dll. Iya kan mbak Lita

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...