02 May 2006

Internet dan Onno

waaaah.....beberapa hari ini aku takjub banget sama internet di rumah...
sesudah mas Udi ninggiin antenanya, internet nya jadi kuenceeengggg banget nget ! Mau baca, belajar dan cari apa aja dari internet jadi gampang banget, dan ngga perlu kuatir bakal bikin kantong bolong juga...hehe...Ini karena aku bisa pake wireless broadband frekwensi 2,4 GHz yang unlimited.
Big thanks buat para pejuang frekwensi.. MySpace Layouts

kenalan sama internet

aku jadi inget gimana awalnya aku kenalan sama internet.
aku tu kan gaptek banget, engga ngerti gimana teknologinya. Aku dikenalin internet sama abang aku paling gede, Onno.

Jadul itu sekitar awal taun 1990-an, waktu Onno lagi kuliah di Canada dia udah mulai ngimel2an...dan aku ngga ngerti kayak gimana sih email itu..

Baru sesudah dia pulang ke indonesia, dan mulai ngembangin internet di indonesia, sekitar taun 2000-an dia ngenalin aku ke internet. Dia yang masangin modem ke komputer aku di rumah, sekaligus ndaftarin aku ke ispnya. Dulu aku didaftarin ke indo.net, sama kayak ispnya dia sampe sekarang..


Dari situ mulai deh aku rada 'melek' sama dunia luar, secara aku itu ibu rumah tangga yang stay at home, kalo ngga ada akses i-net kebayang aja wawasan dan pergaulan aku makin sempit aja, otak jadi 'bujel', kerjanya mungkin ngrumpi mulu sama tetangga...hiks...

Onno yang aku tau itu emang orangnya baiiikkkkk banget...abang paling gede banget lah, 'ngakain' banget buat adek2nya. Dia yang suka ngingetin aku kalo bandel naek motor bertiga waktu SMA dulu...hihi...tapi dia juga yang nyaranin aku kuliah di jurusan matematika waktu aku bingung mau nerusin kuliah ke mana...

Tapi selain baek banget, dia itu juga jail banget, dan sasaran kejailan dia sapa lagi kalo bukan aku adik perempuan satu2nya yang dia punya...Myspace layouts
Cuma sampe sekarang aku masih heran, kok dia selalu tauuu aja apa yang aku lakuin waktu SMA dulu..aku nonton basket di kampus ITB aja dia tau...hhhh...kayaknya emang dia punya banyak intel deh...

Dari dulu dia juga punya kegiatan seabrek...pramuka, hiking, ngoprek radio ikutan ORARI, pengurus OSIS, dia juga jago maen gitar klasik, dan bisa bikin pesawat terbang dari kayu balsa. Dan dia juga selalu always jadi leader...tapi juga ngga pernah punya pacar...hahah...semoga dia ngga sempet baca tulisan aku...blog layouts

Well, mungkin sedikit banyak pola pikir bapak mempengaruhi kita anak2nya..
Bapak (alm ) Hasan Poerbo dulu itu dosen Arsitektur ITB, yang juga pejuang lingkungan hidup di Indonesia. Dari bapak, kita belajar punya prinsip bahwa hidup itu harus memberikan manfaat buat lingkungan dan masyarakat. Kalo perlu ciptakan lapangan kerja sendiri..!!

Jadi buat kita, kesuksesan ngga diukur dari materi, tapi dari apa yang sudah kita lakukan...
"Nilai seseorang hanya ditentukan oleh manfaatnya pada umat,bukan pangkat, jabatan, kedudukan,kekuasaan,kepandaian, predikat, gelar, harta, kekayaan, atau strata sosial."
Dan rasanya dari bapak juga Onno dapet strategi bottom up dan community based development..

Onno yang kemaren baru jadi keynote speaker di Yale University - yang ceritanya berjudul "Applause meriah di Yale University untuk para pejuang frekwensi di Indonesia" diposting para blogger di banyak blog itu - buat aku menunjukkan kalo dia itu emang concern banget sama gimana caranya membuat bangsa indonesia menjadi pintar...
" Knowledge is Power , Share It and it Will Multiply "
artinya manusia siapapun bukanlah pemilik pengetahuan, melainkan milik Allah. Karenanya harus disebarkan kembali ke masyarakat, dan merupakan proses amal dan ibadah.

Inspiring aku untuk berusaha berbuat sesuatu untuk lingkungan dan anak2...

Links :
Applause meriah di Yale University untuk pejuang frekwensi Indonesia
Jalan lain menuju masyarakat pintar
Awal sejarah internet di Indonesia

13 comments:

  1. plok plok saluttt buat abang onno ya mba ..
    jg inget, pertama kerja th 96 dulu jg gaptek ... trus ada temen yg nenteng2 bukunya bang onno terus (duh ttg apa ya ? klo gak salah TCP-IP) deh ...

    ngga dinyana, skr kenal & deket (sksd hehehe) ama adeknya ....

    adeknya bang onno jg heubatttt loh ....

    ReplyDelete
  2. kalau soal Pak Onno aku udah tau blio Kakaknya mbak Lita.. karena dia salah satu dosen di EL-ITB waktu suamiku kuliah di sana.. tapi sekarang baru tau kalau pak Hasan Poerbo itu bapaknya mbak Lita.. ya ampuuun... jadi inget jaman aku kuliah.. nama blio masih menggema nih.. :D

    ReplyDelete
  3. what a small world ya mba, gk nyangka kalo mba teh ade nya si bapak. pa Onno dulu ngebimbing aku waktu masih di PAU ITB. Waktu itu ide2 blio masih gk kebayang ama mahasiswa kencur kaya aku..tp bangga lho pernah ikutan group pioneer nya internetan nya pa onno ;)

    b'rgds
    ita kinipulu

    ReplyDelete
  4. wah, aku nggak tau deh mau ngomong apa.., makin tambah salut aja ama kel.mbak Lita... :)

    *asli takjub banget baca link2nya..,*

    ReplyDelete
  5. Thanks to teknologi ya mba... lewat internet wawasan jadi bertambah, mau cari apapun hampir semua ada. pandai2 kita aja memilah dan menyaringnya.
    dan buat aku dengan internet membuat diriku yang nun jauh disono gak kesepian :-)
    salam buat Pak Ono ya mba...
    semoga terus,...terus..dan terus berkarya....

    ReplyDelete
  6. Your are Nice. And so is your site! Maybe you need some more pictures. Will return in the near future.
    »

    ReplyDelete
  7. This site is one of the best I have ever seen, wish I had one like this.
    »

    ReplyDelete
  8. Very pretty design! Keep up the good work. Thanks.
    »

    ReplyDelete
  9. Greets to the webmaster of this wonderful site. Keep working. Thank you.
    »

    ReplyDelete
  10. Interesting website with a lot of resources and detailed explanations.
    »

    ReplyDelete
  11. Very pretty design! Keep up the good work. Thanks.
    »

    ReplyDelete
  12. Your site is on top of my favourites - Great work I like it.
    »

    ReplyDelete
  13. Mau tanya blognya pak Ono W. Purbo? Email nya?

    Mau tahu kabarnya nih...


    Thanks...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...