21 April 2006

Musim Ulangan

Kalau musim duren ato musim mangga kebayangnya hmmm…enak makan buah yang manis yang cuma ada kalau lagi musimnya…

Kalau musim ulangan kayak sekarang…yang kebayang…musti nyiapin makanan ekstra karena kalo belajar itu butuh energi ekstra..

Budi kelas 3 SMP, bulan April sekarang ini udah abis kegiatan belajar mengajarnya, materi pelajaran selama SMP udah semua dikasih..
Minggu ini mulai dengan midtest semester 2 untuk ngisi nilai rapot.


Lalu hari Senin besok udah mulai Ujian Praktek Sekolah, dilanjut awal mei Ujian Teori Sekolah , lanjut lagi Ujian Nasional,….udah selesai ? belum juga tuh…karena khusus untuk Depok, untuk masuk SMA Negeri ada test lagi yang namanya Uji Kompetensi Siswa…komentar Budi, aku pengen cepet2 selesei bulan Mei…!!

Semua nilai memang berpengaruh untuk nilai Jurnal masuk SMA Negeri.
Untuk ujian nasional yang diujikan taun ini meliputi : Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia & Matematika.
Uji Kompetensi Siswa : PPKN, IPA, IPS
Ujian Sekolah : Semua mata pelajaran yang diujikan adalah semua mata pelajaran yang diajarkan sampai dengan kelas III untuk kurikulum 1994 yang tidak diujikan pada Ujian Nasional…jadi ada Agama, PPKN,Bah.Indonesia, Bah.Inggris, IPS, IPA, Kertakes, Penjakes dan Muatan Lokal ( Bahasa Sunda, Bahasa Turki )

Untuk masuk SMA Negeri, taun lalu :
Nilai Jurnal siswa diurut di SMA Negeri tujuan
Perhitungan nilai jurnal : 2 x rata2 UKS + 1 x US + 3 x rata2 UN

Kalo Bimo kelas 6 SD, sekarang belum mulai terlalu sibuk…setiap pagi masih tetep masuk jam ke-0 jam set 7, dan seminggu 2 kali tiap Selasa, Kamis masih tetep ada ‘les wajib’ di sekolah.

Tiap hari drilling soaaaaaal mulu kerjanya…
Tapi ya alhamdulillah Bimo udah punya kesadaran sendiri untuk belajar dan ngerjain pr.
Taun ini SD ada Ujian Nasional lagi, yang diujikan Bah.Indonesia, Bah. Inggris dan IPA.
Trus ujian sekolah teori dan praktek mulai bulan Mei juga.
Cuma karena Bimo udah keterima di SMP Pribadi, jadi udah agak lebih tenang, meskipun tetep harus belajar yang bener..


Rizki sekarang kelas 5 SD, paling susah kalo disuruh belajar…masih harus diingetin dan ditemenin juga, kalo engga pasti udah buka computer, ato PS, ato keluar main sepeda…
Minggu ulangan ini, aku minta dia setiap pulang sekolah bikin jadwal apa yang mau dan harus dikerjain sampe tidur malem, dan harus ditepati karena aku ngga bisa nemenin seharian karena ngajar sampai malem..
Pulang ngajar baru aku periksa apa dia bener-bener udah belajar sesuai jadwal…
Well, kebanyakan meleset sih…hhhh….ya udah, tiap pulang ngajar aku ngecek lagi belajarnya dia…untuk ulangan matematika, aku sempet ngevaluasi pelajaran ttg. Waktu, rumus Trapezium, Debit air, dan Sudut…Besoknya dia bilang, “Bu, soal matematikanya gampang banget !! ibu ngajarinnya lengkap banget !! “ hehe…alhamdulillah…
Trus ulangan IPA…tadinya aku mau nemenin belajar lagi, tapi pas liat judul babnya…Magnet, Gaya Gravitasi, Gaya Gesek, Pesawat Sederhana, dan Cahaya……oopppssss....panggil bapak aja deh sama mas Budi…hehe…

Yang paling susah buat semua anak2 itu kalo udah belajar IPS, PKPS, Sejarah ato Geografi…nyerah deh kalo udah disuruh ngapal2in…biasanya baca sedikit trus tau2 ketiduran aja…hehe…gimana ya ?

8 comments:

  1. ayra_alby : tante Lita.., tante Lita.., mamaku jago hapalan lho..he..he.., ;)

    rahma : mbak, baca2 soal pelajaran anak2 aku udah bagi2 tugas ama abangku, bagian IPA-matematika dia, bagian IPS biar aku aja.., duuhhh, deg2an deh aku liat pelajaran2nya, moga2 aku bisa spt mbak..gitu, ngikutin pelajaran anak2..kelak :)

    ayo, mas-mas ganteng! mari kita belajar menghafal.. :)

    ReplyDelete
  2. Wah, mb Lit, kok mirip aku, kalo belajar hafalan, effortnya tuh gede banget, nggak sebanding sama hasilnya (hehehe...kepingin disama-samain sama juara Olimpiade ;-)). Makanya dulu itu aku masuk Ilmu Komputer karena memang disini aku bisa belajar sambil seneng-seneng (gak banyak hafalannya gitu loo), kalau masuk Ekonomi atau Fisip, duh tobat, deh, gak bakal kuat... ;-).

    ReplyDelete
  3. tante lita to ayra_alby : waaahhh...mama hebat deh...bagi2 resepnya doonkkk...mas budi, bimo, rizki susaaahhh deh kalo musti ngapal2in..;-)

    lita to rahma : iya, amin,ma...itu kerjaan asik kok, belajar bareng anak2..:-D

    ReplyDelete
  4. dear mirna...iya nih, mir, aku juga emang tobat kalo disuru ngapal2in..nurun kali ya..hihi...

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. wah mba musim ulangan ya skr ? makanya jarang ol, pdhal sering ku-buzz loh hehehe ...
    sukses semua ya mas2 ...

    shafa : tante, ntar ajarin matematika yaaa ...
    salam buat mas2nya, pinter2 euy ... ganteng2 lagi hihihi ...

    ReplyDelete
  7. Lit, ditemenin belajar Sejarah sama patrice aja. Dia memang tukang mengkhayal and tukang jalan2, jadi suka banget sama yang namanya Sejarah dan Geografi.
    "Kayak perjalanan menembus waktu" katanya.
    Hihihi nggak ada sama2 nya dg ibunya.

    ReplyDelete
  8. Halo Mas mas di Depok... gimana nih kabarnya? udah pertengahan Mei nih mas.. udah setengah perjuangan ya?
    Mudah2an sukses selalu ya mas...
    semuanya bisa terlewati dengan baik dan berhasil dengan baik...amiinnn
    Klu aku kebalikannya, gak kepengen bulan mei cepat berlalu, soalnya lagi ada bapak ibuku ;)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...