08 November 2006

Minal Aidin wal Faizin

Hampir sebulan !!
Ya, ngga terasa, hampir sebulan ini daku tenggelam di kesibukan dunia nyata.
waktu bener-bener terasa cepet banget berlalu...apa sehari itu masih 24 jam sih ??
hiks..kok rasanya masih banyaaaak banget yang belum sempet dikerjain..
baru sempet rada lama nengok rumah mayaku ini, sampe terharu mbacain pesen2 yang ditinggalin temen2 yang mampir disini....duuuh, i miss u tuuuPhotobucket - Video and Image Hosting
makasih banyak atas kunjungan silaturahminya ya...

Jadi aja baru sekarang deh cerita lebarannya...
Alhamdulillah, anak-anak berhasil menyelesaikan Ramadhan taun ini tanpa 'bolong'Photobucket - Video and Image Hosting
Cuma shalat tarawih nya sempet bolong 2 hari....

Dan lebaran itu...
kalo buat anak-anak lebaran itu adalah waktu yang paling menyenangkan dan ditunggu-tunggu banget karena bakalan ketemu kumpul sama saudara2 sepupu...

Photobucket - Video and Image Hosting
ini cucu eyang kakung Bagyo komplit...
cuma ada 1 yang cantik, yang lain ganteng-ganteng ya..hehe..

kemaren alhamdulillah bisa kumpul semua dari Bandung, Jakarta, Depok dan Duri-riau.
cuma lebaran tahun ini, eyang kakung sudah ngga bisa ikut shalat ied karena sakit dan tergantung sama oksigen. Tapi sehari sebelum lebaran kita juga sempet nemenin eyang kakung istirahat sambil bikin kulit ketupat.. Eyang bolak-balik nanya,"Lita, udah bisa bluum? udah jadi berapa ??"..hihi..mas Budi & mas Bimo kemaren berhasil bikin 3...

Photobucket - Video and Image Hosting
ibu & anak2 diajarin bapak yang jagoan bikin kulit ketupat..Photobucket - Video and Image Hosting
melestarikan tradisi alm eyang putri

Acara lebaran di bandung juga selalu diisi dengan kegiatan silaturahmi ke rumah eyang-eyang.
Kebetulan kakaknya eyang Hasan juga tinggalnya di Bandung.
Jadilah kita kumpul disana siang itu.

Photobucket - Video and Image Hosting
keluarga Poerbo
Eyang Hasan Poerbo & eyang Mulyono Poerbo
Selesai acara silaturahmi ke rumah eyang-eyang. Aku sama salah satu mbak aku masih sempet juga jalan kaki ke FO yg banyak bertebaran di sekitar rumah eyang di Imam Bonjol...hehe..
Anak-anak yang bosen juga makan ketupat opor, akhirnya rame2 jalan kaki ke depan rumah makan steak, batagor, siomay, dan mie di Lavie...waaaah...sekarang di Lavie Imam Bonjol jadi tempat wisata kuliner juga ternyata...crowded banget...!!

Catatanku yang lain adalah mengenai...
Makna Minal Aidin wal Faizin

Selama lebaran dan sesudahnya, di indonesia orang biasa mengucapkan..
"Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin"

Karena ucapan 'minal aidin wal faizin' biasanya diikuti dengan 'mohon maaf lahir dan batin' orang jadi sering salah kaprah dan mengira minal 'aidin wal faizin itu artinya 'mohon maaf lahir dan batin'. Padahal arti sesungguhnya bukan itu.

Minal aidin wal faizin ternyata cuma bisa dimengerti oleh orang Indonesia, tapi tidak ada di kamus bahasa arab, kecuali dalam pecahan kata per kata. Justru kita akan kesulitan saat mencoba memahami artinya dalam bahasa arab.

Minal aidin wal faizin terjemahannya adalah "dari orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang". Ini bukan kalimat yang sempurna, ngga tau dipenggal dari kalimat yang lengkapnya seperti apa. Kalau mau nebak2, mungkin yang dimaksud adalah "Semoga anda termasuk orang-orang yang kembali (kejalan Tuhan) dan termasuk orang yang menang (melawan hawa nafsu)."

Sedang Rasulullah biasa mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum kepada para sahabat, yang artinya semoga Allah menerima aku dan kalian. Maksudnya menerima di sini adalah menerima segala amal dan ibadah kita di bulan Ramadhan.

Beberapa sahabat menambahkan ucapan shiyamana wa shiyamakum, yang artinya
puasaku dan puasa kalian. Jadi ucapan ini bukan dari Rasulullah, melainkan dari para sahabat.
(dikutip dari berbagai sumber)

Jadi daku baru 'ngeh' kalo selama ini sudah salah kaprah..
Soalnya dari kecil taunya minal aidin wal faizin itu artinya maaf lahir batin...kesian ya daku..Photobucket - Video and Image Hosting

Sekarang mah better say....
"Taqobalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin.."

9 comments:

  1. Klo bikin kulit ketupat sendiri... biasanya kan trus, ketupatnya ditandai... jadi nanti klo udah siap dimakan, ya makan hasil keringatnya sendiri...hihihi...
    Nah.. klo mas Budi & mas Bimo dapat 3, mba Lita & Rizki dapat berapa hayoooo :-)

    ReplyDelete
  2. waaahhh...yg cantik sendiri kayak aku tuh sebelom tante ku melahirkan...:P Enak loh cewe sendirian, seru!!
    Emang mba org Indo doank nih yg salah kaprah.. sian yak? but..never say late for learning, ok?

    ReplyDelete
  3. wahhh ramenya. ngga sabar ingin lebaran lagi ya...hehehe
    masih 11 bulan. sabar sabar...:)

    ReplyDelete
  4. welcome back mba litaaaa!!!..*hugs*

    kebiasaaan aku kalo lebaran ngucapinnya *minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir bathin* ternyata artinya begitu tho..beneran lo mba' aku baru tau artinya *makasih informasinya*.

    kupatnya ko ga nyampe semarang yah?..hehehehe

    ReplyDelete
  5. welcome back mba litaaaa!!!..*hugs*

    kebiasaaan aku kalo lebaran ngucapinnya *minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir bathin* ternyata artinya begitu tho..beneran lo mba' aku baru tau artinya *makasih informasinya*.

    kupatnya ko ga nyampe semarang yah?..hehehehe

    ReplyDelete
  6. welcome back mba litaaaa!!!..*hugs*

    kebiasaaan aku kalo lebaran ngucapinnya *minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir bathin* ternyata artinya begitu tho..beneran lo mba' aku baru tau artinya *makasih informasinya*.

    kupatnya ko ga nyampe semarang yah?..hehehehe

    ReplyDelete
  7. Wah, kalo ke Depok bisa minta ajarin ke mbak Lita cara bikin ketupat nih.

    Sama mbak krn udah bosen ama ketupat cs, hari kedua Nia sekeluarga makan diluar :)

    ReplyDelete
  8. wah rame lebarannya.. jadi inget pas kakekku masih ada :)

    kalo aku sering "menterjemahkan" taqabbalallaahu minna wa minkum dalam ucapan2 selamat Idul Fitri-ku dengan "semoga Allah menerima ibadah kita semua :)

    ReplyDelete
  9. Salam kenal Mbak Lita, salam lebaran (gak telat kan ya?)... lagi blog walking.. nemu rumah apik.. ingin kenalan jadinya.. btw, Lavie dulu emang lain dgn lavie sekarang ya... gil dulu beli baju buat keponakan waktu dia bayi suka ke situ, sekitar 6 tahun lalu... depan lavie dulu hanya penjual sate koyor si mbok aja.. :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...