04 January 2007

Cafe impian

Aku bukan orang yang terbiasa masuk dapur sejak kecil.
Ibuku juga bukan orang yang betah berlama-lama di dapur.
Jadi aku memang ngga punya ‘resep warisan’ dari ibu.

Tapi ngga tau kenapa, dari remaja dulu aku memang suka sekali mengoleksi resep masakan. Dan masak memasak bareng temen-temen udah dimulai sejak aku SMP.
Jaman dulu itu aku belajar bikin brownies dan cream soup bareng temen-temen mainku di SMP…hmmmm…menyenangkan sekali mengingat-ingat bagaimana dulu aku belajar memecah telur, menumis dan mengadon…

Lutjunya, anak-anakku yang cowoq semua itu sekarang pada doyan masak.
Apalagi dalam liburan akhir tahun seperti sekarang…
Mas Budi yang ngga libur karena menyiapkan diri ikut Olimpiade Fisika dan Olimpiade bahasa Turki. Rizki juga harus menyiapkan diri menghadapi UAS SD.
Jadilah kita ngga kemana-mana. Dan kegiatan kita liburan ini apalagi kalau bukan MASAK !

Sejak kapan ya anak-anak belajar masak ?

Hmmm…coba aku inget-inget dulu…
Waktu mas Budi kelas 5 , Bimo kelas 2 dan Rizki kelas 1 SD aku mulai kesulitan cari asisten.
Dan sejak itu aku memutuskan untuk ngga pakai asisten lagi.
Aku terpaksa meninggalkan mereka di rumah bertiga saja selama aku pergi ngajar dari jam set 2 siang sampai jam 7 malam.

Dan alhamdulillah anak-anak juga menyesuaikan diri dengan keadaan..
Mereka ngga bisa lagi “mbaakkk, bikinin susu dong..”
Mereka juga harus membereskan mainannya sendiri, mencuci piring gelasnya sendiri, dan membereskan kamarnya sendiri…(meskipun belum berhasil rapi juga sampai sekarang..hehe..)

Dan karena memang dasarnya pada doyan makan, akhirnya mereka juga jadi terbiasa masuk ke dapur, karena kalau lapar, mereka belajar bikin mie instant sendiri, masak nasi, ceplok telur, sampai akhirnya bisa bikin nasi goreng sendiri..

Liburan kali ini, kegiatan masak di’fasilitasi’ sama bapak..
Dibeliin wajan Teflon baru buat memanggang, dibelanjain bahan-bahan mentah buat dimasak, dan ngga jajan di resto lagi…
Intinya sebenernya, "gimana anak bisa pinter kalo ngga dikasih kesempatan"..hehe..

Maka pindahlah café nya ke rumah..
Hari minggu kemaren pagi-pagi banget dari dapur udah tercium harumnya masakan..
Ternyata anak-anak lagi asik nyiapin sarapan..ini dia sarapannya…

HOTDOG ala Kedai Crunchy*

Photobucket - Video and Image Hosting
Bahan :
Hotdog buns
Sosis
Saos tomat
Saos keju
Keju parut
Tomat & daun selada kalau ada

Bahan untuk saos keju :
(bahan dikira-kira semua)
Margarine untuk menumis
Terigu
Susu cair
Keju parut

Cara membuat saos keju :
Margarine dilelehkan, tumis sedikit terigu sampai matang, masukkan susu cair sedikit demi sedikit. Kalau sudah cukup kentalnya, masukkan keju parutnya.

Cara membuat hotdog :
Hotdog buns dibelah 2 lalu dipanggang,
Sosis dipanggang, lalu selipkan di rotinya, olesi saos tomat, beri selada dan tomat,
beri saos keju. Kalau suka keju, tambahkan lagi keju parut.
Makan hangat-hangat dengan saos sambal..
Hmmmmm….

*Kedai Crunchy itu nama kedai makan ‘impian’ anak-anak kalo kelak buka café…ngga tau kapan..hehe..

16 comments:

  1. Ditunggu grand opening kedai Crunchy ;) Mudah2an cita-cita mas2 semua jd kenyataan ya, amin..

    ReplyDelete
  2. wii mau doong nyicip masakannya mas budi dan adek2 :) *ngilerdotcom*

    ReplyDelete
  3. mbak lita, selamat idul adha dan tahun baru 2007.

    saya gak biasa dan ga pintar masak. tapi suami saya jago banget. sekarang memang sudah jamannya laki-laki pintar masak, hehehe. asyik kan buat perempuan :)

    ReplyDelete
  4. kalau hari ini sedang masak apa ?? :)

    ReplyDelete
  5. Selamat Tahun Baru dan Selamat Idul Adha 2007. Mbak, Lita masakannya enak kelihatannya, melihat fotonya saja, hemm... jadi laper.

    ReplyDelete
  6. Waah asik nih ponakan2ku mau bikin cafe.. Tante pasti bakal rajin dateng apalagi kalo dikasih special price.. Hehehe.. Iya Mbak, udah ga jaman yg masak di dapur cuma cewek doang.. Jamannya emansipasi lelaki di dapur.. Hihihi!!

    ReplyDelete
  7. Wow! bikin cafe? aduuh dateng deeehh... Kemaren di Carefour baru tau kalo 3 anaknya mbak Lita ini GANTENG GANTENG bow! :D
    Kemaren itu ternyata lagi borong bahan buat cafe tooohh... owalah...

    ReplyDelete
  8. mau donk masakannya, kirim ya Mbak :)

    ReplyDelete
  9. kalo cafenya tiga cowok ini resmi dibuka, pasti cewek-cewek pada ngantreee... :)
    dulu aku pernah tuh ngantri minum di cikal bakal Kedai Crunchy waktu kopdar di wisma HC :)

    ReplyDelete
  10. Wah asyik banget yah...
    jadi inget adek cowokku mbak, jagoan masak juga secara kita serumah kalo mo makan sambel terasi aja nungguin dia dateng dulu dari kampus, soalnya sambel terasinya uenak hehehe.....

    Iyah bener, dijamin customernya cewek2 nih..kebayang mbak lita ngga bisa kedip ngawasin pria2 ganteng pemilik cafe hahaha

    ReplyDelete
  11. kalo jadi buka kafe, ndaftar dong mbak,..secara daku nganggur nih, he he he

    ReplyDelete
  12. lucu bgd namanya Crunchy hihi... tar kl kopdaran Maret jagoan2mu dibawa donk mba... ya ya ya..:D

    ReplyDelete
  13. Mas Budi, Olimpiade bahasa Turki? Hebat banget.. (sambil melongo :-p).
    Saya bahasa jawa aja ga pernah beres :D Sukses ya!!
    Semoga Kedai Crunchy nya segera dibuka.. :)
    Ada paket khusus harga teman kan Mbak? ;-p

    ReplyDelete
  14. memang seorang istri yang pandai memasak bisa bikin misua betah di rumah :)

    ReplyDelete
  15. wuaahhhh uenakkk tuh keiknya...:) Nanti kl grand opening kedai Crunchy jgn lupa undang2x ya mas2x...

    ReplyDelete
  16. Tante,
    aku juga ga bisa masak, cuman satu resep aja disuruh bimo :)
    klo ke klender, bilang2 nanti tak masakin kepiting lada hitam :)

    eh, itu olimpiade bahasa turki? hebat bener..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...