19 December 2006

Indikator sukses mendidik anak

Guru dan orangtua adalah pendidik.
Dari hari guru 25 November 2006, ada 'pelajaran' dari dosen teladan, Pak Arif Rahman yang aku catat dari koran tempo.

Sukses mendidik anak, indikatornya adalah anak menjadi anak yang :

1. Bertaqwa
2. Berkepribadian dan berakhlak mulia
3. Percaya diri dan berkepribadian unggul
(semangat, teliti, tekun, pantang menyerah dan suka mengadakan eksplorasi). 
Pembekalannya adalah anak harus memiliki ilmu mutakhir, gemar membaca, membuka website internet, dan berkomunikasi dengan teman-teman di seluruh dunia.
4. Memiliki rasa kebangsaan
5. Berwawasan global dan siap berkompetisi

Dan pendidik sendiri harus memiliki kemampuan :

1. Pandai merangsang minat
2. Bergairah
3. Humoristik
4. Memberi kesempatan anak untuk berpendapat

Secara umum, pendidik itu harus memiliki target, kreatif mencari jalan keluar, konsisten dan tuntas.

Saya kagum dengan pak Arif Rahman. Menurut saya beliau adalah sosok pendidik sejati.
Mendedikasikan hampir seluruh hidupnya untuk memajukan pendidikan di Indonesia.
Beliau tidak hanya mengajar, tapi juga berusaha mendidik para muridnya menjadi manusia paripurna. Tidak hanya berilmu, tapi juga berakhlak.

Tapi memang, seideal apapun figur guru, rasanya tidak akan berhasil tanpa kerjasama orangtua. Apalagi di tengah kondisi lingkungan seperti sekarang ini, ngga mudah menjadi orangtua, tapi juga ngga mudah menjadi anak-anak. Karena seringkali mereka harus 'berbenturan' dengan nilai-nilai yang dianut lingkungannya..

Semoga, kita semua bisa menjadi orangtua yang baik, bisa mendampingi anak-anak dan sukses mendidik anak-anak seperti yang disampaikan pak Arif.

6 comments:

  1. Pa Arif ini teh anugrah buwat pendidikan indo ya mba.

    ReplyDelete
  2. daku juga seneng kl liat p Arif rasanya teduh hehe.. pohon kali!
    mudah2an kita bisa menjadi pendidik yg baik, sholeh, amanah & BERGAIRAH...:D

    ReplyDelete
  3. duh, jadi jiper, bisa ga ya berhasil mendidik anakku :)

    humoristik sih kayaknya aku udah, hasilnya anakku jaiiilll deh :D.
    nah yang 3 lagi ga tau deeee..

    ReplyDelete
  4. yg penting ga jadi 'desperate parents' ya mb ;-)

    masih byk belajar utk itu ...

    ReplyDelete
  5. makasih mba buat postingannya yang bagus ini..ini pastinya bisa menjadi bekal saya mendidik anak2 saya kelak :)

    ReplyDelete
  6. amiin....
    bener banget, jadi anak jaman skrg juga nggak mudah...
    semoga kita -ortu&anak- diberi kemampuan utk selalu bisa bekerja sama ya...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...