22 January 2007

Remaja dan peringatan Tahun Baru Islam

Tahun Baru Hijriyah 1 Muharam 1428 H jatuh pada hari Sabtu, 20 Januari 2007
Dalam rangka memperingati tahun baru Islam ini, masjid di lingkungan rumah kami berencana mengadakan acara tausyiah dan penampilan anak-anak TPA.

Rabu, 17 Januari 2007
Jam set 9 malem mas Udi baru sampai di rumah..
Basah kuyup karena hujan badai…

Sampai dirumah, tiba-tiba dia bilang begini..
“Bu, kumpulin anak-anak remaja dong…aku baru ada ide nih untuk anak-anak remaja ngisi acara hari sabtu besok..”

owalah paaak…udah tinggal 2 hari lagi baru ngerencanain mau bikin acara buat hari sabtu besok, kapan latiannya ???? ( that’s me..udah pesimis duluan..hehe..)

Tapi ya, memang begitulah suami ku itu...
Idenya selalu always muncul mendadak menjelang hari H-nya, spt waktu 17 agustusan yang lalu. Dan kalo udah punya ide....hukumnya wajib dicoba !

Suamiku memang baru mendapat amanah untuk menjadi pembina remaja di kompleks rumahku, khususnya remaja masjid. Selama ini, anak-anak remaja memang belum ‘tersentuh’. Jarang banget ada remaja yg tempat ‘nongkrong’ nya di masjid. Biasanya yang ke masjid itu anak-anak yang belajar ngaji di TPA, ibu-ibu yang pengajian, atau bapak2 yang kebanyakan sudah ‘sepuh’ yang shalat subuh dan shalat maghrib..

Ok, back to the story…
Mas ku kali ini punya ide untuk bikin Nasyid remaja, nyanyi 1 lagu aja “Demi Masa” nya Raihan.
Lagu 'Demi Masa' yang dipilih, karena Al Ashr adalah surat favorit mas Udi yang selalu mengingatkan kita untuk "Hidup sebelum Mati".

Malem itu juga, remaja2 ‘junior’ yang aku tau belajar musik dikontak utk latihan hari kamis malem besok. Dikasih tau lagu dan chordnya aja via telpon..

Latihan cuma 2 hari, kamis dan jumat malam..
Tapi seneng banget ngeliat semua semangat latihan, meskipun udah pada ngantuk dan hari Jumatnya musti masuk sekolah...hehe..
Hari Jumat nya mas Udi minta bantuan remaja ‘senior’ untuk memperkuat pasukan musik...jadi ada 4 gitar, 1 keyboard dan 1 'kendang'.. seru juga jadinya...

Alhamdulillah, semuanya ngalir begitu aja, lancar seperti sudah ada yang mengatur…
Tiba2 ide muncul, tiba2 latihan, tiba2 sesudah latihan selesai jam set 10 malem hari jumat itu, dan semua sudah pulang, surprisingly salah satu remaja senior datang lagi ke rumah dan minta ijin untuk nambah satu lagu lagi…waaah, tentu aja kita seneng banget…

Hari Sabtunya, jam 7 pagi anak-anak remaja udah pada ngumpul lagi untuk latian terakhir. Yang senior akhirnya menyumbangkan lagu “SurgaMu” nya Ungu..
Latihan 'surgaMu' aja baru selesai pas jam 9 pagi dan langsung ke masjid untuk nampil..

Singkat cerita, alhamdulillah...semuanya lancar..
penampilan nasyid remaja ini menjadi surprise buat para orangtua yg hadir. Memberi sentuhan yang menyejukkan hati, bahwa masih ada 'ketauhidan' di hati mereka meskipun 'rambut dicat merah'....

Semua berharap kegiatan remaja ngga berenti di sini, dan melibatkan lebih banyak lagi remaja, dan lebih banyak lagi kegiatan. Ya, mudah2an rencana2 kita untuk kegiatan remaja bisa berjalan…doain yaaaa…



Memang merinding rasanya denger mereka nyanyi. Seorang bapak malah sangat terharu sampai matanya berkaca-kaca…



SurgaMu

Segala yang ada dalam hidupku
Kusadari semua milikMu

Ku hanya hambaMu yang berlumur dosa

Tunjukkan aku jalan lurusMu
Untuk menggapai SurgaMu
Terangiku dalam setiap langkah hidupku

Karena…
Kutahu…
Hanya Engkau…
Tuhanku…

Reff :
Allahu Akbar
Allah Maha Besar
Ku memujaMu di setiap waktu

Hanyalah padaMu
Tempatku berteduh
Memohon ridho dan ampunanMu

Tunjukkan aku jalan lurusMu
Untuk menggapai SurgaMu
Terangiku dalam setiap langkah hidupku


Selamat Tahun Baru 1 Muharam 1428 H
Insya Allah dapat berhijrah menuju yang lebih Ikhlas dalam amal,
Sabar dalam musibah, Tawakal dalam ikhtiar, Istiqomah dalam ibadah.

Amin.

19 comments:

  1. Mbak Lita, Selamat Tahun Baru Hijriyah. Wah saya salut banget dg kegiatan para remaja tsb. Suatu awal yang sangat baik, mengingat dijaman seperti sekarang adalah suatu hal membanggakan apabila para remaja masih dengan antusias dan bersemangat mengadakan kegiatan keagamaan seperti ini.

    ReplyDelete
  2. mba Lita..selamat tahun baru hijriyah :)

    salut banget buat kegiatan remaja islam menyambut tahun baru islam, biar mendadak tapi hasilnya boljug diacungin jempol *two thumbs!!* :)

    ReplyDelete
  3. Waah, yg gini nih kudu dibudidayakan di masjid2 Indonesia. Abis masjid kita mah fungsinya cuma shalat & org transit tidur2an ya Mbak. Pdhl masjid kan pusat ilmu & ibadah. Terus berkarya yah Mbak, supaya masjid kita penuh dengan kegiatan bermanfaat, selain dakwah.. Really proud of you :D

    ReplyDelete
  4. Met taun baru juga yah mbak Lita...
    Mudah2an remaja2 lain bisa ngikutin, buat2 acara yg bermanfaat kayak gitu, dan juga menghidupkan masjid *bener kata vina, buat transit bobo* yg selama ini kayaknya sepi2 aja kalo bukan waktunya sholat..

    ReplyDelete
  5. Mbak Lita, met thn baru hijriyah ya =) Hebat, walaupun persiapannya dadakan tapi acaranya sukses...

    ReplyDelete
  6. wuahhh...plok...plok...hebaddd...

    memakmurkan acara seperti ini, langka loh teh,...abisnya kebanyakan pada hapalnya sama thn br masehi kan?

    keep up the good work, deh!!!

    ReplyDelete
  7. Met tahun baru juga mbak,.ikut mengaminkan doa mbak Lita. Btw, SurgaMu, Ungu aka Pasha gitu lhooo

    ReplyDelete
  8. Selamat tahun baru ya Mbak... Dan selamat juga atas suksesnya pertunjukan remaja Masjid nya :) Jadi inget 'project sangkuriang' nya Amalia ya... :D
    Tapi aku sih ga kaget kalo acaranya sukses..., siapa dulu dong Gurunya... ;-p
    Ngomon2 soal taun baru, bikin2 kue juga ga? .... :-p

    ReplyDelete
  9. hello mba, miss u ;-)

    selamat tahun baru jg ya mba, duh bener deh denger lagu ini bener2 mengharu biru, selalu mengingatkan utk mengingat Sang Pencipta ya mba ...

    saluttt buat acaranya ya mb ...

    ReplyDelete
  10. selamat tahun baru hijriah juga ya mba... ikutan amien aja deh, secara semua doanya mba lita kok ya selaras dengan doa dan harapanku :)

    ReplyDelete
  11. salam kenal juga mbak lita,

    Kudos untuk Mbak Lita dan Suami, masih sempet 'ngurusin' risma :)

    thanks sudah main ke blog sy mbak :)

    ReplyDelete
  12. Met taun baru juga ya Mba..
    Gud..gud... ih, salut bgd ama Mba & Mas Udi..
    Waw! Lagu Ungu tuh lagunya Ais dia apal Reff nya hehe..

    ReplyDelete
  13. met kenal mbak...selamet tahun baru islam...Aku baru semalem buka blognya mbak..liat2 sampe baru tidur jam 3.30 pagi waktuku..pagi2nya aku cepet2 deh lanjutin liat dan baca sekalian mo kasih komentar...aku sampe nangis loh baca yang ini...Bravo buat masyarakat di lingkungan sana

    ReplyDelete
  14. met taun baru jg tante..hebat euy masih aktif ngurusin remaja mesjid, wah klo bunda mah udah mantan ntar Shazma aja yg nerusin hehe

    ReplyDelete
  15. amiin..amiin
    *doanya bagus bangeett, semoga diijabah*

    kalau di komplekku jarang ada remajanya, karena rata2 keluarga muda yg anaknya msh balita.
    jadi anggota nasyidnya juga bapak2 muda *aku pemuja salah satu tenornya :)*

    sekali lagi
    selamat tahun baru ya mbak....

    ReplyDelete
  16. Mbak Lita, Selamat Tahun Baru Hijriyah. Wuahh hebat mba' Lita walaupun persiapannya cuma sebentar tapi acaranya sukses..

    ReplyDelete
  17. Mba Lita. met Tahun Baru Hijriyah yaa... Kalau tujuannya baik, pasti jalannya juga dilapangkan oleh-NYA.

    Turut mengaminkan doa-doa Mba Lita. Amien.

    Biar bagaimananpun para yunior pasti membutuhkan dorongan, dan tuntunan dari para senior yak...

    :-)

    ReplyDelete
  18. selamat tahun baru juga mbak Lita..

    salut deh, masih punya waktu untuk menggiatkan remaja masjid :)

    ::YANTI::

    ReplyDelete
  19. sorry telat komennya :)
    memang aku pun sering gitu, kalo ngedengerin lagu nasyid dan dihayati...
    bisa merinding dan menangis (terharu), karena tersentuh...
    ya nasyid memang penyejuk qalbu..
    i like it.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...