04 July 2006

Setingkat lebih tinggi

Rizki terima rapot hari Sabtu lalu...naik ke kelas 6..
Karena naik ke kelas 6, kita ortu dibriefing dulu mengenai strategi sekolah menghadapi ujian akhir nanti. Yup, sekolah ini sebenernya bukan sekolah yang bener2 baru, tapi SD nya baru mau akan meluluskan angkatan pertamanya yaitu angkatannya Rizki di taun ajaran 2006 -2007 yg akan datang..

Liburan kenaikan cukup 2 minggu aja...lho, memang 2 minggu kan ? hehe...
Engga sih, di Pribadi Boarding School itu liburan kenaikan biasanya sebulan.
Tapi khusus untuk anak2 kelas 6, sudah mulai ada program 'matrikulasi' 2 minggu lebih awal.
Menarik juga. Krn ngga semua anak diikutkan program matrikulasi ini.
Rizki termasuk yg menurut gurunya perlu ikut program matrikulasi, krn menurut mereka Rizki masih punya potensi untuk lebih baik lagi..

Waaahh..salut banget aku...krn sejak pindah sekolah ke pribadi dari kelas 4 SD, sebenernya achievement Rizki sudah meningkat terus..dari nilai rapot rata2 7, sampai nilai rapot terakhir yg rata2 8,2 tapi tetep diperhatikan potensi utk berkembangnya.
Itu salah satu yang aku suka dari sekolah Rizki, mereka kenal betul satu persatu anak didiknya. Mereka tau persis kekurangan dan kelebihan masing2 anak kemudian berusaha mengoptimalkan kelebihannya dan mencari solusi untuk kekurangannya..

Menurutku, Rizki itu memang agak unik...punya IQ yg lebih tinggi dari kakak2nya, tapi nilai akademisnya selalu di bawah kakak2nya... :D

Budi dan Bimo memang sudah sangat mandiri dalam belajarnya. Insya Allah sudah punya jadwal dan kebiasaan belajar yang baik.
Kalau Rizki, masih suka sekali main artinya porsi main masih lebih besar daripada porsi belajarnya,bikin jadwal juga belum bisa disiplin ditepati...dia juga ngga bisa belajar dengan duduk membaca buku...buntutnya pasti ketiduran..:(

Dia harus belajar- kalo minjem istilahnya mas Budi - secara 3 dimensi...belajar secara visual, harus ada alat bantunya atau dengan diskusi, baru bisa cepat mengertinya...
Utk ngecek apa dia udah ngerti materi pelajarannya apa belum, aku suka 'tanya jawab' sama dia. Kadang2 aku nemenin belajar sambil 'corat-coret' di whiteboard di kamarnya utk ngapalin pasal2 UUD'45, diskusi ttg sejarah kerajaan di indonesia, ngebahas energi dan batuan di pelajaran IPA, atau belajar rumus2 bangun geometri...yup, itu mata pelajaran anak SD kelas 5 loh...:D bundanya temen rizki malah minta diajarin matematika ke gurunya spy bisa ngajarin anaknya juga, krn ngga bisa mengandalkan ayahnya utk ngajarin...

Itu sebabnya Rizki ngga cocok di sekolahnya yg lama. Dengan kelas besar, guru yang ngga kompeten mengajar...dia ngga belajar apa-apa sama sekali di sekolah...dan yang terjadi adalah pembodohan, dan kebiasaan belajar yang buruk..

Alhamdulillah, di sekolahnya yang sekarang, proses pendidikannya berjalan dengan lebih baik. Ngga hanya di akademisnya, tapi juga pendidikan moral akhlaknya.

Cuma memang minusnya juga ada sih, menurutku rasanya anak2 ini jadi rada kurang tangguh. Guru2nya baik2, ngga boleh ada yg bicara kasar, kelasnya nyaman ber-ac...sangat terlindungi..

Kira2 gimana ya kalo 'dicemplungin' ke komunitas yang lebih 'keras' ? Bisa survive ngga ya ? :-D

10 comments:

  1. kemampuan anak memang beda-beda ya, bagus atuh kalo ada sekolah yg bisa mengasah potensi muridnya.

    ReplyDelete
  2. wah...congrats yah
    pokoknya tetep belajar terus....

    mata doain ngga ada hambatan dan lancar lancar saja

    ReplyDelete
  3. wah, pasti senang deh kalo punya ibu seperti mbak lita ini :)

    ReplyDelete
  4. Cemplungin? Emangnya Oreo... dijilat..trus dicemplungin deh! :D

    ReplyDelete
  5. mba..mba.. Pribadi baguz yak?
    aku sering baca plang-nya sih kl lewat Margonda tp liat doank secara Ais masi kecil jd blom pikir2 sekolah hihi... paling yg lg aku cari ya Toddler Class..:P

    ReplyDelete
  6. makasiy atas komennya ya temans.
    yg penting proses pendidikan anak adalah tanggungjawab kita bersama. Kita harus selalu bekerjasama.

    To Neli...semua sekolah ada kelebihan kekurangannya kok..nobody perfect ;-)

    Never give up !

    ReplyDelete
  7. mbak...,
    aku kok jadi nge-bayangin gimana belajarnya ayra_alby nanti yah... hiii :D

    ReplyDelete
  8. Wonderful and informative web site. I used information from that site its great. »

    ReplyDelete
  9. This is very interesting site... video editing schools

    ReplyDelete
  10. Looking for information and found it at this great site... » » »

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...