12 January 2007

Indonesia yang lebih baik di masa depan

Hampir setahun persis saya masuk ke 'blogosphere'.
Sudah saatnya untuk mengevaluasi apa saja yang sudah saya dapatkan dari kegiatan yang satu ini. Posting ini mungkin bisa menyempurnakan posting saya mengenai "5 alasan ngeblog" yang jadi ‘PR’ dari mbak Amel dan bunda Lala beberapa waktu lalu.

Awal mulanya nge-blog

Bisa jadi saya memang terlambat punya blog. Maklum saya cuma seorang ordinary housewife yang kesibukannya sehari-hari hanya di sekitar rumah, anak dan keluarga. Mulai denger yang namanya blog saja baru sekitar taun 2005. Itu juga masih belum mengerti, apa sih sebenarnya ‘blog’ itu.

Penjelajahan dimulai sejak antene untuk koneksi internet di rumah yang menggunakan frekwensi radio 2,4 GHz ditinggikan. Dengan koneksi cepat dan biaya relatif terjangkau ternyata bisa sangat menunjang kegiatan blogging dari rumah.

Motivasi awal membuat blog sebetulnya karena ingin membuat dokumentasi untuk almarhum ayah saya, Prof.Ir.Hasan Poerbo, MCD. Beliau adalah sumber inspirasi bagi kami anak-anaknya Onno W Purbo (Elektro), Heru W Purbo (Arsitek), saya dan Benyamin W Purbo (Arsitek).

Dari beliau kami belajar tentang kesederhanaan dan bahwa hidup haruslah memberikan manfaat bagi lingkungan. Kalau perlu ciptakanlah lapangan pekerjaan sendiri.

Apa yang dilakukan semasa hidupnya di bidang lingkungan hidup alhamdulillah memang ternyata masih membekas kuat di benak orang-orang yang dekat dengan beliau.
Salah satunya adalah Pak Emil Salim yang tulisannya di harian Kompas di tahun 2005 menjadi tulisan pertama yang saya dokumentasikan di blog bapak.

Dengan berjalannya waktu, dan karena sifat blog yang interaktif, di antara mantan mahasiswa bapak dulu ada juga yang berkenan menyumbangkan kesan-kesan mereka untuk almarhum yang sangat berarti untuk keluarga kami. Dan semuanya bisa dibaca di sini.

Dengan jumlah pengunjung yang saat ini sudah melewati angka 1000, saya berharap blog bapak ini selain menjadi dokumentasi keluarga kami, juga tetap dapat memberikan manfaat untuk masyarakat Indonesia.

Bersamaan dengan pembuatan blog bapak, saya jadi tertarik juga untuk mencoba membuat blog sebagai dokumentasi keluarga saya pribadi.
Jadilah blog yang saya beri judul “Housewife’s Life” ini sebagai catatan perjalanan hidup saya sekarang yang lebih banyak menceritakan isi kepala saya tentang bagaimana membina dan membesarkan anak-anak saya, kegiatan anak-anak saya, kegiatan saya dan suami dalam pembinaan generasi muda di lingkungan saya, dan juga kegiatan saya sebagai guru piano.

Keprihatinan kami melihat keterpurukan Indonesia ternyata juga menjadi pertanyaan di benak anak-anak kami yang tercermin dalam pertanyaan2 yang sering mereka ajukan..
“Bu, apa Indonesia masih punya masa depan yang lebih baik ?”
“Bu, katanya Indonesia itu mayoritas penduduknya beragama Islam, tapi kenapa kok banyak yang korupsi ?”
“Kenapa kalau ada masalah selalu musti menyalahkan pemerintah ? mustinya kan ini tanggungjawab kita semua ?”

Jawaban yang saya berikan waktu itu adalah..
“Masa depan Indonesia yang lebih baik ada di tanganmu dan teman-temanmu”

Ya, pendidikan anak-anak dan pembinaan generasi muda memang sangat menjadi perhatian saya dan suami, karena kami merasa bahwa semua masalah yg terjadi hari ini sebenarnya bersumber dari pendidikan moral dan akhlak anak-anak di tingkat keluarga.

Bagaimana blog ini berkembang

Tentu saja dengan bantuan para sahabat dan tutorial online untuk pembelajaran design dan bahasa html. Banyak ilmu teknis yang terutama saya peroleh dari bunda Lilik untuk edit template, Rahma untuk cara nge-link dan info free template, Kang Agus Hery untuk info MyBlogLog, Yanti untuk newsgator dan Blog Tutorial untuk segala pernak-pernik blognya. Terima kasih banyak buat semuanya ya...;-)

Alhamdulillah, sesudah berjalan setahun, blog ini sudah dikunjungi oleh 9500-an lebih pengunjung. Pengunjung yang meninggalkan jejaknya biasanya sedapat mungkin langsung saya link, dengan harapan silaturahmi tetap bisa terjaga dengan blogwalking.
Pengunjung yang tidak meninggalkan jejak tapi mengirim email, saya terima juga dengan senang hati.

Tapi sayangnya, sekaligus mohon maaf, dengan keterbatasan waktu saya untuk menulis posting baru dan blogwalking, saya harus memanfaatkan aggregator dan berkunjung hanya ketika ada posting baru di blog para sahabat saya.

Dan tanpa saya sadari, selain menjadi dokumentasi keluarga, ternyata ada banyak manfaat yang saya peroleh dari kegiatan blogging ini, di antaranya adalah :

1. Membuat otak selalu berfikir : menulis dan mempelajari masalah teknis
2. Menambah teman, menjalin silaturahmi
3. Bertemu dengan teman lama dan saudara
4. Belajar banyak hal dari orang lain
5. Belajar lebih bijaksana dalam menyikapi segala sesuatu
6. Berbagi pengalaman juga dengan orang lain
7. Selalu ingin melakukan hal2 positif setiap hari

Dengan begitu banyaknya manfaat yang saya peroleh dari kegiatan blogging yang menyenangkan ini, saya menjadi tidak setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa blogging adalah pekerjaan yang tidak bermanfaat dan hanya untuk orang-orang yang tidak punya pekerjaan…;-)

Sekarang ini, blog ini dikunjungi oleh rata2 30-50 pengunjung/ hari.
Dengan 'keyword search' sebagian besar adalah sekitar sekolah dan pendidikan.

Alhamdulillah, semoga dengan concern yang sama, kita sebagai orangtua bisa selalu berbagi pengetahuan dan Insya Allah bersama-sama kita bisa mewujudkan “Indonesia yang lebih baik di masa depan”. Amin.

14 comments:

  1. iya tuh mba kadang kepikiran juga apa jadinya indonesia ke depannya ini?..gimana nasib anak cucu kita dengan bertempat tinggal di negara yang dulu aman tentram tapi sekarang carut marut kek gini

    dan memang bener sudah seharusnya lah kita sebagai bangsa indonesia ikut andil menyelamatkan masa depan bangsa :)

    ReplyDelete
  2. Saya setuju Mbak, dengan ngeblog kita bisa belajar nulis,dan yang penting otak kita membuat selalu terasah, sehingga tidak tumpul. Maaf mbak, ada sedikit modifikasi di blogku

    ReplyDelete
  3. Mudah-mudahan di masa depan Ind menjadi lebih baik ya mbak. Walaupun Rayna bkn generasi penerus Ind, emaknya tetep cintah Ind =)

    ReplyDelete
  4. amin mbak.. semoga Indonesia semakin baik dari tahun ke tahun.
    saya kagum sama keluarga mbak ini. pintar2 semuaaaa ;).

    ReplyDelete
  5. ikut mengaminkan doa mbak lita. Asli mbak, dikau salah satu refferensi saya dlm membesarkan dan membimbing anak-anak, thanks mbak.

    ReplyDelete
  6. Amin..amin Ya Allah amin...semoga ya mbak..aku kagum loh sama keluarga mbak..meni kompak pisan..whihihi..

    Keep on writing ya mbak..

    ReplyDelete
  7. Amiin...
    kalau semua generasi penerus bisa terdidik seperti putra2nya mbak Lita, insyaAllah Indonesia pasti punya masa depan lebih cerah.

    jangan bosan berbagi pengalaman ya mbak.

    ReplyDelete
  8. sampai ngucek2 mata nii.., pas aku klik ternyata link sendiri :D, rahma disitu aku yaa..., ih, mbak..aku mah bisanya cuma se-cuprit..he..he.., malah jadi naksir ama blognya mbak yg makin keren..btw, aku naksir yg hitstat itu.., ajarin yaa.. :)

    ttg Indonesia, tentu harapannya sama dgn mbak Lita juga, amin ya mbak..

    tetap terus cerita..tetap terus berbagi..ya, mbak.. :)

    ReplyDelete
  9. Amin... semoga Indonesia bisa lebih baik... duh..mba'e daku kl baca tulisanmu kok suka merinding ya... keibuan bgd.. :D

    ReplyDelete
  10. ga sangka ya udah setaun lagi. inget ga lagi kita sama2 belajar ngehias blog. cari ini itu...hihihi...tau2 dikau melangkah jauh dengan hiasan dan template baru2 yg cihuy :-)

    ReplyDelete
  11. Awalnya saya ga tau apa itu ngeblog, tapi pas liatin temen saya langsung suka, coz dgn ngeblog otak kita ga diem, minimal kita bisa memberikan informasi atau ide2 yg selama ini ga prnah orang tau. iya nih mayoritas muslim, tapi koq koruptor ga kunjung berkurang, sedih banget. gimana mau maju.

    --terima kasih--

    ReplyDelete
  12. damailah blog, damailah indonesia. terus tulis dan update ya jeng :)

    ReplyDelete
  13. setuju ama yanti, dari kenal mb lita, salutttt plus kagum ama kel mb lita yg pinter2 semua ..

    terimakasih byk atas sharingnya selama ini mba ... wah daku mah ngga nginfoin apa2 loh, template mb lita aja jauh lebih variatif dari templateku ;-)

    semoga anak2 kita kelak membawa kemajuan buat negeri tercinta ya mba ... amin

    ReplyDelete
  14. sssttt...., suamiku salah satu penggemarnya bpk. onno.... :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...