12 April 2007

Demam Dengue

Minggu, 22 April 2007

Mas Budi masih sempat ikut latihan pramuka.
Hari ini acaranya 'team building', jadi mas Budi ikut bantu bikin soal buat anak2 siaga, bikin tanda jejak dan jaga pos.. ceritanya mungkin nyusul aja ya kalo sempat..

Sementara foto narsisnya dulu aja deh yang mejeng..hehe...



Para bunda dengan siaga sesudah perjalanan petualangan...
Meskipun capek dan banjir keringet, anak-anak ternyata masih berenergi untuk main petak umpet sebelum diajak "yuukkk bikin foto keluarga!!"...ck..ck..ck..

keren ngga..keren ngga...?
( kira2 bunda pakai rok atau celana panjang ya..qqq )

Senin, 23 April 2006

Jam set3 sore, aku lagi ngajar waktu ada sms dari Budi..
"Bu, demam lagi nih. Gak tw kenapa, abs maen bola langsung pegel2 terus sakit. Tulang punggung juga pegel2. Sakit apa ya ?"

Aku langsung telpon dia. Ternyata dia masih di sekolah..
Aku bilang sama Budi, akan segera njemput dia di asrama kalau aku udah selesai ngajar.
Tapi Budi sms lagi, "ngga usah dijemput,bu, mau diantar pak mustafa (pengawas asrama)"
Ternyata dia dibawa ke dokter dulu sama pak mustafa...
Diagnosanya "kena virus"

Waduh...kayaknya nyamuk udah kebal 'diasep' ya...
Di kompleks udah 2 kali difogging tapi ya teteub aja bolak-balik ada yang kena demam dengue.

Hari ini keliatannya kondisinya sudah lebih baik. Pesen dokter memang cuma "harus banyak minum" dan kalau 2 hari demam nya belum turun harus cek darah.

Aku tulis deh tentang Demam Dengue siapa tahu suatu saat bisa bermanfaat.

Apa yang dimaksud Demam Dengue ?
Infeksi dengue disebabkan oleh virus. Biasanya muncul dalam bentuk demam. Kadang2 pasien yang menderita dengue akan mengalami pendarahan. Daerah-daerah pendarahan yg umum terjadi adalah di hidung, gusi atau kulit. Terkadang pasien mengeluarkan muntah hitam spt kopi dan juga tinja berwarna hitam. Ini menandakan adanya pendarahan pada pencernaan serius.
Pasien dengue yang disertai dengan pendarahan disebut Dengue Hemorrhagie Fever (DHF) atau Demam Berdarah.
Terkadang penderita dengue akan mengalami shock, ini disebut DSS (Dengue Shock Syndrome).

Kapan kita mencurigai Dengue ?
Dengue harus dicurigai pada saat kita mengalami demam secara mendadak. Demam tinggi sekitar 39-40 C yang disertai sakit kepala hebat (umumnya di dahi), sakit di belakang mata, badan ngilu dan sakit, bercak merah di kulit serta mual atau muntah.
Demam akan terjadi selama 5 - 7 hari. Pada beberapa pasien, panas akan turun di hari ke-3 atau ke-4 tapi hari berikutnya naik lagi. Semua gejala dan tanda2 di atas terkadang tidak timbul pada penderita. Pasien merasa tidak nyaman setelah sakit.

Ada bermacam tipe demam, kapan harus mencurigai Dengue ?
Ciri khas Dengue yang membedakannya dari demam lainnya adalah sakit di belakang mata, nyeri otot, nyeri sendi, dan bercak merah di kulit. Dari tanda-tanda di atas dapat ditegakkan diagnosa kemungkinan terkena Dengue.

Bagaimana pengobatannya ? Dapatkah disembuhkan ?
Seperti juga penyakit virus lainnya tidak ada pengobatan khusus unuk demam dengue.
Antibiotik tidak dapat membantu.
Paracetamol adalah obat pilihan utama untuk menurunkan panas dan sakit sendi.
Obat lain spt Aspirin dan Brufen harus dihindari karena bisa meningkatkan resiko pendarahan. Dokter harus hati-hati ketika memberikan resep obat. Obat yang bisa menurunkan trombosit harus dihindari.

13 comments:

  1. foto Bunda yang sebelah kanan belakang ya??? Gak keliatan bun, pake rok/celana...pastinya pake celana panjang ya Bund..*nebak.com*

    Mas Budi masih demam?? cepet sembuh ya.. jangan lupa banyak minum air putih..

    ReplyDelete
  2. nggak aci! fotonya kekecilan :D

    mas Budi sekarang udah sembuh dong,
    semoga sehat terus ya mas...

    ReplyDelete
  3. Iya Mbak Lit..fotonya kurang diperbesar. Tapi keren kok

    Oya ..gimana kabar Mas Budi, mudah-mudahan cepet sembuh ya.

    ReplyDelete
  4. waduh...moga2 mas budi skrg dah sehat ya....tx alot infonya ya....skrg virus2 emang tambah aneh2 deh....

    btw, mas budi sekolah dimana emang?

    ReplyDelete
  5. @ mama calys : iya, aku yg di sebelah kanan belakang...qta smua pake rok loh..hehehe...

    @ ratih : sengaja fotonya kecil, biar dikau penasaran..:D

    @ nila : mas budi sekolah di sma pribadi..

    tks ya doanya, alhamdulillah mas budi udah baikan, masih istirahat di rumah sih..

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, mas Budi dah membaik. Mudah2an cepat pulih seperti sediakala, amin...

    ReplyDelete
  7. iya nichhh...ga keliatan mbak :((

    aih si mbak mah saya juga rada refot jd jarang nih bw ke blognya mbak...

    mas budi yang sehat yak...

    -rien-
    http://rhandry.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. wah kayaknya mas Budi perlu makan kue bikinan aku nih, hihihi...

    cepet sembuh ya mas...

    ReplyDelete
  9. ya emang gak keliatan pake rok/celana panjang.. :D

    cepet sembuh utk mas budi nya ya..

    memang di India juga nyamuk sedang merajalela, thanks mbak info Demam Dengue nya.

    ReplyDelete
  10. iya betul..., fotonya kekecilan... :(
    semoga mas budi segera sehat kembali ya Mbak... :D

    ReplyDelete
  11. hei mba, daku baru liat photonya skr loh .. soale di kantor ga keliatan photonya hehehe ...

    hihihi iya sih photonya kekecilan ya, so pada penasaran ;-) bagus gitu sih hehehe ....

    buat semua, biar ga penasaran lgs aja minggu pagi liat kita latihan ;-)

    ReplyDelete
  12. hikss...mas budi kok demam-nya bareng pas ayra masuk rs.. :(, sekarang dah sembuh pasti!

    ReplyDelete
  13. foto narsisnya keren kok mba... masih pantes jadi 'kakaknya anak2' :)
    smoga mas budi-nya cepet sehat lagi ya...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...