03 January 2012

[Jurnal Haji] Persiapan



labbaik allahumma labbaik
labbaikalla syarikalaka labbaik
innal hamda wa ni'mata
laka wal mulk
laa syarikalah


aku sambut panggilan-Mu ya Allah, aku sambut panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji dan segala kenikmatan hanya milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu..

"Mengerjakan Haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu bagi orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah, dan barangsiapa yang mengingkari kewajiban Haji ( padahal dia mampu ) maka sesuangguhnya Allah Maha Kaya dari seluruh isi Alam raya ini" (QS Ali Imran:97)

bisa melaksanakan ibadah haji ( yang bisa jadi hanya sekali dalam seumur hidup ) melengkapi rukun Islam yang 5 sudah menjadi impian saya dan suami selama bertahun-tahun. Tapi niat saja tentu saja tidak cukup untuk mewujudkan impian.

Sesudah bertanya-tanya mencari info kepada tetangga dan teman2 di Depok....
di tahun 2009, suami memutuskan untuk mendaftarkan kami berdua lewat Kelompok Bimbingan Haji Ummu'l Quro Depok. 

Menurut suamiku, kita tidak mungkin merencanakan liburan kemana2 sebelum melaksanakan ibadah haji, dan mendaftar adalah langkah awal mewujudkan niat.

Ketika mendaftar di tahun 2009 itu, prediksi keberangkatan kami adalah sekitar tahun 2013, atau 4 tahun sesudah mendaftar. Tapi ternyata di akhir tahun 2010 kami mendapat kabar, karena kuota untuk kota Depok ditambah, nomor porsi kami bisa berangkat di musim haji 2011.

Alhamdulillah, terimakasih ya Allah sudah memberi kami kesempatan untuk memenuhi undangan menjadi tamu di rumah Mu..

Sejujurnya, seperti apa sebenarnya perjalanan ibadah haji ini belum terbayang sama sekali di benak saya. Saya hanya mendengar cerita-cerita dari teman dan kerabat yang sudah pernah melaksanakannya. Seperti apa pemondokannya, cuacanya, makanannya, suasananya, mukiminnya, dst. Dan tentu saja 1000 orang yang pergi haji ada 1000 cerita yang berbeda.

Pembekalan dan bimbingan manasik haji sejak sebelum berangkat dan selama di tanah suci oleh para ustad dari KBIH Ummul Quro yang dipimpin oleh Ustad Ali Fikri dan Ustad Jamal memberikan wawasan yang membuat kita menjadi cukup mandiri untuk melaksanakan ibadah haji yang sesuai dengan sunnah Rasul.

Manasik oleh KBIH Ummul Quro Depok

Jadwal pertama bimbingan manasik Haji adalah tg 30 Januari 2011 bertempat di Pusat Studi Jepang UI.

Ada 12 kali pertemuan bimbingan yang diberikan oleh KBIH UQ meliputi teori dan juga 2x praktek Thawaf dan Sa'i di Asrama Haji Pondok Gede.

praktek thawaf di asrama haji pondok gede


Materi yang diberikan meliputi :
- Hikmah dan Urgensi Haji
- Aqidah Islamiyah
- Route Perjalanan Haji Rasulullah SAW
- Fiqih Ibadah
- Mengenal tempat-tempat bersejarah di sekitar kota Makkah dan Madinah
- Adab dan Etika Perjalanan jauh
- Fiqih Wanita
- Tazkiyatun Nafs, Dzikrul Maut
- dan tentu saja Bimbingan Manasik Haji dan Umroh

untuk mempersiapkan diri, selain menambah ilmu dari bimbingan yang diberikan oleh para pembimbing UQ, saya juga membaca beberapa buku mengenai haji dan umroh yang diberikan oleh teman2 dan saudara. Sejarah Mekkah dan Madinah juga rasanya menarik dipelajari sebagai bekal kita ketika kelak berada di sana dan napak tilas.

Thanks to teknologi, sekarang ini pengetahuan juga bisa dicari lewat internet. Ada blog, ada gambar2 dan ada video yang bisa kita lihat dan pelajari untuk persiapan kita berangkat ke tanah suci.

14 comments:

  1. wahh harus antri hingga beberapa tahun ya? lama sekali. untung cuma antri 2 tahun saja bisa langsung berangkat ya kak :)

    ditunggu kelanjutan ceritanya.

    ReplyDelete
  2. Hai, Brad...iya nih, secara Indonesia negara yg penduduk muslim nya banyak banget...jatah pertaun yang berangkat haji 220.000 an orang aja ngga nampung...ngantri deh...:)

    ReplyDelete
  3. kalau perginya bulan-bulan ini, artinya Umroh ya Kak?

    selamat yaaa...akhirnya bisa pergi ke Tanah Suci juga :) pasti ada sesuatu kebahagiaan dan keharuan tersendiri. Semoga Kak Lita mendapat banyak pencerahan dan hal-hal yang lebih positif dalam hidup sekembalinya dari sana. amiiiin. hehehe

    ReplyDelete
  4. hai, Lomar..:)
    ya, memang...berhaji adalah perjalanan spiritual yang ngga terlupakan seumur hidup...alhamdulillah...

    eh, iya, kalau bulan2 ini memang umroh...tapi ini jurnal haji november 2011..baru sempet nulis...hehe..makasi udah mampir...:)

    ReplyDelete
  5. Emak, telah mendaftar berangkat haji tahun ini. Tapi rupanya beliau dipanggil terlebih dahulu oleh Allah.

    ReplyDelete
  6. Fiz Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un...semoga diterima amal ibadahnya...Insya Allah niat untuk berangkat haji sudah dicatat, Fiz..Aamin..

    ReplyDelete
  7. Wahh ibu Barakallah...

    semoga menjadi haji yang mabrur...

    ReplyDelete
  8. Nita Aamiin yaa Rabbal Alamin....
    terimakasih ya, say...*peluk

    ReplyDelete
  9. Bales peyukk #peyukk kenceng.. hehehe

    ReplyDelete
  10. ...

    Mba Lita ijin baca artikel dan numpang komen ya...
    good artikel, inspiratif dan memberikan banyak masukan.

    terima kasih.


    thanks .
    admin
    Home Appliances and Home Improvement

    ReplyDelete
  11. malam ibu, orang tua saya berencana untuk pergi haji, mohon info untuk kbhi umul quro, bagus gak ya?? kebetulan orangtua saya tinggal di beji depok.. karena banyak info mengenai kbhi yang menelantarkan jamaah dan lebih kearah bisnis di bandingkan ibadahnya,.. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kami puas pergi berhaji dengan kbih ummul quro..

      Delete
  12. alhamdulillah.... kalo daptar taon ini, jadwal keberangkatan 9 taon lagi bu aji

    ReplyDelete
  13. alhamdulillah.....kalo sekarang daftar aji, 9 taon lagi berangkatnye bu aji

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...