12 April 2007

Asiknya latihan pramuka

Alhamdulillah, akhirnya kami bertemu dengan teman-teman yang punya visi sama dalam pembinaan anak dan berkenan meluangkan waktunya terlibat dalam pembinaan pramuka…

Bunda Ita dan Bunda Lilik di mata saya memang adalah orang-orang hebat yang bisa dibilang ‘lahir’ dari pendidikan kepramukaan waktu kecilnya.

Menjadi Pembina pramuka buat saya memang sesuatu yang menyenangkan.
Setiap minggu bertemu dan bermain dengan anak-anak yang potensial.
Mereka cerdas, kritis, dan bersemangat..

Mereka kritis, coba simak cerita ini..
Di salah satu latihan, bunda Ita pertamakalinya datang sebagai Pembina.
Pakai seragam Pembina pramuka baru, tapi pakai celana panjang.
Baru datang, langsung ditanya sama Icha..

Icha : “Bunda kok pakai celana panjang ? aku aja harus pakai rok. Padahal aku kan ngga suka pakai rok”

Nah lho..

Bunda Ita dengan sabar menjawab:”Iya, bunda pakai celana panjang karena roknya ngga cukup, kekecilan”

Icha : “Berarti bunda gendut dong”

Hehe…pelajaran pertama…
Pembina adalah teladan untuk anak-anak.
Kita ngga mungkin menyuruh anak melakukan sesuatu yang kita sendiri ngga mampu melakukannya…

Gimana ngga asik jadi pembina, coba aja simak cerita ini…
Minggu yang lalu, anak-anak siaga belajar “Dwi Satya” dan “Dwi Dharma”
Aku dan teman2 pembina berdiskusi dengan anak-anak..
Dwi Satya : "Aku berjanji melaksanakan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan RI"
Bunda : “Apa sih maksudnya melaksanakan kewajiban thd Negara ?”
Siaga :” Ngga tauu..”

Haha…itu memang jawaban paling gampang…

Bunda : “Ok, bunda sekarang tanya…Kalian sehari-hari makan apa ?”
Siaga : “Makan nasiii…”
Bunda : “Nasi asalnya dari mana ?”
Siaga :”Dari beras…dari sawah”
Bunda :”Sawahnya ada dimana ?”
Siaga : “Ada di tanah..”
Bunda :”Ya, ada di tanah…tanah Indonesia…trus makan nasinya pakai apa lauknya ?”
Siaga : “ Pakai ayam goreng..”
Bunda : “Ayam nya sebelum dimasak makannya makan apa ?”
Siaga : “……makan apa sih ? ngga tauuu..” hehehe...
Bunda :”Makan jagung, makan beras” (bener kan ? hihi…ngga pernah liat ayam makan)
Bunda:”Jagungnya tumbuh di mana ?”
Siaga :” Di tanah…tanah Indonesiaaa !!”
Bunda :” Pinterrr semua…jadi karena kita hidup di Indonesia, kita makan dari tanah Indonesia, kita wajib mencintai negara kita, memelihara lingkungannya supaya tetap bersih dan indah…”

Minggu berikutnya…
Ada acara permainan lomba menggambar berantai..
Siaga diminta kak Budi menggambar sapi…
Tadinya pada ngga mau…”Ngga mauuuu…aku ngga bisa nggambar..”

Keluarlah jurus
Dwi Darma :"Siaga itu berani dan tidak putus asa…"
Jadi ngga ada kata ngga bisa…:)

Ayo sebutkan dulu bagian2nya sapi...
“Ada kepala !”
“Badaaaan”
“Ekor”
“Kakiiii”
“Tanduukk” ( eh, memang sapi bertanduk ya ? )

Trus apa yang membedakan sapi dengan kerbau ?
“O iyaaa…kulitnyaaaa”

Jadilah hasilnya seperti ini..



Sapi berkepala manusia… wakakakaka….anak-anak cekikikan sendiri liat gambarnya..

Karena kedua barung sama2 semangat, kak Budi dan kak Yokki belum bisa memutuskan siapa pemenangnya. Perlombaannya dilanjutkan dengan menggambar mobil. Yang paling bagus yang menang..

Inilah hasilnya..
gambar bersama berikut presentasinya..




Mobil masa depan ini ada tombolnya yang ada tulisannya "bandung" jadi dalam waktu 5 detik bisa sampai di bandung. Keliatannya sih kecil, tapi muat 100 orang. Harganya 1 miliar..





Mobil masa depan yang ini tahan terhadap tsunami atau angin puting beliung. Bisa ngebut pakai mesin turbo. Bisa jalan di laut juga. Bisa terbang. Bisa jalan bolak-balik...




Bingung kan siapa pemenangnya ?
Dua-duanya sama-sama hebat !!

12 comments:

  1. pengen liat kak Lita, kak Lilik dan kak Ita pake seragam pramuka, posting fotonya dong mbak... :)

    btw, aku masih hapal loh lagu hymne pramuka, cmiiw ya:
    "kami pramuka indonesia, manusia pancasila,
    satyaku ku-darmakan, darmaku ku-baktikan,
    agar jaya indonesia, indonesia,
    tanah airku, kami jadi pandumu.."

    duh, masih merinding nyanyiinnya..

    ReplyDelete
  2. bener..bener... foto pk bj pramuka donk mba..
    eh mba aku bener2 kangen deh latian pramuka

    ReplyDelete
  3. hihihi iya nih, kayaknya kudu photo bareng ya mb, biar mb ratih terpikat jg ;-)

    btw, suer asyikkk bgt ya bersama2 anak2 pramuka, ketagihan hehehe ...

    ReplyDelete
  4. lucu2 ya anak2, asyik untuk ngilangin stress.. gaul ama anak2. :D

    iya fotonya neh ditunggu? yg pake seragam pramuka.. :D

    ReplyDelete
  5. ya, ya, ya, foto dong:-)
    selamat membimbing tunas2 bangsa ya mba lit, mba it & mba lik:-)

    ReplyDelete
  6. Waduh, mobil 1 miliar kpn bs beli ya? Klo jalan2 bs ngajak org sekampung hihihi :D

    ReplyDelete
  7. Salam Pramuka bunda lita !! wah inget jaman2 masih muda (*hayak kayak skrg saya dah tua*.hehehe), pas ikut pramuka sampe dikirim jambore daerah..selamat y bunda jadi pembina nya.

    ReplyDelete
  8. Wah latihan pramukanya seru banget ya mbak. Sukses selalu buat mbak Lita

    ReplyDelete
  9. tiap baca cerita mbak lita tentang pramuka, pikiran selalu melayang ke masa2 muda dulu... ;-)

    Sukses dengan pembinaannya ya Mbak!
    Indonesia memang butuh2 orang2 seperti Mbak Lita cs...

    Lord Boden Powell pasti tersenyum di tempat peristirahatannya sana... ;-)

    ReplyDelete
  10. Mba', kegiatan pramukanya tambah aktif aja nih..Mau dunk mba' liat fotonya yg lg pake bj pramuka..ditunggu postingannya ya..:)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...