22 February 2006

Turnamen Baseball

Yang paling gede..
sekarang kelas 3 SMP..di SMP Pribadi Depok..
si 'pengumpul' piala...;-)

Turnamen berkesan

Dari semua piala yang diperoleh itu, salah satu yang paling seru waktu ikutan Turnamen Baseball antar pelajar SD se-DKI, tahun 2001 ( waktu budi kelas 4 SD ) , dan timnya 'Penguins' bawa pulang medali emas !

ada cerita seru dibalik kemenangannya waktu itu, dari tim 'underdog' dengan anggotanya hampir 90% belum pernah main baseball, dan sama sekali ngga diperhitungkan bisa dapet medali tapi kok bisa menang ?

the story

ini memang pertamakalinya budi ikut baseball. Awalnya dari kesenengannya main game baseball di computer.

Waktu denger di radio Female kl mau ada turnamen baseball, Budi antusias banget minta didaftarin.
Tim dibentuk mendadak abis pendaftaran pemain...

bayangin aja gimana mau bertanding dengan kondisi temen2nya 1 tim anak baru semua, dan belum pernah main baseball samasekali. Cuma ada 1 -2 anak yang udah jago di tim itu.

Jujur aja, waktu itu coach nya kurang kasih pengarahan sama anak2...sampai akhirnya Bapak yang ngga ngerti baseball sama sekali turun tangan meng-'coach' mereka....

Ada beberapa hal yg dikondisikan sama Bapak..
anak2 harus dimotivasi, dikasih kepercayaan bahwa mereka bisa main ! Dan harus bisa bekerjasama dalam tim ! harus percaya sama temen 1 tim, ngga bisa main sendiri di pertandingan tim spt ini.
Catch the ball ! Hit the ball ! Freeze them !

Hasilnya memang luarbiasa...
Mereka melaju ke babak grand final dengan kondisi lawan yg favorit juara udah down mentalnya duluan sebelum bertanding, padahal dari awal udah diprediksi kalau tim mereka yg bakal menang di kelas Machine Pitch.
Pertandingan final paling seru dan menegangkan waktu itu, anak2 sangat bersemangat, semua main cantik, hasilnya 11 -1 untuk Penguins !!

Kuncinya memang ada pada 'coach'. Gimana 'coach' bisa membuat anak2 percaya dengan kemampuan mereka sendiri, dan belajar seperti magnet, bahwa kalau semua bersatu akan berhasil menjadi kekuatan yang luar biasa...

Waktu itu Bapak jadi orang yang paling ditunggu sama anak2 Penguins...;-)
Dan ini adalah salah satu momen paling berkesan sepanjang hidup..

4 comments:

  1. tantenya budi, bimo, rizkiThursday, February 23, 2006

    Memang betul mbak untuk anak-anak "percaya diri" jadi modal utama untuk menjadi mental juara. Aku sudah membuktikan, and its work. Aku juga belajar dari bu Lita & pa Udi ini ... mudah-mudahan anak kita ketularan deh ... amin ... Sukses ya untuk anak-anak ...

    ReplyDelete
  2. thanks buat komennya ya, tante..sukses juga buat Icha & Rio..

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Untung teamnya masuk play off.
    nyaris aja masuk kotak setelah kalah melulu di 3 pertandingan terakhir babak penyisihan.

    masuk play off nggak punya modal sama sekali, team manager mulai ngelirik pelatih lain buat siap-siap musim berikutnya, pelatihnya ngebiarin anak-anaknya berlatih sendiri, bahkan ogah ndampingin team masuk lapangan, dan anak-anaknya pada minder....yang seragamnya jeleklah... team lain lebih jagolah...lebih kompaklah... dan sebakul keluhan lainnya.
    saat itu saya rasanya panas ati betul. team lawan sebenarnya sama saja,... mereka unggul karena digarap dengan baik. untung anak-anaknya berhasil dimotivasi. senang sekali mengingatnya bagaimana anak-anak itu begitu antusias ketika dijelaskan "how to win the game". yang dilakukan sebenarnya sederhana tingkatkan self confidence dan bangun kerjasama team. aku sampai hafal nama semua anak-anaknya dan satu persatu aku perhatikan betul kelebihan dan kekurangannya. pokoknya aku tempel terus biar pikirannya fokus untuk bertanding dengan serius. ada satu anak yang jago banget tapi sok,..konon baru pulang dari amrik, ...tapi aku bilangin sama dia "you are nothing if you can not bring your team winning the game" . jadi deh 3 pertandingan menuju juara yang spektakuler.

    Thanks ya Istriku yang selalu mendampingi anak-anakku dengan baik

    salam

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...