27 December 2012

KeJar ilmu dari Komunitas Depok Photography

15 Juni 2012
Sinar matahari yang baru mulai menghangat di pagi hari Sabtu itu ikut menyemangati langkah kaki ku untuk datang berkumpul di pinggir danau halaman perpustakaan Universitas Indonesia.

Pagi itu adalah hari pertama kelompok belajar ( KeJar ) fotografi batch 2 yang diadakan oleh Komunitas Depok Photography. Salah satu kegiatan dari segudang kegiatan komunitas ini.

Fotografi memang menjadi salah satu yang saya suka sejak lama. Maksudnya, saya menikmati melihat foto2 yang 'bagus', dan ingin suatu saat bisa membuat foto yang 'bagus'. Tapi selama ini belum pernah sempat mengambil kelas fotografi, dan lebih sering moto ngasal menggunakan kamera saku atau menjadi 'talent model' suami...haha..

Kesempatan itu secara kebetulan saya dapatkan ketika booth Komunitas Depok Berkebun mendapat lokasi yang berdekatan dengan Komunitas DepHot dalam kegiatan Depok Community Festival 2012 di bulan Juni.

And here I am....bertemu dengan teman-teman baru yang masing-masing sudah membawa gear layaknya fotografer, sementara saya hanya membawa kamera digital saku Canon IXUS pink saya. Tapi itu tidak menyurutkan semangat saya, seperti yang dikatakan mas Didi & bang Ramon waktu itu "ngga perlu malu dengan camera yang kita punya. Kita bisa membuat foto bagus dengan kamera apa saja, ngga musti DSLR"...agak lupa persisnya, tapi kira-kira seperti itu..

Sesi pertama, diisi dengan perkenalan dan menjawab pertanyaan tertulis untuk memberi gambaran kepada pengajar sejauh mana pengetahuan masing-masing peserta mengenai fotografi. Mas Didi dari Didi Martaditia Photography sebagai pengajar utama membahas dengan gaya yang seru dan menarik apa itu fotografi dan jenis-jenis kamera.

Pertanyaan pertama saya waktu itu adalah gimana sih cara memilih kamera ?

Jawabannya : Tergantung kebutuhan masing-masing. Kebutuhan seorang fotografer profesional tentunya berbeda dengan kebutuhan saya yang moto untuk hobby dan dokumentasi pribadi. 

Kejar 1, Kejar 2 DepHot
Peserta nya masih muda2 yaa...Gani malah usianya lebih muda dari anak saya..hehe..saya memang peserta yang paling senior dari segi usia...tapi tidak ada kata terlambat untuk mulai belajar hal baru kan ? :)

Dalam 5 sesi yang diadakan tiap sabtu berikutnya, saya belajar tentang cinta segitiga...eh, itu istilahnya Febri si ketua angkatan...haha..maksutnya trilogy photography (diafragma, apertureshutterspeed ), panning, freezing, zooming, komposisi and rule of third, white balance, flash and strobist dengan membawa kamera digital prosumer Konica Minolta jadul punya suami.


belajar panning dengan
kamera digital Konica Minolta DImage
belajar freezing dengan
kamera digital Konica Minolta DImage
suasana belajar strobist, dok : Tri Ari
Dari semua teknik yang dipelajari, hanya teknik zooming dan strobist yang tidak bisa dilakukan dengan menggunakan kamera digital saku atau kamera prosumer.

Sesi terakhir adalah kegiatan hunting untuk merapkan apa yang sudah dipelajari selama workshop. Kami peserta kejar 2 memilih hunting naik KRL ke kota tua maksudnya supaya bisa sekalian belajar street photography & human interest. Alhamdulillah di sesi terakhir itu saya membawa mirrorless digital camera Sony NEX-5N yang ringan untuk selalu saya bawa kemana-mana, pilihan suami yang selalu mendukung semua kegiatan saya.

Red Squad
Salut dan terimakasih saya yang sebesar-besarnya untuk teman2 dari Komunitas Depok Photography terutama mas Didi dan bang Ramon yang berkenan dengan sukarela ikhlas membagi ilmunya. Insya Allah bermanfaat banget dan menambah semangat saya untuk belajar membuat foto...


Kejar batch2, dok : Tri Ari
Salam jepret ! ^^

25 comments:

  1. ahhhh saluttt buat bunda Lita, keinginan terpendam juga nih bun, kapan2 semoga bisa ikutan gabung ya bun (aamiin).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...kapan2 hunting bareng yuk bun...^^

      Delete
  2. Replies
    1. salam jepret...makasi udah mampir...hehehe...

      Delete
  3. Mau donk kak ikutan kebetulan deket-deket situ juga, tapi gak punya kamera :(

    ReplyDelete
  4. Fotonya yang motor keren, ko bisa fokus gitu ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kameranya ngikutin motornya...heheh...

      Delete
  5. Foto lavitasinya bagus juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi udah mampir mas Alris..:)
      itu foto freezing aja, blum sampai levitation kayaknya..

      Delete
  6. bedanya freezing sm levitasi emang apa mbak? btw, acaranya asik mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, asik banget mba myra..:)

      beda nya kalau freezing cuma 'beku' di udara, kalau levitasi bekunya udah lebih ber'konsep'...begitu katanya, mba...hehe..cmiiw

      Delete
  7. mau ikutan gabung mba.. ^^ gimana caranya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gabung di grup FB nya bunda Mima, nanti info2nya ada di sana :)

      Delete
  8. keren.. hasilnya udah kayak fotografer profesional nih hehe... minimal menurut saya yang awam, bagus semua !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...masih harus banyaaaaak belajar nih, mas...makasi banyak udah mampir & menyemangati...:)

      Delete
  9. Interesting blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?
    A theme like yours with a few simple tweeks would really make my blog jump out.
    Please let me know where you got your theme. Appreciate it
    Here is my web page prewedding photo

    ReplyDelete
  10. Keren ... saya ikutan Kejar 3 neh bu, berarti saya adek kelasnya donk .... ha ha ha ha ,,,,, mantapsss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallooo....haiiii...bang Utcok ! Salam jepret...cekrek...hehe...
      Yang rajin masuk kelas ya...:D

      Delete
    2. Oke mbak .... trimakasih ....

      Delete
  11. wah,, seru banget tuh kayaknya ngumpul ngumpull

    ReplyDelete
  12. Mau gabung saya..gimna ya cara nya supaya kenal kalian

    ReplyDelete
  13. wahhh mba dita punya blog juga ternyata, boleh dong mba, review web aku

    www.alienco.net

    salam kejar

    ReplyDelete
  14. Ka klo mau gabung dengan komintas ini gimana ya registnya, tpi saya newbee hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gabung di grup FB nya aja. Depok Photografi

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...