18 November 2010

Aktivitas nge-blog

"Blog itu apa sih ?"

*gubrak* sempat kaget juga sih hari gini ternyata masih ada pertanyaan seperti di atas.
Pertanyaan itu datang dari teman2 saya sesama guru musik ketika ada yang memberi selamat pada saya karena salah satu tulisan saya mendapat apresiasi di Lomba Blog Depok

Saya jadi maklum dengan pernyataan "ibu rumah tangga ngeblog itu kan langka" dari seorang wartawan. Meskipun sebenarnya pernyataan itu ngga sepenuhnya benar kalau melihat jumlah ibu rumah tangga yang berpartisipasi dalam Lomba Blog Depok.

Apalagi kalau kita berkunjung ke blog Ibu Maya, Ibu Tami , atau Ibu Ratna para mommies blogger yang bersahabat dan tulisan2nya sangat inspiratif. Wah, saya harus berterimakasih pada panitya lomba blog Depok yang sudah memberi ruang bagi mommies blogger sehingga menambah jumlah kenalan mommies blogger Depok yang menginspirasi banyak hal pada saya.

Kembali ke pertanyaan di atas. Saya jadi ingat pernah melontarkan pertanyaan yang sama pada teman-teman online saya sekitar 4 taun lalu. Dan saya mendapat jawaban bahwa intinya blog itu adalah jurnal.

Kemudian yang terbayang adalah jaman penggalang dulu waktu jadi ketua regu saya terbiasa menulis dan mengajak anggota regu saya untuk mengisi logbook yang isinya catatan kegiatan pramuka kami ( ceritanya ada di WebLog dan LogBook ) .

Akhirnya saya memutuskan mulai membuat blog untuk ayah saya Prof.Ir.Hasan Poerbo (alm)

Tahun 2006 itu, waktu saya mulai ngeblog, rasanya blogging lagi ngetrend, semua teman online saya rata-rata punya blog. Padahal menurut saya, jaman itu ngeblog mah susah. Udahlah bikin kepala saya jadi ngebul karena harus melototin komputer selama berjam-jam untuk membaca HTML nya kalau pengen ganti theme, juga bikin kantong bolong karena akses internet nya masih dihitung waktu.

theme blog favorit saya dulu di awal ngeblog
Beda banget dengan sekarang yang udah jauuh lebih mudah, tinggal 'drag and drop' aja, dengan akses internet unlimited yang cukup bisa dijangkau kantong.

Jadi sesudah 3 taun mengalami pasang surut blogging - ditambah setaun hiatus - , merasa perlu berkomunitas sebagai blogger dan sempat melontarkan pertanyaan di posting blognya Andi Cempluk tentang komunitas blogger di Depok, baru sekarang saya berani menyatakan saya adalah seorang blogger dan hadir di Pesta Blogger 2010 sesudah bergabung dengan Komunitas Blogger Depok ( deBlogger ) ...hehehe...

dengan deBlogger :)
Aktivitas nge - blog 

Posting :
konten blog saya agak bergeser dari awal saya mulai ngeblog. Sebagai ibu, dulu saya lebih sering berbagi tentang kegiatan anak-anak saya, dan sebagai guru piano saya juga menuangkan apa yang ada di kepala saya tentang per-piano-an. Tapi karena sekarang mereka -anak-anak saya- sudah bisa menuliskan kegiatannya di blognya sendiri -salah satunya di sini- saya jadi lebih banyak berbagi tentang keprihatinan saya pada lingkungan hidup, selain kegiatan saya mengembangkan Pramuka Griya Depok Asri

Blogwalking : 
dulu yang namanya blogwalking atau jalan-jalan saling mengunjungi blog teman, mengomentari posting, atau  meninggalkan jejak di shoutbox sekedar menyapa "hai, selamat pagi, apa kabar ?" atau "hai, salam kenal, tukeran link yuk" menjadi kegiatan wajib sebagai blogger. Tapi sepertinya sekarang sudah jarang dilakukan ya ? Apa karena memasang shoutbox itu mengundang spammer ?

Ngutakatik template :
Dulu ini salah satu kegiatan yang menyita waktu. Tapi sekarang udah lumayan ngga terlalu ribet buat saya -yang masih juga gaptek- karena masih pakai blogspot yang gratisan jadi tinggal copasmengopas aja.

Itu dia. Dengan aktivitas ngeblog ini saya mendapat banyak banget manfaat. Karena sifat blog yang interaktif, saya dapat memperluas network, berdiskusi, juga sering menerima masukan dari pengunjung blog yang memperkaya wawasan saya.

Dapat dikatakan, semua kegiatan offline saya bisa berkembang karena kegiatan online saya, salah satunya adalah dari aktivitas nge-blog selain join social network yang lain.

Tapi memang "kalau ngga ada kegiatan ngga ada yang ditulis, banyak kegiatan ngga sempat nulis" #curhatblog saya di twitter beberapa waktu lalu menjadi alasan kenapa saya ngga bisa sering update dan menulis posting baru, juga ngga sempat blogwalking dan menyapa teman2. Maaf yaa. Kalau sudah begini apa masih sah menyebut diri ini blogger ? hik..

Sharing dong, bagaimana dengan aktivitas nge-blog kalian ?

12 comments:

  1. saya ngeblog mulai tahun 2005, dulu awalnya hanya dijadikan ajang curhat. setelah sempat jatuh bangun dan hiatus selama setahun, baru awal tahun ini saya ngeblog secara serius dan juga bergabung dengan komunitas. sejak bergaul dengan kawan2 blogger Depok dan daerah lain, terus terang saya mendapat banyak inspirasi untuk meningkatkan kualitas tulisan saya karena membaca banyak tulisan yang menarik. semoga Kak Lita pun demikian.

    Btw, ayo dong sering2 blogwalking :D

    ReplyDelete
  2. Brad terus terang saya mendapat banyak inspirasi untuk meningkatkan kualitas tulisan saya karena membaca banyak tulisan yang menarik

    bener, om Brad. banyak membaca tulisan menarik sebenarnya mendorong kita untuk menulis lebih baik.
    mudah2an bisa duduk lebih lama depan lapie spy bisa sering2 blogwalking ^^

    ReplyDelete
  3. Blog bagus mba Lita, saya juga baru belajar ngeblog nih. Salam kenal dan sukses selalu.

    ReplyDelete
  4. jadi blogger sampai akhir hayat...!!!aamiinn...

    ReplyDelete
  5. bunda, i'm back ;-)
    biarpun tulisannya masih seputaran anak2 doang hihihi (emank2 bgt :), mudah2an seterusnya bisa menuangkan apa yg ada di kepala ke dlm bentuk tulisan yg lebih berbobot spt blognya bunda ;-)

    thanks for 'r inspiring bun ;-)

    ReplyDelete
  6. Hehehe, semakin matab saja cara Mbak Lita menulis posting. Itu, uraian yang di bagian tengah ke bawah pas sama yang "diteorikan" bapak blog Indonesia, Budi Putra. Bagi saya sendiri, ngeblog itu benar-benar membutuhkan energi ekstra, juga mood, juga kopi, apalagi sejak mengenal Facebook :)

    ReplyDelete
  7. Mba Litaaaaa....
    Selamat ya ^_^
    Aku waktu acara Lomba Blog depok itu ga bisa dateng, kenapa ya lupa :p
    hihihihi....
    APa kabarnya mba?

    ReplyDelete
  8. salam kenal mbak Lita...kayaknya kita ada di bbrp milis bareng ya, milis sehat atau dunia ibu ya?
    Btw saya masih harus belajar banyak soal blog nih...gimana caranya menjalin pertemanan dengan para blogger atau masuk ke komunitas bloggerya mbak? saya nggak punya banyak teman yg blogging disini (Lampung). dan lingkungan saya juga gak banyak yg nge-blog. saya kenal blog malah dr ponakan-ponakan saya..hehe btw setuju bgt dengan mbak Lita bahwa kdg2 kalau terlalu sibuk nggak sempat posting, tp kalau gak sibuk gak ada bahan utk postingan hehe...ditunggu sharingnya lagi ya mbak..

    ReplyDelete
  9. Halo mbak Lita...salam kenal.kalau nggk salah kita ada di milis yg sama ya.milis sehat atau dunia ibu ya...
    Btw aku msh hrs banyak belajar nih dr mbak Lita, gimana ya mbak caranya gabung ke suatu komunitas blogger tertentu? di lingkunganku (lampung) nggk banyak yg jadi blogger, temen-temenku juga nggk banyak yg nge-blog. malah aku pertama kali tau soal blog dari blog keponakanku hehe... oiya aku setuju bgt dg mbak Lita bahwa susahnya nge blog kdg2 kalau banyak kerjaan nggk sempat nulis,sedangkan kalau nggak ada kerjaan nggak ada bahan tulisan hehe.... ditunggu sharingnya ya mbak....thank u

    ReplyDelete
  10. Artikelnya menarik mbak, saya baru mulai nge blog sekitar sebulan yang lalu, nah kemudian saya ikut acara yang diadakan DeBlogger biar tambah negrti tentang blog...salam kenal ya mbak Lita

    ReplyDelete
  11. karena shoutbox kebanyakan spam sekarang,karena mereka ngeblog bkan karena passion tetapi karena uang

    ReplyDelete
  12. ...

    Mba Lita ijin baca artikel dan numpang komen ya...
    good artikel, inspiratif dan memberikan banyak masukan.

    terima kasih.


    thanks .
    admin
    Home Appliances and Home Improvement

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...