29 September 2010

Diet kantong kresek

Istilah diet kantong kresek atau diet plastic bag pertamakali saya dengar dari teman-teman Greeneration Indonesia...hehe...lutju juga istilahnya.

Menurut Wikipedia, diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu, jadi boleh deh diartikan diet kantong kresek adalah jumlah kantong kresek yang digunakan oleh seseorang.

Aahh...kenapa sih musti diet kantong kresek ?? kan repooottt....hihi..ayoo, jujur...;-)

Tapi kalau sudah tau kantong kresek itu sulit banget terurai -- bumi membutuhkan ribuan taun untuk menguraikan kantong kresek ( jadi kalau kita buang kantong kresek sekarang, sampai kita dikubur pun kantong kresek itu masih berbentuk kantong kresek...ih, serem ngga sih ? ) -- keterlaluan namanya kalau kita masih juga membuang kantong kresek ke bumi.

Menurut data yang pernah aku baca, sampah kantong plastik yang dibuang di Jakarta aja dapat menutupi 2600 lapangan bola...*mengerikan*

Aahh...tapi kantong kresek dari mart2 sekarang kan sudah biodegradable atau dapat diurai ?

Ya, teteub...berapa puluh taun yang dibutuhkan untuk menguraikannya ? belum lagi waktu saya jalan2 ke Pulau Pramuka melihat penyu2 yang selain menjadi cacat karena terpapar limbah di laut, banyak juga yang mati karena mengkonsumsi kresek yang mereka kira ubur-ubur makanan mereka...huft..

Masih tega ?

Udah tau dong bahayanya kantong plastik kalau dipakai untuk membawa makanan.
Dalam proses daur ulang selain tidak diketahui penggunaan sebelumnya juga ditambah berbagai bahan kimia yang menambah dampak bahayanya bagi kesehatan. Penggunaan plastik kresek beresiko menimbulkan kanker dan kerusakan ginjal, maupun penyakit lainnya tergantung bahan yang dikandungnya. ( tempointeraktif )
Jadi, yuk, kita mulai ikutan diet kantong kresek.... 

Ini beberapa hal yang saya coba lakukan dalam rangka diet :
- tolak kantong kresek kalau belanja, dan bawa tas belanja sendiri.


- jangan lupa bawa rantang kalau niat beli makanan matang
- re-use kantong kresek yang sudah terlanjur ada
- re-cycle kantong kresek, misalnya dengan merajutnya jadi macam-macam barang, tas, wadah dsb


Tas belanja favorit saya adalah tas BaGoes yang imut, keren, praktis, bisa jadi gantungan kunci atau dicantolin di gantungan kunci kamar / rumah jadi pasti ngga ketinggalan kalau kita keluar rumah.

BaGoes yang imut


tapi muatannya banyak
*posting ini gara-gara puyeng ngguntingin kresek yang mau dirajut..hehe*

11 comments:

  1. haduh mba... aku sendiri masih bingung nih buat yg ini, soalnya masih butuh... kyk buat nampung sambah dapur tuh, aku masih pake kantong plastik... huhuhu

    ReplyDelete
  2. ajarin dunk mbak, ajariinn...jadi pengen bisa buat rajutan itu... :D

    btw tu tasnya cantik mbak, beli dimana?? :D

    ReplyDelete
  3. Saya sih sedikit-sedikit sudah mulai menjalankan diet kantong kresek ini, yaitu menolak tawaran kresek di toko dan memilih memasukkan belanjaan saya ke tas.

    tapi kalo disuruh membuat rajutan dari kresek, ampun deh. gak sanggup!! hihihi

    ReplyDelete
  4. kayaknya masih blm bisa diet kantong plastik deh mbk. untuk tempat sampah kalo gak dimasukin ke kantong plastik, sampahnya bisa berantakan ;)

    btw, ini link spike stitch ya mbk http://www.youtube.com/watch?v=jw5W9SnmHB4 semoga bermanfaat ;)

    ReplyDelete
  5. shinta aku sendiri masih bingung nih buat yg ini, soalnya masih butuh... kyk buat nampung sambah dapur tuh, aku masih pake kantong plastik

    iya sih..tapi kalau misalnya sampah dapurnya dibuang ke biopori atau takakura gimana ? :D

    ReplyDelete
  6. diah ajarin dunk mbak, ajariinn...jadi pengen bisa buat rajutan itu... :D

    siiip ;-) udah kutulis step by stepnya di http://catatanlita.blogspot.com/2010/02/membuat-tas-rajutan-dari-plastik-kresek.html

    btw tu tasnya cantik mbak, beli dimana?? :D

    iya cantik ya...kl aku ngeluarin tas baGoes lagi belanja selalu dikomen "ih, lutju yaaa tasnya..GO GREEN !" :)

    belinya ke sini :http://greeneration.org/products

    ReplyDelete
  7. brad Saya sih sedikit-sedikit sudah mulai menjalankan diet kantong kresek ini, yaitu menolak tawaran kresek di toko dan memilih memasukkan belanjaan saya ke tas

    JUARA ! ;-)

    tapi kalo disuruh membuat rajutan dari kresek, ampun deh. gak sanggup!! hihihi

    lagian udah ngga ada kantong kreseknya yg musti dirajut kan, om ? hihihi

    ReplyDelete
  8. linda kayaknya masih blm bisa diet kantong plastik deh mbk. untuk tempat sampah kalo gak dimasukin ke kantong plastik, sampahnya bisa berantakan ;)

    mungkin bisa coba mulai misahin sampah,seperti ini http://catatanlita.blogspot.com/2010/03/perjalanan-menuju-rumahtangga-zerowaste.html

    Sisanya langsung dikasihin ke tukang sampah..hehe...siapa tau berhasil..^_^

    makasiii linknya yaa, Lin..;-)

    ReplyDelete
  9. saya sekarang juga mulai mengurangi penggunaan plastik. meskipun belum bisa total sepenuhnya ga pakai plastik. tapi nyicil dulu dari hal yg kecil, mudah2an ke depannya benar2 tidak tergantung dgn yg namanya plastik.

    oh ya Mba Lita, salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  10. Asik ya mbak klw kita bisa jaga lingkungan hidup,, Saya sangat suka! Smoga sya bisa juga diet kresek sperti mbak,,=)

    ReplyDelete
  11. ...

    Mba Lita ijin baca artikel dan numpang komen ya...
    artikelnya bagus bgt, inspiratif dan memberikan banyak masukan.

    terima kasih.


    thanks .
    admin
    Home Appliances and Home Improvement

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...