08 July 2008

Berkemah untuk melatih kemandirian

Sebulan lebih ngga posting ?
Wah, ternyata memang time flies...ini bahasa lain selain faktor 'M' dan internet lelet..hehehe...
Ya, harap dimaklum deh, kalau libur itu jadwal pakai internet di rumah pasti penuh dan ngantri
Tapi, sebenernya juga dari bulan Mei kemarin, jadwal kami memang lumayan padat.
Anak2 ikut Lomba Siswa Berprestasi, Olimpiade Sains tingkat Propinsi, juga sempat ikut seleksi pertukaran pelajar ASEAN...
( ini semua bukan obsesi kami loh, tapi sekolah yang memilih , dan sempat bikin kami berkeringat ...menarik juga, tapi ceritanya kapan2 deh..)
Selain itu ada beberapa kegiatan juga yang harus kami urusi..
ada peresmian gugusdepan ( alhamdulillah, akhirnya diresmikan juga pas tanggal 20 Mei 2008 ), dilanjut mengurusi perkemahan siaga, dan perkemahan remaja se-perumahan griya depok asri.
Berkemah, salah satu cara melatih kemandirian

Perkemahan anak-anak siaga dengan tema "Siaga mandiri, berani dan tidak putus asa" ini adalah perkemahan pertama mereka tanpa kakak-kakak penggalang. Ada 22 anak siaga ( kelas 1 - 4 SD ) yang ikut berkemah di Camping Ground Pasir Mukti.
Beberapa anak masih duduk di TK B, dan baru berumur 5 tahun, dilepas orangtuanya untuk berkemah dengan kami...
can u imagine ?
22 anak dengan sifat dan kebiasaan yang berbeda2. Ada yang memang sudah terbiasa mandiri dan bisa menyiapkan semua keperluannya sendiri, ada yang sudah duduk di kelas 2 tapi masih juga makannya disuapin mbaknya..
Terusterang awalnya kami sempat khawatir...apakah mereka bisa mandiri ? Gimana kalau ada yang malam2 minta pulang ?
Tapi ternyata...
Mereka mampu mengurus diri sendiri...menggendong ranselnya, makan, masak, mencuci peralatan makan, membereskan barang2nya, termasuk juga mendirikan tenda.
Semua mereka lakukan sendiri, dan kebanyakan tanpa bantuan kami para pembinanya.
Mendirikan tenda
Masak sarapan
Mencuci peralatan makan
Berkemah memang salah satu cara untuk melatih kemandirian anak, selain juga untuk mengenal alam lebih dekat dan bersosialisasi...
Foto2 seru yang lebih banyak ada di www.pramukakita.multiply.com . update 2014 : maaf, broken link, multiply sudah tidak aktif :(

15 comments:

  1. cerita tentang pramuka jadi inget sd dulu.... heheh masa trakir saat ikutan pramuka2an...

    ReplyDelete
  2. kemah??? wow... aku mengajak Diki berkemah sejak dia usia 5 tahun, Nanin adiknya malah 3,5 tahun sudah mulai diajak berkemah... Seruu...

    ReplyDelete
  3. Mommy Alya-AshaFriday, July 11, 2008

    wow seru banged...mbak Lit, boleh gak kalo tahun depan insyaallah aku daftarin Alya ikut campingnya bunda Lita?

    ReplyDelete
  4. Jadi teringat kesan seorang anak SD kelas 4 tentang kemah pertamanya di luar kota beberapa bulan lalu, benci saat harus membongkar tenda.

    ReplyDelete
  5. Senasib mbak, selama liburan, kompie di kuasai ma anakku. Masak Jum'at malam sampai hari Minggu jatahku cuma sejam, nggak bisa ngapa2in deh....

    ReplyDelete
  6. saya juga sependapat, berkemah untuk melatih kemandiriaan..

    ReplyDelete
  7. wah, inget pas SD, ketika badge warne ijo, lambang pramuka siaga, tiap 1-2 selalu tidur di tenad yang di pasang di halaman sekola. baru menginjak kelas 4 badge jadi warna merah, naik pangkat jadi penggalang (kalo gak salah). Sejak baru boleh mendirikan tenda di tepi hutan.....!

    ReplyDelete
  8. wah, inget pas SD, ketika badge warne ijo, lambang pramuka siaga, tiap 1-2 selalu tidur di tenad yang di pasang di halaman sekola. baru menginjak kelas 4 badge jadi warna merah, naik pangkat jadi penggalang (kalo gak salah). Sejak baru boleh mendirikan tenda di tepi hutan.....!

    ReplyDelete
  9. wah, inget pas SD, ketika badge warne ijo, lambang pramuka siaga, tiap 1-2 selalu tidur di tenad yang di pasang di halaman sekola. baru menginjak kelas 4 badge jadi warna merah, naik pangkat jadi penggalang (kalo gak salah). Sejak baru boleh mendirikan tenda di tepi hutan.....!

    ReplyDelete
  10. anak2 itu kadang2 emang lebih hebat dari yang bisa dibayangin sama ibunya ya Mbak...
    malah biasanya jadi lebih hebat kalau lagi ga deket2 sama ibunya... :-p

    ReplyDelete
  11. Berkemah, dan acara outbound selalu menyenangkan bagi anak-anak. Sebetulnya orangtua tak perlu kawatir, karena ada orang dewasa yang bertanggung jawab.....dan ini memang untuk melatih kemandirian.

    ReplyDelete
  12. Mommy Alya-Asha : boleh aja, bu..:)
    Fiz : hehehe...iya, masangnya masih enak, mbongkarnya...yanda aja deh...
    Ani : ngalah ya, bun..:))
    Lesca : bener banget ! :D
    Edratna : iya, bener, bu..memang kadang2 ngga berasa kalau ternyata anak2 itu sdh besar :)

    ReplyDelete
  13. mba lita, mau dong ngikutin Nasta (5th) kemping ma bunda lita...
    dia pengen banget nyobain tidur di tenda. suami ku sempet bikin pake selimut, seadanya banget.. tapi dia seneng banget ..

    pengen nyoba bikin tenda di halaman, insyaa allah kesampaian.

    ReplyDelete
  14. Hai, Salam Kenal
    sekedar membagi Informasi tentang penyewaan tenda dan alat-alat camping, pembuatan dan penjualan tenda,
    Berkemah, Camping, kemping, Even, Wisata Alam, Mabim, Outbound Training, Tenda Dome, Tenda Sarnafil atau Tenda Kerucut;
    silakan hubungi kami di http://www.tendaku.net atau http://www.mrcamp.net
    email : tendakubandung@yahoo.com
    thx..

    ReplyDelete
  15. Waktu SD dulu, kan, saya Pramuka. Nah, setiap malam minggu selalu minta dibikinin kemah sama kakek di depan rumah beliau. Dengn syarat, harus ada yang jagain. Soalnya, setiap mau kemah, selalu ditakut-takuti

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...