03 January 2008

Survival Kota Penggalang PGDA

Awal liburan kemarin, dari tg.23 -25 Desember 2007, adik-adik penggalang PGDA ( Pramuka Griya Depok Asri ) ikut kegiatan camping "Survival kota" a.k.a "Latihan Dasar Kepemimpinan" di Bandung.

Kayak apa tuh kegiatannya ?
Yang jelas serruuu abizz !!

Perjalanan dengan bis umum, petualangan misteri mencari seseorang di Taman Ganesha, petualangan di warnet, menjelajah ke pemukiman padat penduduk yang penuh sampah , mewawancarai warga mengenai sampah, membuat cinderamata dari sampah, mencari tahu hewan-hewan yang dilindungi, berjalan kaki di tengah alam yang masih gelap...
cuma sebagian kecil dari kisah petualangan yang mengesankan mereka...

Ini dia kesan-kesan mereka..
Yang ditulis di Forum Tunas Kelapa's Lounge

"Acaranya seru abis dari awal sampai akhir yang ga ikut bakalan nyesel. Apalagi di
tambah dengan ka rangga dan kawan-kawan acaranya makin seru deh...........
semoga dengan acara ini di buat pramuka Indonesia makin maju. Amin"
( Insani – 13 th )
"waktu kita pengen ke tempat kemah, rizky itu udah tau rumahnya jadi kita waktu itu lewat jalan pintas yang biasanya rizky lewatin lewat kantor apa gitu yang di deket situ terus kita di suruh jalan sampai ujung kantor dan ternyata eh ternyata dengan keadaan lelah pagernya di gembok jadi kita ga bisa lewat situ udah capek harus balik lagi terus saat ingin keluar dari kantor ada gedung yang memperkecil jalan tapi karna ga ada tangganya dan da sampingnya ada pager eh jadinya riyan sama andre lompatin pager penghalang terus merosot pake pipa palaron ke bawah. eh............... ternyata dari andre dan riyan lompat satpamnya ngeliatin eh semiuanya kabur tinggal ka putri, tania sama farah di introgasi satpamnya untungnya satpamnya baik jadi ga di apa apain cuman di kasih tau tapi matanya si udah melotot ."
( Insani – 13 th )
"Acaranya waktu LDK seru bangetss! Tapi yang paling seru kataku sih yang mau ke goa belanda dan jepang. Bayangin! Kita jam 04.15 nyampe disana (kebayang dong gimana gelapnya), harus melewati tanah dan batu yang semuanya licin, dan dinginnya itu loh. Brrr! tapi,disana kan aku diajarin sama kak putri kalo lagi susah kayak gini mesti baca "Subhanallah Walhamdulillah Walla illahaillalah Huwallahu Akbar". Aku baca itu terus. Pas aku lagi berhenti (kan capek) nggak tau siapa yang gerakin, kaki aku gerak sendiri! Subhanallah! Tapi, pas disuruh berhenti kan yang lain mungkin bilang 'hore' atau 'yes', tapi kakiku malah pegel, pengennya jalan terus.

Kira-kira itu yang menurut aku paling seru, tapi secara keseluruhan semuanya acaranya keren2. Aku jadi tau nama-nama latin binatang (walaupun nggak hapal tapi kan jadi tau).
Aku juga ngerasain betapa enaknya naik MGI apalagi bareng temen-temen, jadi aku mau bilang : MAKASIH KEPADA SEMUA ORANG YANG MEMBANTU MENSUKSESKAN ACARA INI!!!!"
( Tania – 10 th )
"Tadinya tuh aku mau gak ikutan soalnya aku mau ikutan jambore anti narkoba (dari pramuka sekolah) yang diadakan tanggal 23 Desember 2007. Yang ikutan anak pramuka sama anak OSIS. Tapi, ada kabar kalo anak pramuka yang ikutan jambore bakal jadi "babu" (maksudnya yang disuruh-suruh, misal suruh diriin tenda, masak buat anak2 dan pembina, dll) disana. Jadi temen2 pramuka yang deket sama aku pada gak mau ikut. Alesannya gak boleh sama orang tua. Aku jadi gak berminat, alhasil aku ikutan LDK PGDA.

Yang menurutku paling berkesan dari LDK itu adalah:

1. Belanja untuk makan malam, terutama mencari sosis, yang ketemunya di rumah supplier nya. Yang paling tidak menyerah untuk mencari sosis adalah Insan. Kalo gak ada dia, kita gak bakal makan nasi goreng pake sosis, deh!!

2. Wide Game nya amat sangat seru!! kelompokku nyasar ke pos tiga dan ditanya," Mau ulang ke pos satu, apa gagal aja?" Tadinya sih maunya gagal aja, abis ngerasa capeeek banget. Tapi karena kita gak pengen di hina-hina, kita lanjut aja! Tapi pas jalan lagi, rasanya gak terlalu capek lagi, tuh!

3. Pas lagi jurid malem (Subuh kali, yee) Itu juga seru banget. Kita berangkat jam 03.35 pagi!! Kita masih pada teler semua. Terus kita sholat subuh disana. Bbrrrr... udara dan air disana dinginnya bukan main!! Setelah sholat subuh, kita jalan menuju Goa Belanda. Jalannya dipenuhi batu2 dan tanah yang licin, udah gitu sendalku licin banget. Uhh... aku sungguh sial pake sendal itu. Aku jalan bareng Tania dan Kak Putri di belakang. Aku udah ngeluh aja karena aku gak tahan sama sendalku yang licin itu. Tapi, lama kelamaan aku semangat lagi dan berjalan cepat (namun tetap berhati-hati) menuju ke barisan paling depan. Akhirnya aku, Tania, dan kak Putri memimpin, deh! Kita juga duluan nyampe di Goa Belandanya. Tapi gak cuman kita bertiga aja yang duluan, ada Raka, Andre, dan Ardhi (Kalo gak salah, ya!!) yang duluan nyampe. .

Pulang dari Maribaya, kita semua sarapan bubur ayam dulu disebuah restoran (Lupa namanya). Kita kira bakal sempet untuk mandi dulu, tapi karena travelnya udah nyampe, jadi udah gak bakal sempet mandi dulu, deh (Ugh... Bauknya bukan main!!)

Setelah pulang dari sarapan, kita langsung beres2 dan pamitan sama eyang, trus penyerahan topi emas, dan topi emas tersebut didapatkan oleh Insan. Yah... itu sih udah pasti Insan yang dapet! Oya lupa, kita juga bilang "Terima kasih" sama Kak Rangga. Trus, kita pulang, deh! Sebelum itu, kita mampir ketempat oleh2 untuk beli oleh2 buat keluarga atau dimakan sendiri. Setelah itu, langsung kita pulang hingga sampai tujuan... Itu aja pengalamanku.

Semoga makin banyak lagi pengalaman yang akan aku terima di lain hari. Daaaag! "
( Farah – 13 th )
"Semoga perkembangan selanjutnya dapat meng"enjoy"kan semua member yg telah terdaftar di TKL. ( TKL = Tunas Kelapa’s Lounge http://www.pramuka.forumotion.com/ ) aku sebagai penggalang PGDA mengucapkan Terima Kasih atas semua yg diberi kakak2 PGDA GoodBye........................HAHA........."
( Andre – 13 th )

Seru kann..
PGDA kreatif..PGDA innovatif...
Ru seru seru..ru seru seru..ru seru seru..Ru !! PGDA SERRU!!

Tengok foto-fotonya disini deh :
http://pramukakita.multiply.com/photos/album/16/Latihan_Dasar_Kepemimpinan_23-25_Des_2007

4 comments:

  1. Semangat terus pramuka ya mbak . Semoga sukses selalu!

    ReplyDelete
  2. Foto terakhirnya kueren pollll....!

    ReplyDelete
  3. pramuka memang perlu pengorbanan dan semangat dan itu telah diperlihatkan oleh seorang Lita..SALUT

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...