Blog itu apa sih ?

*gubrak* sempat kaget juga sih hari gini ternyata masih ada pertanyaan seperti di atas. Pertanyaan itu datang dari teman2 saya sesama guru musik ketika ada yang memberi selamat pada saya karena salah satu tulisan saya mendapat apresiasi di Lomba Blog Depok

Saya jadi maklum dengan pernyataan "ibu rumah tangga ngeblog itu kan langka" dari seorang wartawan yang mewawancara saya waktu itu. Meskipun sebenarnya pernyataan itu ngga sepenuhnya benar kalau melihat jumlah ibu rumah tangga yang berpartisipasi dalam Lomba Blog Depok.

Apalagi waktu saya berkunjung ke blog Ibu Maya, Ibu Tami, dan Ibu Ratna para mommies blogger finalis 10 besar yang bersahabat dan tulisan2nya sangat inspiratif. Wah, saya harus berterimakasih pada panitya lomba blog Depok yang sudah memberi ruang bagi mommies blogger sehingga menambah jumlah kenalan mommies blogger Depok yang menginspirasi banyak hal pada saya.

Kembali ke pertanyaan di awal.
Saya jadi ingat pernah melontarkan pertanyaan yang sama pada teman-teman online saya hampir 6 tahun yang lalu. Dan saya mendapat jawaban bahwa intinya blog itu adalah jurnal. Jadi yang kemudian terbayang adalah waktu jaman penggalang dulu jadi ketua regu, saya terbiasa menulis dan mengajak anggota regu saya untuk mengisi logbook yang isinya catatan kegiatan pramuka kami ( baca ceritanya di weBlog dan LogBook ) .

Kebetulan saya memang sedang mencari format yang cocok untuk membuat biografi ayah saya. Akhirnya saya memutuskan menggunakan format blog untuk dokumentasi biografi online untuk ayah saya Prof.Ir.Hasan Poerbo (alm), yang kemudian di Wiki kan oleh kakak sulung saya di sini

Tahun 2006 itu, waktu saya mulai ngeblog, rasanya blogging lagi ngetrend, semua teman online perempuan saya rata-rata punya blog. Padahal menurut saya, jaman itu ngeblog mah susah. Udahlah bikin kepala saya jadi ngebul karena harus melototin komputer selama berjam-jam untuk membaca HTML nya kalau pengen ganti theme, juga bikin kantong bolong karena akses internet nya masih dihitung waktu.

Beda banget dengan sekarang yang udah jauuh lebih mudah, tinggal 'drag and drop' aja, dengan akses internet unlimited yang cukup bisa dijangkau kantong, atau cari wifi gratisan di cafe2, jadi sebenernya memang ngga ada alasan lagi untuk malas ngeblog ;)

Sesudah 3 taun mengalami pasang surut blogging - ditambah setaun hiatus - , merasa perlu berkomunitas sebagai blogger dan sempat melontarkan pertanyaan di posting blognya Andi Cempluk tentang komunitas blogger di Depok, baru setahun belakangan ini saya berani menyatakan diri saya adalah seorang blogger sesudah bergabung dengan Komunitas Blogger Depok ( deBlogger ) ...hehehe..karena temen2 deBlogger lah saya akhirnya termotivasi untuk terus berkarya dan menulis..

dengan deBlogger di Pesta Blogger 2010

ditambah lagi sekarang ada komunitas baru Emak2 Blogger ( KEB ) yang merupakan kumpulan blogger perempuan Indonesia, yang mudah2an bisa ikut memberi kontribusi positif bagi pembangunan bangsa melalui karya2 tulisannya, karena saya percaya bahwa perempuan itu punya andil yang besar bagi pembangunan bangsa karena merekalah sebenarnya pembina utama bagi putra putrinya yang kelak akan menjadi pemimpin bangsa ini...#uhuk

Aktivitas nge - blog

Posting :
konten blog saya agak bergeser dari awal saya mulai ngeblog. Sebagai ibu sekaligus guru piano, dulu saya lebih sering berbagi tentang kegiatan anak-anak saya, dan juga menuangkan apa yang ada di kepala saya tentang per-piano-an. Tapi karena sekarang mereka -anak-anak saya- sudah bisa menuliskan kegiatannya di blognya sendiri -salah satunya di sini- saya jadi lebih banyak berbagi tentang keprihatinan saya pada lingkungan hidup, selain kegiatan saya mengembangkan Pramuka Griya Depok Asri.
"Menuliskan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain ternyata membuktikan bahwa meskipun blog ini sempat mati suri dan lumutan karena ngga pernah ditengok apalagi diupdate, beberapa posting menarik yang pernah saya posting bertahun-tahun lalu masih saja dikunjungi sampai hari ini"
Blogwalking :
dulu di awal2 ngeblog, yang namanya blogwalking atau jalan-jalan saling mengunjungi blog teman, mengomentari posting, atau meninggalkan jejak di shoutbox sekedar menyapa "hai, selamat pagi, apa kabar ?" atau "hai, salam kenal, tukeran link yuk" menjadi kegiatan wajib sebagai blogger. Tapi sekarang saya menghilangkan shoutbox itu karena lebih banyak spammer nya daripada tamu aslinya..

Ngutakatik template :
Dulu ini salah satu kegiatan yang menyita waktu. Tapi sekarang udah lumayan ngga terlalu ribet buat saya -yang masih juga gaptek- karena tinggal copasmengopas aja.

Itu dia. Dengan aktivitas ngeblog ini saya mendapat banyak banget manfaat. Karena sifat blog yang interaktif, saya dapat memperluas network, berdiskusi, juga sering menerima masukan dari pengunjung blog yang memperkaya wawasan saya.

Dapat dikatakan, semua kegiatan offline saya bisa berkembang karena kegiatan online saya, salah satunya adalah dari aktivitas nge-blog selain join social network yang lain.

Tapi memang "kalau ngga ada kegiatan ngga ada yang ditulis, banyak kegiatan ngga sempat nulis" #curhatblog saya di twitter beberapa waktu lalu menjadi alasan kenapa saya ngga bisa sering update dan menulis posting baru, juga ngga sempat blogwalking dan menyapa teman2.
Maaf yaa...Kalau sudah begini apa masih sah menyebut diri ini blogger ? hik...

Sharing dong, bagaimana dengan aktivitas nge-blog kalian ?


* Tulisan ini didaurulang untuk diikutsertakan dalam Kontes “Ngeblog di Mata Perempuan” yang diselenggarakan oleh EmakBlogger

Comments

  1. Masih mending kalau masih ada yang nanya 'Ngeblog itu apa...' Ada lho yang udah nge-blog tapi nulisnya 'ngeblok' hihihi....

    ReplyDelete
  2. keren mba Lita, blog yang sarat makna. Beda banget dg blog saya yg lebih banyak nyampah hihihi. kalo sdg luar biasa galau baru ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...alhamdulillah...makasi lho sudah mampirr...
      Mari menggalau...hihi...

      Delete
  3. mantab nih... lama juga ya mba dari 6 tahun yang lalu. salam buat temen2 deblogger, cici, irma, Luvie,mas Iman, Indobrad dll :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya....pas 6 taun bulan februari ini, mba...

      siipp...insya allah disampein salamnya...:)

      Delete
  4. haduh.. jadi malu ma mba lita..
    blog mim yg udah masuk tahun ke-5 sering ga keurus. udah gitu kerjaannya sekarang cuma sharing soal adinda *ga penting tp dipenting2n* hehehe..
    semangat lagi dech buat ngeblog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhooo...adinda itu juga penting, say...aku seneng liat perkembangannya...
      Kapan2 dibawa kopdar dong...:)

      Delete
  5. dan inilah dia salah satu Emak-emak blogger yang masih tetap eksis dengan tulisan2 kerennya.

    jadi ingat ya Mbak dulu itu rasanya tiap bulan kita pada lomba2 ganti template, eeh bahkan kadang seminggu sekali yak, xixiix

    iyaah nih Mbak, blm pernah ya kita kopdar, kita seangkatan kan ya Mbak ngeblog nya :D

    btw udah lama gak mampir ke tempat Cempluk Andi Bagus, eeh dirinya sekarang di Mandiri Syariah toh ya.

    ReplyDelete
  6. saya masih nge-blog...
    diki, anak sulung saya lebih suka utak-utik perangkat keras...
    nanin, anak bungsu saya lebih suka fesbukan...
    ibunya anak-anak sudah lama mogok nge-blog sejak jadi guru TK...
    sendirian deh sekarang! hehehe

    salam hangat dari Solo (dari Internet For Kids ~www.facebook.com/internetforkids~)

    ReplyDelete
  7. Salam kenal Mb Lita..
    Wah salut deh Mb udah lama ya ngeblognya.. Aku baru belajar nih Mb, postingannya juga masih 'Awam':(
    Kapan2 maen ke blog aku yah Mb..hhee
    Oyh ijin share linknya Mb Lita di blog aku ya.. Thanks.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts