29 July 2012

Kebun Kotak & Kids Farming di Kebun Gridea

"Mbak, Kelvin putranya bu Wawat mau ikut nanam di kebun kotak, masih ada kotaknya ngga ?" begitu bunyi sms dari ibu RW yang saya terima sore menjelang maghrib hari Minggu lalu.
Sudah 3 bulan berlalu sejak kebun Gridea diaktivasi oleh anak-anak Gridea yang menanam bayam dan kangkung pada Hari Bumi 22 April 2012.

Hari Minggu 15 Juli 2012 para sahabat Gridea berkumpul lagi untuk panen bayam dan kangkung organik yang kedua kalinya sekaligus mengaktivasi salah satu program kegiatan di kebun Gridea yang dinamakan 'Kebun Kotak'.

Apa sih 'kebun kotak' itu ?

Sesuai namanya, kebun kotak adalah lahan berukuran 1x1 m2 yang 'disewakan' kepada siapa saja yang berminat untuk berkebun tetapi mempunyai keterbatasan lahan di rumahnya ataupun yang hanya ingin belajar berkebun bersama. Biaya sewanya hanya 10ribu rupiah saja per bulan, sudah termasuk penyediaan bibit, pupuk, perawatan, klinik berkebun sampai penghasilan panen.

Seru kaan ? ;)
dan memang peminatnya cukup banyak...

Di hari launching itu sudah ada 7 pekebun kotak yang kami sebut sebagai pecinta kebun yang datang menanam caisim, selada, jagung, bayam merah, dan juga cabe rawit. Mereka yang datang hari itu bukan dari perumahan Griya Depok Asri, tapi dari Cibubur dan Pasar Minggu...wow, luarbiasa semangatnya !

belajar menanam selada
Hari Minggu berikutnya, jumlah pekebun kotak bertambah menjadi 19 ( full ! ) dengan ibu2 PKK dan anak2 Gridea - termasuk Kelvin yang akhirnya datang terlambat.

Anak2 Gridea datang untuk ikut salah satu program kegiatan yang diadakan Kebun Gridea yaitu Kids Farming yang dipandu oleh Kak Syarif dari Komunitas Saka Wanabakti dan Kak Eko dari Komunitas Depok Berkebun.

Hari itu, Fira, Tata, Fitri, Tika, Laras, Hafiz, dan si imut Aisyah datang untuk belajar menanam jagung.

Kalau jagung semua anak pasti udah tau bentuknya dan pernah makan. Tapi gimana siih cara menanamnya ? Trus kayak apa yaa bentuk pohonnya nanti ?

Yuuk ikut kak Eko belajar menanam jagung...:)

Pertama, tanah yang sudah digemburkan dan diberi pupuk kandang oleh kak Syarif diberi lubang2 yang sama besar dan berjajar rapi. Dalamnya sekitar 3 cm.

Kedua, tanah disiram lagi dengan air yang sudah dicampur humat/ pembenah tanah dan pupuk cair.

disiram pupuk
Ketiga, Tata membagikan biji jagung ke teman2nya untuk ditanam di lubang tadi. Masing2 lubang cukup diisi 1 biji saja.

Keempat, tutup lubangnyaaa...dengan semangat anak2 menutup semua lubang yang sudah berisi biji jagung...:) 

Si imut Aisyah menutup lubang isi benih jagung
Terakhir, jangan lupa disiram lagi yaaa...

hafiz bisa menyiram sendiri 
Bismillah..mudah2an tumbuh dengan subur ya nak...insya allah 3 bulan lagi kita bisa panen jagung ! ^^

Sesudah menanam jagung, anak2 ternyata pengen ikut juga menanam sayuran di kebun kotak. Mereka ingin memilih lahan, memilih bibit sayurnya dan menanamnya sendiri.

laras asyik menanam di kebun kotak
Waah suasana di kebun Gridea hari itu heboh banget dengan semangat dan keceriaan anak2...ada yang menanam tomat, bayam, cabe, dan terong...hihi, yang ini request dari ibu-ibu di perumahan Gridea ^^

Seru yaa...gimana di daerahmu ? sudah berkebun juga belum ? yuuk ^^

17 comments:

  1. di tmp saya gak ada.. padahal kayaknya asik ya mbak, kegiatan yg mengasyikan juga utk anak2.. bermain sambil belajar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bener...'berkebun bikin hepi'

      dan sebenernya ada banyak hal yang dipelajari dari kegiatan berkebun..:)

      coba berkebun di rumah bun ;)

      Delete
  2. Wah main kesini ternyata asyik,..banyak info lingkungan

    ReplyDelete
  3. Mba Lita...kegiatannya sungguh menginspirasi sekali, Seandainya di komplek kami bisa seperti itu...Kapan2 mau main kesana ahh.....daerah mana mba grideanya, maksudnya blok apa?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuuk main sini mba Dessy...ikutan nanem atau panen bareng...:)
      Gridea nya di blok E mba...

      Delete
  4. Wah nyenengin banget. Aku penggemar berat berkebun tp skrg lg break krn pindah2 rumah terus. Keren bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mudah2an bisa cepet berkebun lagi ya mba Lusi.
      Makasi sudah mampir...;)

      Delete
  5. wah, kapan ya bisa berkebun????

    susah kalau masih tinggal di rumah orang ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di pot ? Atau ikut komunitas Indonesia Berkebun ? ^_^

      Delete
  6. asli!!! nii penting banged nii tuk 5-10 tahun kedepan.. soalnya.. berita punya berita, nanti tatkala teknologi lenyap.. yg tinggal hanyalah apa yg kita tanam hari ini ;)

    ReplyDelete
  7. Inspiratif sekali bunda lita.

    Sayang saya tinggal di ruko, nggak ada tanahnya.
    Apa saya buat bawa tanah ke lantai atas yah :)

    ReplyDelete
  8. Wow ... semoga jagungnya tumbuh subur.

    Nanti bagi-bagi jagung bakarnya ya ... hehe ... =D

    ReplyDelete
  9. ih lucu ya ada kebun hanya 1x1M2..ditanami apa tuh jeng ?
    Mufah2an tanamannya aman dan terkendali
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...