31 January 2012

Menulis blog dan lomba blog

Meskipun sudah menulis blog sejak tahun 2006, sejujurnya saya masih juga merasa belum pede untuk menyebut diri ini adalah seorang blogger, apalagi untuk ikut lomba blog yang selain tulisannya, layoutnya pun juga dinilai.

Selama ini, sampai hari ini pun, saya belum sempat belajar menulis secara khusus. Teori 'mengarang' di jaman saya sekolah menengah pun ngga ada yang nyantol di kepala. Rasanya dulu mengarang itu harus ada topik, kerangka, paragraf...dst...ya ?  wwah, repot banget kayaknya....bisa jadi ngga mulai nulis kalau udah ribet mikirin itu..

Tapi menulis novel, atau cerpen pastinya memang berbeda dengan menulis blog ya ?
Saya menulis blog hanya untuk sharing kegiatan saya, apa isi kepala saya, meneruskan kebiasaan saya menulis buku harian sejak SMP...yah, siapa tahu apa yang saya bagikan lewat blog ini bisa bermanfaat untuk orang lain...

Tahun 2010...

Dinas Komunikasi dan Informasi kota Depok menyelenggarakan Lomba Blog Depok yang pertama, bekerjasama dengan Komunitas Blogger Depok atau deBlogger. Pesertanya selain kategori pelajar SMP, SMA, dan umum, yang menarik ibu rumah tangga pun diberi ruang khusus di sini....hmmm..iburumah tangga memang mempunyai peran dalam pembangunan, karena mereka bertanggungjawab atas kesejahteraan di kelompok terkecil masyarakat, maka perlu didengar opininya demi kemajuan pembangunan masyarakat yang lebih luas.

Jadi karena saya sudah menjadi bagian dari komunitas blogger Depok, teman-teman aktivis deBlogger rajin menginformasikan adanya Lomba Blog ini via milisnya. Saya mulai berfikir, kenapa ngga mencoba ?

Baiklah, akhirnya saya mengirim 2 tulisan untuk dilombakan. Satu tulisan mengenai manajemen sampah yang saya tulis untuk diikutkan lomba, satu lagi adalah old posting mengenai pendidikan. 2 hal yang selalu menjadi concern saya, dan menjadi tema utama content blog saya.

Terus terang, saya tidak berani berharap banyak dengan peserta lomba yang konon mencapai jumlah ratusan waktu itu, dan tulisannya subhanallah bagus-bagus banget ! Seleksi 25 besar semifinalis, sampai 10 besar finalis pun saya tidak berani mengintip apakah saya masuk atau tidak...*cemen*...bahkan ketika ternyata tulisan saya masuk 10 besar...dua-duanya...saya mendapat informasinya dari orang lain...dan tentu saja waktu para finalis dipersilakan untuk mempromosikan blognya dengan mengisi polling di web panitia, saya tidak cukup pede untuk mempromosikan blog saya untuk menjadi juara favorit...:D

Ending nya sulit dipercaya - buat saya tentunya - ternyata salah satu tulisan saya itu mendapat hadiah pertama untuk kategori blog ibu rumah tangga.


Hadiahnya adalah sejumlah uang tunai, yang sesudah saya simpan hampir setahun saya putuskan untuk dikonversi menjadi iPad untuk mendukung kegiatan saya membaca dan menulis blog. Alhamdulillah yah. Sesuatu...:)

Tahun 2011...

Kota Depok menandatangani kesepakatan dengan Universitas Gunadharma untuk menjadi Cyber City. Dan untuk mensosialisasikannya, pemerintah kota Depok menyelenggarakan Mobile Application Festival yang salah satu kegiatannya adalah Lomba Blog dengan tema manfaat teknologi mobile dalam rumah tangga khusus untuk para mommies blogger, selain lomba membuat mobile application untuk pelajar SMP, SMA dan umum.

To tell you the truth, ini topik yang cukup sulit untuk saya karena sebetulnya saya blank banget soal cyber city ini. Tapi sesudah blasak blusuk ( baca : browsing ) mencari informasi tentang cyber city, termasuk mencari input dari para ibu rumahtangga teman2 saya - sejauh manakah mereka mengetahui dan bagaimana pendapat mereka tentang cyber city - akhirnya pada bulan juli 2011 saya berhasil menyelesaikan tulisan saya untuk ikut lomba.

Ternyata, batas waktu pengumpulan tulisan yang tadinya bulan Juli diundur sampai ke bulan Oktober. Saya sampai lupa kalau sudah mengirim tulisan dan sempat mikir kalau lomba itu dibatalkan..hehe...
Baru 'curiga' waktu saya mendapat undangan mendadak dari Diskominfo Depok untuk menghadiri acara penutupan dan pengumuman lomba Mobile Application Festival. Karena curiga dan penasaran, di tengah kesibukan persiapan keberangkatan saya ke tanah suci, saya hadir di D'Mall, dan ternyata...
'endingnya sulit dipercaya'...tulisan saya mengenai Depok Cyber Mom itu mendapat hadiah pertama lagi...selain mendapat uang tunai, saya juga mendapat hadiah smartphone android ZTE Blade dari Telkom Flexi....yyaaayy...alhamdulillah yaaa...ngeblog itu ternyata menyenangkan ! *sedikit lebih pede mengaku sebagai blogger :))

Sekarang saya bener2 jadi cyber mom sepertinya :)

hasil dari menulis blog
Nah, kalau tahun 2010 lalu uang tunai yang saya terima dikonversi menjadi iPad, tahun 2011 ini sebaiknya jadi apa ya ?? hmmm...untuk mendukung kegiatan blogging sepertinya harus bisa juga menjadi fotografer ? betul ngga  temans ? ;-)

Tapi, yang pasti...."BloG YoUR LiFe" nya deBlogger sangat menginspirasi dan memotivasi saya untuk terus berkarya...terimakasih, deBlogger !

27 comments:

  1. horeee SELAMAT ya. Sebenarnya sih kuncinya menang cuma satu: menjadi diri sendiri di tulisan. kalo sudah begitu sih sudah pasti menang begitu tombol 'Publish' di-klik. Uang tunai dan gadget cuma bonus :D

    ReplyDelete
  2. yup, bener, Brad...noted...tks ya buat supportnya :)

    ReplyDelete
  3. berarti kita udah kurleb 6thn kenal dari blog juga ya Mbak, hehehh

    mantaappp, kereeenn Mbak Lita kereeenn tiap tahun dpat hadiah dari ngeblog, ayoo Mbak, tahun ini kali dapat DSLR gratis dari blog :D

    ajarin juga dunk Mbak biar bisa menang :D

    ReplyDelete
  4. haha...kamera DSLR emang udah lama bikin mupeng, Di....

    mari kita mengikuti kunci dari pakde Bradley : menjadi diri sendiri di tulisan !

    ReplyDelete
  5. Wah mBak Lita selamat yaa... Benar2 hebat, berturut-turut juara terus.
    Bukan hanya menulis saja yg hebat, tapi juga praktek di lapangannya.... He he he ... Salut deh untuk kegiatannya yg se abreg.Semoga sukses terus. Amiin.

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, trimakasih banyak, bu Ratna...aamiin...

    ngga kebalik, bu ? saya yang masih harus belajar banyak sama bu Ratna...smg kapan2 saya bisa mampir ke tempat ibu ya..:)

    ReplyDelete
  7. wah...mulai pede ngeblog akibat mbaca postingannya...keep on writing,mba:)salam kenal:)

    ReplyDelete
  8. ALhamdulillah, seneng banget baca tulisan ini. saya sendiri ikut beberapa kontes blog, belum berkesempatan dapat bonus2 hadiahny. tapi itu dia, dengan mempublish apa yang kita tulis (apalagi bisa memberi manfaat) kita sudah menjadi pemenang ya mba. Selamat, dan terus berkarya

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah, umminya fardais...semangat !
    salam kenal juga...tks sudah mampir...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengertian architectonic ada disini bunda...hehehe..trimakasih kunjungan baliknya:) http://architectureconsepdesign.blogspot.com/2010/01/architectonic.html

      Delete
  10. iya, bener banget, mb mira...smg kita selalu diberi kesempatan utk bisa terus berkarya ya, mbak..tks sudah mampir :)

    ReplyDelete
  11. langsung menuju tekape...baru sempet baca sekilas..menarik ya, ummi. tks infonya :)

    ReplyDelete
  12. Selamat, Mbak. Bisa juga hadiah yang 2011 dikonversi jadi kamera digital :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih...camera digital juga udah bagus2 ya, fiz ? gak perlu DSLR ?
      tks yaaa...:)

      Delete
  13. Wah kak Lita emang hebat deh. Perlu belajar banyak nih untuk menulis yang baik ke Kak Lita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah...makasi kak Iman..::D

      jangan nanya cara menulis yang baik, kaka...soalnya saya juga gak ngerti pakemnya...
      kata pakde Brad kan, jadilah diri sendiri di tulisan...;)

      Delete
  14. hihihi.. saya sudah lama ngeblog tapi gak pernah beruntung dapet hadiah dari lomba blog -_-"

    ajarin dong gimana caranya menang kompetisi lomba blog.. *ndusel2* xixixiix..

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranyaaa....ikutan dulu lomba blognya...hihihi...

      tapi kan dirimu sudah berhasil menulis script yang menang kompetisi video...menurutku itu sangat kereeen lho, jeng...selamat yaa ;)

      Delete
  15. sekedar mau share saja nih.
    ada info lomba "Share and Feel OKI Printer".
    hadiah pemenang : 2 buah printer OKI Laser Jet dan voucher sebesar Rp 300.000.

    Baca info lebih lanjut di
    http://www.anugrahpratama.com/shop/blog/77/

    terima kasih

    ReplyDelete
  16. wuiih selamat ya, keren hadiahnya!

    -de-
    www.masrafa.org

    ReplyDelete
  17. kak Lita emang hebring... saluut :)

    ReplyDelete
  18. Bu Lita seorang blogger hebat nih, bisa saingin Raditya Dika lah Bu nanti lama2 ya, hehehe… Amiinnn… oiya Bu, saya ada info lomba blog PEMILIHAN TOUCH KOREA TOUR PENGALAMAN TIM EVENT nih Bu dari fb Korea Tourism Organization Indonesia, hadiahnya perjalanan ke Korea dan ketemu blogger tim dari negara lain. Ikutan yuk Bu Lita, deadlinenya masih lama ini, tgl 30 April 2012, hehehe… Yg tahu tentang SEO yg menjadi Pemenang.

    blogwalking ya ke review-newgadget.blogspot.com/kalo berkenan kunjung & follow balik blog saya ya, hehe,,, thanks :)

    ReplyDelete
  19. akhirnyaaa...jreng jreng....
    uang hadiahnya diputuskan untuk dikonversi menjadi laptop ! ternyata susah euy ngeblog pakai ipad :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...