11 May 2008

Manfaat belajar musik untuk anak


Beberapa waktu lalu seorang sahabat blogger menanyakan manfaat belajar musik bagi anak. Hmm, pertanyaan yang menarik...

Dari banyak literature yang pernah saya baca, berdasarkan penelitian, mendengarkan musik saja mempunyai banyak manfaat, yaitu : dapat mengarahkan perilaku positif, sebagai therapy mencegah dan menyembuhkan penyakit, juga meningkatkan kreativitas dan intelligensia.

Bagaimana kalau belajar memainkan instrument musik ?

Monty P.Satiadarma, seorang praktisi psikologi yang juga pemain musik dan memperdalam ilmunya dalam bidang Art Therapy menuliskan beberapa data temuan dalam bukunya :

“Habermeyer ( 1999 ) mengemukakan adanya sejumlah temuan ilmiah spt berikut :

Seorang peneliti, Donald Hodges, mengemukakan bahwa..
bagian otak yang dikenal sebagai planum temporale dan corpus callosum memiliki ukuran lebih besar pada otak musisi jika dibandingkan dengan mereka yang bukan musisi
Kedua bagian ini bahkan lebih besar lagi jika para musisi tsb belajar musik sejak usia yang masih sangat muda yaitu di bawah usia 7 tahun. Gilman dan Newman ( 1996 ) mengemukakan bahwa planum temporale adalah bagian otak yang banyak dalam proses verbal dan pendengaran, sedangkan corpus callosum berfungsi sebagai pengirim pesan berita dari otak kiri ke otak kanan dan sebaliknya. Perbedaan ukuran pada kedua bagian otak ini lebih tinggi pada mereka yang dikategorikan sebagai musisi, dibandingkan dengan mereka yang bukan musisi.

Hal ini juga memberi pengertian bahwa latihan musik memberikan dampak tertentu pada proses perkembangan otak. “

“Dr. Gottfried Schlaug dari salah satu RS besar di Boston mengemukakan bahwa...
musisi laki-laki memiliki ukuran otak yang lebih besar jika dibandingkan dengan laki-laki yang bukan musisi
Dr. Schlaug memperoleh data bahwa bagian otak musisi laki2, khususnya pada daerah yg dikenal sbg cerebellum yg mencakup 70% dari seluruh saraf otak, berukuran 5% lebih besar dari mereka yang bukan musisi. Ia merasa yakin bahwa terjadinya perbedaan besaran otak ini ditimbulkan oleh adanya proses latihan musik yang berkesinambungan.

Khususnya bagi para pemain musik, latihan ketrampilan memainkan alat musik tertentu memberi pengaruh pada pertumbuhan ukuran cerebellum.”

“Dr.Frank Wilson, seorang professor dari Fakultas Kedokteran Universitas California mengemukakan bahwa...
belajar musik akan meningkatkan perkembangan otak dan seluruh system saraf
Di samping itu, iapun mengemukakan bahwa ada sejumlah saraf motorik yang berkembang secara spesifik hanya karena adanya proses latihan bermain musik.”

“Begitupun dengan pendapat Dr. Jean Houston dari Foundation of Mind Research memiliki keyakinan bahwa...
pendidikan musik membantu perkembangan ketrampilan anak di dalam kemampuan membaca, menulis dan matematika
~ o00o ~

Orangtua saya memang mengirim 3 dari 4 anaknya untuk belajar musik waktu kami masih di usia SD dulu. Kakak-kakak saya belajar gitar klasik dan saya belajar piano klasik.

Kemudian mereka ( kakak2 saya ) lulus kuliah dengan judicium Cum Laude, menjadi lulusan terbaik di fakultasnya, menjadi dosen dan mendapat beasiswa melanjutkan sekolah ke LN.

Apakah itu karena mereka belajar musik waktu kecilnya ?
Saya betul-betul tidak tahu apakah memang benar ada korelasinya.

Tapi, kalau menurut saya pribadi...
manfaat dari belajar musik tentu saja adalah menjadi bisa memainkan alat musik
Dan menguasai suatu ketrampilan ( apapun ketrampilannya itu, termasuk bermusik ) akan memberikan banyak manfaat sebagai bekal di kemudian hari.

Buat saya pribadi, belajar musik waktu kecil dulu sangat bermaanfaat karena sekarang saya dapat berbagi ilmu dari penguasaan ketrampilan itu.

Ada yang punya pengalaman mengenai belajar musik ?
Yuk, kita berdiskusi..

Gambar diambil dari sini

25 comments:

  1. saya punya pengalaman dengan anak, kayanya semakin saya paksa semakin dia ogah ogahan..

    ReplyDelete
  2. Tiada hari tanpa dentingan piano, ya khan ? Kalau buat saya yang pasti suara musik adalah untuk pengantar tidur, maka nyenyaklah tidur dan mimpipun penuh dengan warna.

    Kapan2 mau request ah, mau dengar Lita bermain piano :)

    ReplyDelete
  3. saya pernah belajar musik angklung waktu kelas 3 SD.. (walah bisa diajak diskusi ga ya?) xiixiiixi...

    ReplyDelete
  4. sangat bagus jika mengajar kanak2 tentang musik dari kecil.

    saya memang minat musik tapi tak tahu main(just a few)

    ReplyDelete
  5. Musik itu mirip kopi, selain nikmat juga bisa bikin kecanduan... *hayah ngomong opo aq :D

    ReplyDelete
  6. Sekarang sih aku baru bisa merasa bersyukur karena at least bisa memainkan piano, meskipun belom secanggih Bubi Chen. Tapi dulu pas di-les-in ama Papa Mama, wuah malesnya minta ampun! Ogah-ogahan gitu. Kayak anaknya Iman Brotoseno, mb. hehe ...

    Yang jelas, menurutku sih seseorang yang mempunyai kemampuan bermusik, outputnya beda dibanding yang enggak. :)

    ReplyDelete
  7. btw, udah tau kan ya kalo aku dan m'Agus sekarang pindah ke Seoul dan nggak tinggal di Bandung lagi? Dan sekitar awal atau pertengahan Juni nanti, adeknya Kayla juga bakal lahir. Mungkin mo ngelahirin di Seoul aja, mb. Biar tar adeknya nggak ngiri ama kakaknya karena dulu Kayla lahir di Boston. :)

    ReplyDelete
  8. bener juga si mb.. saya juga kalo udah punya anak mau dikursusin musik semua nya..

    ReplyDelete
  9. saya selalu suka musik, anak-anak juga suka musik... dari kecil saya selalu berusaha belajar musik, tapi saya belum pernah berhasil memainkan suatu alat musik. mungkin cerebellum saya beku ya? hahaha...

    ReplyDelete
  10. Terimakasih sekali ibu! artikel yang sudah lama saya tunggu2! sekali terimakasih sekali artikelnya

    ReplyDelete
  11. Iman Brotoseno : semakin saya paksa semakin dia ogah ogahan..

    memang bener tu, mas Iman..anak sy pernah agak sy paksa, tapi akhirnya brenti juga...nyeselnya sekarang, knp dulu ngga dipaksa, katanya..

    gimana tuh ?

    ReplyDelete
  12. Apa jadinya dunia kalo tidak tersentu oleh musik...?

    Menarik ma postingan ini...

    ReplyDelete
  13. Paling muda umur berapa Mbak ? Kalau anak kecil lebih banyak main2 daripada belajar. Kalau nggak minat, wah lesnya ngantuk deh.

    ReplyDelete
  14. Dengar musik sih oke, kalau main musik ga bisa sama sekali. Herannya, Nanin malah tiba2 bisa memainkan doremifasol dengan biola brodol.

    ReplyDelete
  15. Saya yakin seyakin - yakinnya bahwa musik akan sangat membantu anak2 kita untuk meltih berpikir lebih cerdas dan teliti serta membantu mereka lebih tenang, buktinya adalah saya sendiri, says begitu mencintai musik sehingga bisa mendapatkan banyak hal dalam hidup dari kegemaran saya bermain musik, serta satu lagi mereka bakal tidak pernah takut untuk tampil dan menunjukkan kemampuan mereka yang sangat berguna apabila mereka nantinya dewasa, pokoknya musik is the best deh, universal!!

    ReplyDelete
  16. Ngomong soal minimnya jumlah toilet, bukankah di sekitar pulau terdapat toilet yang sangat besarrrrrr lagi luasssss???? :)

    ReplyDelete
  17. Sori Mbak, salah kirim.... (jadi malu)

    ReplyDelete
  18. bu guru tolong lihatin permainan aku dong.... aku udah belajar piano 2 th. tapi mau maju untuk ujian praktek ABRSM grade 1 belum berani. Kalo buat ujian teorinya sih udah bulan Februari 2008 kemarin, ntar Oktober 2008 ujian teori grade 2. Mamaku tuh yang tukang maksa.... he he he...

    ReplyDelete
  19. makasih sharingnya mbak, nambah ilmu lagi aku..

    sekarang ini sih Naila belum terlalu tertarik belajar memainkan alat musik, walaupun dia termasuk pencinta musik seperti ibunya :).

    umur berapa biasanya anak2 mulai belajar mbak?

    ReplyDelete
  20. dik Kresno : bu guru tolong lihatin permainan aku dong.... aku udah belajar piano 2 th. tapi mau maju untuk ujian praktek ABRSM grade 1 belum berani. Kalo buat ujian teorinya sih udah bulan Februari 2008 kemarin, ntar Oktober 2008 ujian teori grade 2. Mamaku tuh yang tukang maksa.... he he he...

    wah, permainan piano kamu bagus kok..yang penting mainnya dinikmati aja, insya allah yg denger juga nanti ikut menikmati..:) sukses ya..

    ReplyDelete
  21. Yanti : umur berapa biasanya anak2 mulai belajar mbak?

    biasanya sih...anak2 mulai belajar instrumen piano dari umur 5 tahun deh. Kalau lebih kecil masih belajar rhythm dan pengenalan musik dulu..

    ReplyDelete
  22. anak saya belajar di kelapa gading tepatnya di cadenza musik, itu karena ngeliat profilnya clarissa tamara yang pemain biola cilik.

    akhirnya anak2 saya yang lain ikutan les juga di sana. jadi sepertinya kita harus memotivasi anak dengan memberikan contoh atau figur anak lain, supaya bisa terdorong untuk maju

    ReplyDelete
  23. Saya setuju dengan pendapatnya mbak.saya seorang guru musik di SMP/SMA Krista Mitra, saya selalu mengamati murid - murid antara yang pandai bermain musik dengan yang tidak. Mereka yang pandai bermain musik klasik, prestasi akdemiknya bagus sekali dibanding mereka yang sama sekali tidak suka musik.

    ReplyDelete
  24. Salam kenal Mbak Lita. Kebetulan ku tinggal sekompleks sama mbak.. sealmamater dengan mbak dan anakku juga kursus piano di Sonora.. :).
    Kalau saya melihat manfaat main piano pada anakku, sejauh ini yang pasti anakku menjadi lebih sabar. Awalnya, ngaku nih.. aku agak paksa untuk latihan tiap hari.. 5 menit aja yang penting rutin. Makin ke sini, alhamdulillah anaknya makin menikmati dan sudah tau sendiri.

    ReplyDelete
  25. salam kenal

    Musik adalah menghidupi

    tapi, percayalah jenis musik dapat mempengaruhi dan membentuk kepribadian anak

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...